Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Sosiokultural pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Donorejo
Authors
Julia Rahmawati , Septiyati PurwandariDOI:
10.29303/jipp.v6i3.211Published:
2021-11-05Issue:
Vol. 6 No. 3 (2021): NovemberKeywords:
Implementasi, Pendidikan Karakter, Sosiokultural.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Â
Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki jati diri sebagai bangsa dengan masyarakat yang senang bergotong royong, bersikap ramah, dan baik dalam menyambung tali kekeluargaan. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu, jati diri bangsa tersebut semakin luntur, terlebih bagi anak-anak hingga usia remaja. Sikap acuh dan tidak memperdulikan lingkungan sekitar semakin gencar dan menjadikan masyarakat hilang toleransi satu sama lain. Hal tersebut bukan lain dikarenakan adanya arus globalisasi dan perkembangan teknologi, seperti meningkatknya intensitas penggunaan internet melalui gawai. Perilaku menyimpang kian menjadi permasalahan pokok dan tentu memberikan dampak buruk bagi generasi mendatang. Dengan begitu, perlu dilakukan sebuah penelitian guna perbaikan dan mewujudkan upaya preventif, sehingga dapat mengembalikan apa yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis sosiokultural dalam proses pembelajaran siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Muhammadiyah Donorejo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, siswa harus mampu menerapkan karakter yang baik sesuai dengan ajaran sosial budaya setempat. Siswa akan lebih berkarakter dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral serta norma yang berlaku di masyarakat. Dengan begitu, sangat disarankan kepada guru untuk menjalankan pembelajaran karakter dengan basis sosiokultural. Â
References
Arjoni, & Handayani, T. (2017). Peran Madrasah dalam Menangkal Dampak Negatif Globalisasi terhadap Perilaku Remaja. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 9. doi:https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1373
Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwiningrum (2012). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kemendikbud. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.
Megawangi (2003). Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani. Jakarta: IPPK Indonesia Heritage Foundation.
Mustadi, A. (2010). Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural (Sociocultural Based Character Education) di Sekolah Dasar, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika Pendidikan, 1.
Nurhaidah, & Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1. Retrieved from http://e-repository.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/7506
Poerwadarminta (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Putrianti, Y. D., & Susanti, M. M. (2019). Penerapan Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sleman Kabupaten Sleman. Elementary Journal, 42.
Report, H. (. (2020). Digital 2020:Indonesia. We Are Social. Retrieved from https://wearesocial.com/digital-2020
Rohman, M., & Mukhibat. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Sosiokultural Berbasis Etno-Religi di MAN Yogyakarta 3. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1). doi:http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.1771
Suktiman, T. (2012). Pendidikan Karakter Berwawasan Sosiokultural. Jurnal Pelopor Pendidikan, 1(1), 15.
Suneki, S. (2012). Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(1), 307. doi:https://doi.org/10.26877/civis.v2i1/Januari.603
Suparno (2018). Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VIII(1).
Yolanda, C., & Fatmarizza. (2019). Pergeseran Nilai-nilai Moral Masyarakat dan Implikasinya terhadap Moralitas Remaja di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan (Kasus Hamil di Luar Nikah). Journal of Civic Education, 183. doi:https://doi.org/10.24036/jce.v2i3.152