SLR: Penerapan Pembelajaran Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Era Disrupsi
Authors
Jundu Muhammad Mufakkirul Islami , Lidanatu Ilmin , Desy Nur Afny , Achmad Supriyanto , MA Muazar HabibiDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2775Published:
2024-11-29Issue:
Vol. 9 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Era disrupsi, Kemampuan belajar, Pembelajaran berbasis komunitas, Peningkatan kompetensi, Peserta didikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidikan saat ini sedang menghadapi tantangan era disrupsi, yang ditandai dengan perubahan cepat di sektor pendidikan dan dunia kerja. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan mendesak akan tenaga kerja yang terampil, diperkirakan mencapai 20,2 juta pada tahun 2024, dan bagaimana hal ini mendorong sektor pendidikan untuk beradaptasi melalui pengembangan kurikulum yang relevan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerapan komunitas belajar dalam meningkatkan kompetensi peserta didik, khususnya soft skill yang sangat dibutuhkan di era disrupsi saat ini, serta mengidentifikasi tantangan dan faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran berbasis komunitas. Adapun metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif jenis SLR, dengan prosedur: mendefinisikan kriteria kelayakan, pendefinisian sumber informasi, pemilihan literatur, pengumpulan data, pemilihan item data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunitas belajar dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, serta memperkuat kemampuan pemecahan masalah dan kerja sama tim. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis komunitas merupakan langkah strategis untuk menjawab tantangan pendidikan di era disrupsi dan mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif.
References
Abbas, R., Adabi Abdul Kadir, F., Abdul Ghani Azmie, I., & Raya Tun Razak, L. (2013). INTEGRATING SOFT SKILLS ASSESSMENT THROUGH SOFT SKILLS WORKSHOP PROGRAM FOR ENGINEERING STUDENTS AT UNIVERSITY OF PAHANG: AN ANALYSIS (Vol. 2, Issue 1). Www. Officeteam. Com
Arianto, R. P., Lilisda, S., Rati, P., & Westerini, L. (2023). Pembelajaran Berbasis Komunitas Lembang Raru Sibunuan Kecamatan Sangalla` Selatan Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(4), 260–264.
Arnady, M. A. (2024). Pendidikan Nonformal Berbasis Komunitas: Kunci Sukses Pemberdayaan Masyarakat. Https://Jurnal.Umpar.Ac.Id/Index.Php/Cls/Article/View/3095
Cahyono, Y. R., & Gunawan, A. (2024). Pentingnya Memiliki Soft Skill Bagi Calon Pekerja Sebagai Keterampilan Kesiapan Kerja. In Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Vol. 01). Https://Jurnal.Ittc.Web.Id/Index.Php/Jebd/Article/View/515
Chapman, C., Ramondt, L., & Smiley, G. (2005). Strong Community, Deep Learning: Exploring The Link. Innovations In Education And Teaching International, 42(3), 217-230.
Febriani, R., Sya, M. F., & Mulyanti, E. (2024). Analisis Efektivitas Program Pembelajaran Bahasa Berbasis Komunitas (Vol. 3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V3i7.14167
Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., Hartono, D., Stia, P., Jakarta, L., & Com, P. (N.D.). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia.
Habibi, R., & Artha Glory Romey Manurung. (2023). SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology. Journal Of Applied Computer Science And Technology, 4(2), 100–107. Https://Doi.Org/10.52158/Jacost.V4i2.511
Hadi Wuryanto, S. M. (2022, Desember 5). Kemendikbud. Diambil Kembali Dari Gurudikdas.Kemdikbud.Go.Id/: Https://Gurudikdas.Kemdikbud.Go.Id/News/Mengkaji-Kembali-Hasil-Pisa-Sebagai-Pendekatan-Inovasi-Pembelajaran--Untuk-Peningkatan-Kompetensi-Li
Hariyanti, T., Mardiwiyoto, H., & Prabandari, Y. S. (2014). Efektivitas Metode Kolaboratif Dan Kooperatif Dalam Pendidikan Kesehatan Berbasis Komunitas. In Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (Vol. 3, Issue 1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22146/Jpki.25192
Jurnal, H., Norlita, D., Wanda Nageta, P., Ayu Faradhila, S., Putri Aryanti, M., Fakhriyah, F., & Aditia Ismayam, E. A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR: PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 2(1).
