Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang
Authors
Ayu Rosanti , Muhammad Tahir , Mohammad Archi MaulydaDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.812Published:
2022-09-03Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Kesulitan Belajar, Matematika, Penjumlahan dan PenguranganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pembelajaran matematika yang masih rendah disebabkan karena berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu anggapan dari sebagian besar siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika bahkan menjadikan matematika sebagai salah satu pelajaran yang harus dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan belajar matematika di kelas II materi penjumlahan dan pengurangan di SDN 3 pringgajurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,wawancara dan dokumntasi. Analisis data menggunakan analisis data berdasarkan Mettew dan Michael yang dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan guru kelas 2 di SDN 3 pringgajurang. Setelah dilakukan tes kepada 13 siswa ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam materi penjumlahan dan pengurangan Siswa yang mengalami kesulitan berjumlah 4 siswa dari 13 siswa yang melakukan tes. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa kelas 2 yang mengalami kesulitan pada materi penjumlahan dan pengurangan. Kesulitan yang di alami siswa yaitu : (1) Siswa kesulitan memahami konsep penjumlahan dan pengurangan ; (2) Siswa sering melakukan kesalahan dalam menulis angka ; (3) Siswa tidak lancar dalam membaca ; (4) Siswa sering melakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan karena kurang teliti ; ( 5) Siswa kesulitan dalam mengenal nilai tempat pada soal penjumlahan dan pengurangan bersusun. Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat 5 kesulitan yang dialami siswa setelah melakukan tes materi penjumlahan dan pengurangan pada kelas II di SDN 3 Pringgajurang.
References
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 12-25.
Suherdi, A., Aliyudi, & Aryanto, Y. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan. Journal on Education, 314-321.
Ningsih, s., Amaliyah, A., & Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 44-48.
Fitrah, M., & Luthfiyah, D. (2017). Metode Penelitian . jawa barat : Cv Jejak.
Sukmadinata, N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.
Miles, M.B, & Huberman. (1984). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D . Bandung: PT Alfabet.
Utari, D., Wardani , M., & Damayani, A. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 534-540.
Suherdi, A., Aliyudi, & Aryanto, Y. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan. Journal on Education, 314-321.
Runtukahu, T., & Kandou, S. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Jamal, Fakhrul (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI Ipa SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Pendidikan Matematika, 18-36.
Waskitoningtyas, Srirahayu (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 20152016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 24-32.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Of Elementary Education , 123-133.
Nurjannah, Danial, & Fitriani (2019). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dasar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif . Jurnal Kependidikan , 68-79.
Ridho, R., & Danuri (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Bugel Panjatan Kulon Progo. Jurnal Penelitian, 67-76.
Rosita, F. (2020). Ensiklppedia Matematika Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah. Malang: Yatagan .
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.