Layanan Bimbingan Belajar Bagi Siswa dengan Kesulitan Belajar Membaca Kelas II di SDN Fajar Karya Tahun Pelajaran 2021/2022
Authors
Anggun Oktaviani , Lalu Hamdian Affandi , Khairun NisaDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.805Published:
2022-09-10Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar Membaca, SDN Fajar Karya.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam suatu proses bealjar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai suatu hasil belajar seperti kurangnya kemampuan dalan deskriminasi penglihatan dan pendengaran, sulit dalam mengurutkan kata menjadi huruf, dan membaca kata demi kata. Adanya kesulitan yang dialami oleh beberapa siswa dalam belajarnya tentunya harus dibarengi dengan bimbingan belajar. Bimbingan belajar adalah proses bantuan untuk memfasilitasi siswa dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan dalam belajar dan membantu siswa memecahkan masalah yang dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan siswa dengan kesulitan belajar membaca dan mendeskripsikan bagaimana langkah-langkah dalam pelaksanaan bimbingan belajar terhadap siswa kesulitan belajar membaca di SDN Fajar Karya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan subjek 1 orang guru kelas sebagai pembimbing, 2 orang siswa dengan kesulitan belajar membaca dan 2 orang tua atau wali dari siswa kesulitan belajar membaca. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tematik analisis. Untuk menguji keabsahan data digunakan kredibilitas data dengan triangulasi Teknik, triangulasi sumber dan uji konfirmabilitas. Dari hasil penelitian yang didapatkan siswa dengan kesulitan belajar membaca di kelas 2 berjumlah 2 orang siswa laki-laki dengan beberapa permasalahan yang dialami dan dapat diklasifikasikan menjadi 3 masalah yaitu: (1) kesulitan membaca diantaranya kemampuan mengeja lemah dan kemampuan mengenal huruf rendah, (2) kesulitan dalam hal menulis yang diantaranya keliru dalam menulis huruf yang hampir sama, Â lambat dalam menulis, tulisan siswa sulit dibaca, dan (3) kesulitan dalam hal memahami perkataan. Berdasarkan waktu pelaksanaannya langkah bimbingan belajar dapat diklasifikasikan menjadi 3 yaitu: (1) sebelum bimbingan belajar yang meliputi identifikasi kasus, identifikasi masalah, dan tahap diagnosis, (2) saat bimbingan belajar yang meliputi tahap prognosis atau menetapkan alternatif dalam mengatasi masalah, tahap remidial atau membuat rujukan, dan (3) setelah diberikan bimbingan yang meliputi tahap evaluasi dan follow up. Adapun hambatan yang dialami selama proses bimbingan belajar yaitu kurangnya dukungan dari orang tua dalam hal belajar, dan siswa masih perlu pengulangan pada setiap penjelasan yang diberikan.
References
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uplouds/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf .
Hamalik, O. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Hariyanto, A. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogjakarta: Diva Press
Hermawan (2012). Bimbingan Belajar dan Remidial Akademik. Surakarta: UNS Press.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kartadinata, S. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Depdikbud.
Koswara, D. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Bandung: Luxima Metro Media.
Mulyadi (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar & Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Nelyahardi & Prizunil, M. (2016). Layanan Bimbingan Belajar dalam Mengurangi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 1(1), 117-135, from doi: https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/7094
Rinawati, A. et al. (2020). Analisis Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Journal Education Research and Development. 4 (2), 85-95, from doi: http://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/343
Somantri, S. (2006). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Sukardi, Dewa K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.
Syamsuddin, A. (2013). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.