Meta-Analisis Validitas Penggunaan LKPD Sebagai Media Pembelajaran
Authors
Desi Wahyuni , Zulyusri ZulyusriDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1496Published:
2023-08-07Issue:
Vol. 8 No. 3 (2023): AgustusKeywords:
LKPD, Meta-analisis, ValiditasArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan aspek kognitif saja, melainkan juga berkaitan dengan metode, model dan media yang digunakan selama pembelajaran. Penggunaan media yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. Penggunaan LKPD dalam pembelajaran dapat membantu dan mempermudah kegiatan pembelajaran sehingga terbentuknya interaksi yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian meta-analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan mencari beberapa artikel atau jurnal terkait dari sumber yang terpercaya. Sampel yang digunakan terdiri dari 10 artikel di jurnal terkait pengembangan media pembelajaran yang masuk kedalam kategori. Hasil penelitian meta-analisis menemukan bahwa ada 3 komponen yang akan menjadi titik acuan penelitian yaitu berupa komponen isi, penyajian dan bahasa. rata-rata validitas isi yang diperoleh dari hasil meta-analisis 10 artikel nasional rata-rata validitas komponen isi sebesar 88,32%, rata-rata validitas komponen kelayakan penyajian diperoleh sebesar 88,55 dan rata-rata validitas komponen bahasa memperoleh nilai sebesar 90,8%. Validitas isi, penyajian dan bahasa memperoleh nilai dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis validitas LKPD dapat dikategorikan sangat valid untuk digunakan sebagai dalam pembelajaran.
References
Arifin, S., Yunin, H., Ana, Y.R.W., & Mochammad, A. (2019). Uji Kelayakan Buku Ajar Berbasis Ayat Al-Qur`an pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Reseach, 2 (2), 133-139, from doi https://doi.org/10.21107/nser.v2i2.6240.
Azizah, H., Mulyati., & Diana, S (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Media pembelajaran Biologi Berbasis Android pada Materi Sel di SMA. Journal on Education, 5(4), 11098-11105, from doi https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2034.
Budiastuti, D & Agustinus, B. (2018). Validitas dan Rehabilitas Penelitian dengan Analisis NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Citra, N., Masriani., Lukman, H., Rody, P. S., & Maria U. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Keterampilan proses Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5 (2), 142-148, from doi https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss2/586.
Destiara, M., Nurul, H., Sari, I. (2021). Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality. Biodeca: Journal of Biology Education, 3(1), 37-45, from doi https://doi.org/10.21580/bioeduca.v3i1.6629.
Fransiska, D., Laila, F.Y., & Titin. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Mulitmedia Interaktif Pada Materi Kingdom Monera. Journal of Biology Learning, 3(1), 09-17, from doi http://dx.doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1345
Hasan, M., Milawati., Darodjat., Tuti, K. H., Tasdin, T., Ahmad, M. A., Masdiana., & Made, I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 2(2), 169-178, from doi https://dx.doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Istikharah, R., & Zulkifli, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1), 31-38, from doi https://doi.org/10.24114/jpms.v12i1.9001.
Mustika, R., Bhakti, K., & Abdul, R.S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Lingkungan Sekitar Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMP Tentang Konsep Identifikasi Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3 (2), 174-184, from doi https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.174-184.
Novita, K., Yohanes, B., & Mansur, S. (2022). Pengembangan LKPD Materi Keanekaragaman Hayati Berbasis Model Problem Based Learning Kelas X SMA. Biogenerasi, 7 (2), 190-200, from doi https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1982.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3 (1), 171-187, from http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Ovan & Andika, S. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Riduwan (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rikizaputra., Festiyed., Yuni, A., & Yerimadesi (2021). Meta-analisis:Validitas dan praktikalitas Modul IPA Berbasis Saintifik. Bio-Lecture: Jurnal Pendidikan Biologi, 8 (1), 45-56, from doi https://doi.org/10.31849/bl.v8i1.6039.
Sanchia, A.I., & Ulfi, F. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Melatih Keterampilan proses Sains pada Materi Arthropoda Kelas X SMA. Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya, 1 (1), 09-17, from doi https://doi.org/10.26740/jrba.v1n1.p9-17.
Sari, A. P. P., & Agil, L. (2016). Pengembangan lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Scientific Approach Siswa SMA Kelas X Pada Materi Fungi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 7 (1). 41-48, from http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.489.
Shaleh, S.S., Azizah, F.N., Dinda, A., & Dayang, L.F. (2023). LKPD Berbasis Kreativitas. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1), 4157-4161, from doi https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11678.
Silvia, A., & Halmi, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Menumbuhkan Kterampilan Literasi sains Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 14 Medan T.P 2019/2020. Best Journal: Biology Education Science &Technology, 3(1), 39-44, from doi http://dx.doi.org/10.30743/best.v3i1.2434.
Sistyarini, D.I., & Supiana, D.N. (2017). Analisis Validitas Terhadap Pengembangan Handout berbasisi Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTS. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 581-584, from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/21112.
Sitorus, A.O.B., Kasrina., & Irwandi, A. (2019). Pengembangan LKPD Berdasarkan Eksplorasi Tanaman Obat di Suku Pekal. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3 (2), 185-194, from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jppb/article/view/6140.
Sohilait (2021). Buku Ajar Pengantar Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114, from https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Triana, N. 2021. LKPD Berbasis Eksperimen:Tingkat Hasil Belajar Siswa. Indonesia: Guepedia.
Uniati, O., Dewi, J., & Ariefa, P.Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan keanekaragaman Jenis Tanaman di Green Chemistry dan Kebun Biologi Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3 (1), 17-24, from doi http://dx.doi.org/10.33369/diklabio.3.1.17-24.
License
Copyright (c) 2023 Desi Wahyuni, Zulyusri Zulyusri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.