Inovasi Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19
Authors
Muhammad SalimDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1661Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 8 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Inovasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membuat banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam dunia Pendidikan. Pembelajaran yang awalnya konvensional tatap muka, berubah menjadi daring. Keadaan ini terus berlanjut pasca Pandemi Covid-19. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan internet, dan melalui platform. Pembelajaran daring dilakukan secara asinkron dan sinkron. Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi tentang inovasi pembelajaran daring Pasca Pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Pada studi pustaka memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Sumber data bersumber dari data sekunder yang berasal dari laporan hasil penelitian, artikel, buku, prosiding dan artikel di website. Selanjutnya langkah penelitian kepustakaan adalah 1) menyiapkan alat perlengkapan yang diperlukan 2) menyiapkan bibliografi kerja. 3) mengorganisasikan waktu, dan akhirnya. 4) kegiatan membaca dan mencatat bahan penelitian. Adapun hasil penelitian, inovasi pembelajaran daring Pasca Pandemi Covid-19 bentuknya semakin beragam yang dilakukan melanjutkan inovasi pada saat pandemi Covid-19. Hal ini untuk menyeimbangkan pembelajar yang termasuk generasi Z. Inovasi pembelajaran daring dilakukan dengan kombinasi dari berbagai platform seperti google classroom, google meet dan lainnya, pembelajaran blended dan memanfaatka virtual reality.
References
Ashari, A., Syarifudin, B., Wardoyo, M. A. I., Rosa, A. F., Kharisma, & Syarif Jamaludin. (n.d.). Virtual Fieldwork:Inovasi Pembelajaran Aspek Geografi PAsca Pandemi Covid-19.
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476
Dyah, O., Sari, P., & Sutapa, P. (n.d.). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK).
Fachreza, F., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). Penerapan Metode Demonstration Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 72–77. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1102
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Haryati, L. F., & Nursaptini. (2021). Konferensi Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya , 3(2).
Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.
Hidayat, N. A. S., & Nisa, N. (2022). Tantangan Inovasi Pendidikan di Masa PAsca Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(5), 9079–9086.
Hikmah, A. N. H., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94.
Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala, L., & Arifin, M. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (New Normal) Antara Peluang dan Tantangan. UMSU PRESS.
Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Mi’rojah, N. Y., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS 2 MA DH NW Kalijaga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1107
Mustofa, M., Bara, A. B., & Khusaini, F. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.
Nainggolan, A. M. (2020). Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Pendidikan Tinggi Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Didaskalia Prodi PAK-FIPK IAKN MANADO, 1(2), 13–25.
Ni’mah, M., Farid, E. K., & Ma’arif, M. A. (2023). Inovasi Pembelajaran Daring dalam Perubahan Karakter Mahasiswa di Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren: Vol. Cetakan Pertama.
Noperman, F. (2022). Inovasi Pembelajaran dari Ide Kreatif di Kepala Sampai Praktik Inovasi di Kelas. Laksbang Pustaka.
Nopriyeni, N., Lestari, F. A., Irwandi, I., & Hartati, M. S. (2022). Efektifitas Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom pada Masa Covid -19 di Sekolah Menengah Atas. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6092–6100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3667
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan (The Education Journal), 30(2), 111–123.
Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid 19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(02), 192–208.
Saputra, M. R. A., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah & Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset)). Nizamia Learning Center.
Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Berbasis Daring Diperguruan Tinggi Pada Era Industri 4.0. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(1), 64. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373
Sugiarto, A. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), 432–436.
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100–115.
Yantoro, Hariandi, A., Mawahdah, Z., & Muspawi, M. (2021). Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi Covid-19. JPP! (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 8–15.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.