Mit App Inventor sebagai E-Modul Makromolekul Berbasis Android
Authors
Irfandi Irfandi , Rosa Murwindra , Kiprah PiawiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.2765Published:
2025-05-12Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
E-modul, Makromolekul, Mit App InventorArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Materi kimia yang sulit dan bersifat abstrak sering menjadi permasalahan yang ditemukan diberbagai sekolah. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang memberikan kemudahan untuk memahami materi kimia tersebut salah satunya makromolekul. solusi yang ditawarkan adalah mengembangkan e-modul yang dapat digunakan melalui android. E-modul dikembangkan menggunakan aplikasi mit app inventor. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis android pada materi makromolekul yang dikembangkan menggunakan mit app inventor pada tahap pendahuluan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model Plomp. Pengumpulan data dilakukan melalui validasi ahli dan respon pengguna menggunakan angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis android pada materi makromolekul valid digunakan dengan persentase 89% dan 81% dengan kategori sangat layak. Serta hasil respon pengguna sebesar 91% oleh guru dan 93% oleh siswa dengan kategori sangat baik dan menarik.
References
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran MathSC Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938.
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran matematika berbasis android pada materi program linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Axel, R. D., Najoan, X., Sugiarso, B. A., Elektro-ft, J. T., & Manado, M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan Dan Pelayanan Gereja. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(1), 1–6.
Dahlan, A., Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. BIO-PEDAGOGI: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96–99.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Gava Media.
Irfandi, I., Aprizal, A., Alhairi, A., Chandra, M. F., & Rini, R. (2023). DEVELOPMENT OF ELECTRONIC STUDENTS ’ ACTIVITY SHEETS USING KVISOFT FLIPBOOK MAKER APPLICATION AND A STEM-BASED APPROACH ON HYDROCARBON. International Journal of Educational Best Practices (IJEBP), 7(2), 84–101. https://doi.org/10.32851/ijebp.v7n2.p84-101
Kang, H., Cho, J., & Kim, H. (2015). Application Study on Android Application Prototyping Method Using App Inventor. Indian Jornal of Science and Technology, 8(19), 1–5.
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 25–32.
Mustofa, R. H., & Riyanti, H. (2019). PERKEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Wahana Didaktika, 17(3), 366–378.
Negin, N., Rakhshanderou, S., Negarandeh, R., Ramezankhani, A., Farahani, A. V, & Ghaffari, M. (2022). Concordance of the Cardiovascular Patient Education with the Principles of Andragogy Model. Archives of Public Health, 80(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s13690-021-00763-5
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Pimenta, S. S. (2021). Development and validation of chemistry learning videos as learning media in the era of the COVID-19 pandemic. Journal of Sustainability Science and Technology, 1(2), 80–88.
Plomp, T. (2013). Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Training System Design: Introduction. Design of Education and Training (in Dutch). Utrecht (the Netherlands).
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using learning media to increase learning motivation in elementary school. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Putrianata, D., & Chairunisa, E. . (2019). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Perjuangan Tokoh-Tokoh Militer Pejuang Kemerdekaan Di Sumatera Selatan. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 152–157.
Risdianto, E., Fitria, J., Johan, H., & Macariola, J. S. (2020). Teacher ’ s Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student ’ s Critical Thinking Skills. Journal of Social Work and Science Education, 1(1).
Sefriani, R., Radyuli, P., Nurhidayati, N., & Sepriana, R. (2021). Design and Development Based Learning Media Application Using Mobile App Inventor. International Journal of Educational Development and Innovation, 1(1), 45–53.
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171.
Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(1), 800–809.
Tapilouw, F., & Setiawan, W. (2018). Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 19–26.
Topano, A., Asiyah, A., & Revola, Y. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Basicedu, 6(3), 5423–5434.
Wandani, N. M., & Nasution, S. H. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Autoplay Media Studio Pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 90–95.
Widia, F. R., Tanamir, M. D., & Afryansih, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Mit App Inventor Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Journal on Education, 05(04), 17190–17199.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.
Yulianti, S., Tiur, H., Silitonga, M., & Habellia, R. C. (2024). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS MIT APP INVENTOR. Jurnal Education and Development, 12(3), 125–130.
License
Copyright (c) 2025 Irfandi Irfandi, Rosa Murwindra, Kiprah Piawi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.