Kantrowitz, T. M. (2005). Development And Construct Validation Of A Measure Of Soft Skills Performance A Dissertation Presented To The Academic Faculty.
Lundie, D., Ali, W., Ashton, M., Billingsley, S., Heydari, H., Iqbal, K., Mcdowell, K., & Thompson, M. (2022). A Practitioner Action Research Approach To Learning Outside The Classroom In Religious Education: Developing A Dialogical Model Through Reflection By Teachers And Faith Field Visitors. British Journal Of Religious Education, 44(2), 138–148. Https://Doi.Org/10.1080/01416200.2021.1969896
Mulyawati, I. M., Pandawa, J., Kartasura, K., & Sukoharjo, K. (2021). Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA) Penerapan Metode Berbasis Komunitas Dengan Pembiasaan Aktivitas Sehari-Hari Pada Pembelajaran. 3, 104–114. Https://Doi.Org/10.26499/Jbipa.V3i2.4206
Nawanti, R. D., Santoso, W. T., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Era Disrupsi. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58230/27454312.618
Novitasari, S. A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Di Luar Kelas: Memperkuat Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran Di Komunitas Lokal. Jurnal Pendidikan West Science, 1(04), 248-257.
Nuraeni, C., Kamila, B., Ending, P., & Rachman, I. F. (2024). Transformasi Pendidikan Pada Era Disruptif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 411–419. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62017/Jppi.V1i3.1237
Pebriani, R. A., & Sari, R. (2023). Pendampingan Belajar Berbasis Komunitas Dan Gerakan Menabung Sejak Dini Untuk Masa Depan Anak Di Pedesaan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(2), 415–422. Https://Doi.Org/10.33474/Jp2m.V4i2.20415
Rahmawati, M., Hidayat, N. S., & Azhar, M. (2024). Model Pembelajaran Project Based Learning Meningkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Arab Siswa: Penelitian Eksperimen. Ukazh: Journal Of Arabic Studies, 5(2), 256-271.
Rizqi Salamah, E., Eka Tiyas Rifayanti, Z., Trisnawaty, W., Fitra Raharja, H., Hasyim Asy, U., Bina Insan Mandiri, S., & PGSRI Pacitan, S. (N.D.). MEMBANGUN BUDAYA BELAJAR MELALUI KOMUNITAS BELAJAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.
Rizqi Salamah, E., Eka Tiyas Rifayanti, Z., Trisnawaty, W., Fitra Raharja, H., Hasyim Asy, U., Bina Insan Mandiri, S., & PGSRI Pacitan, S. (2024). MEMBANGUN BUDAYA BELAJAR MELALUI KOMUNITAS BELAJAR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.
Rozi, F. (2020). Systematic Literature Review Pada Analisis Prediktif Dengan Iot: Tren Riset, Metode, Dan Arsitektur. Jurnal Sistem Cerdas, 3(1), 43–53. Https://Doi.Org/10.37396/Jsc.V3i1.53
Sania Mashabi, M. P. (2024, Mei 27). Kompas. Diambil Kembali Dari Kompas.Com: Https://Www.Kompas.Com/Edu/Read/2024/05/27/072700371/Data-Bps--3-5-Juta-Lulusan-Sma-Tidak-Lanjut-Kuliah-Atau-Bekerja
Sekar, R. Y., Uin, N. K., & Makassar, A. (N.D.). KOMUNITAS BELAJAR SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN PENGEMBANGAN DIRI. Agustus 2020 Indonesian Journal Of Adult And Community Education, 2(1).
Sukirman, D. (2007). Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI.
Suriadi, Dewi, K., Krisdiyanto, A., Sukarma, I. K., & Sriyono. (2023). MENGATASI MASALAH PENGANGGURAN MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN BERBASIS KOMUNITAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8448–8454. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V4i4.19686
Wahyudiono, A. (2023). Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Tantangan Era Society 5.0. Education Journal: Journal Educational Research And Development, 7(2), 124–131. Https://Doi.Org/10.31537/Ej.V7i2.1234
Zhu, E., & Baylen, D. M. (2005). From Learning Community To Community Learning: Pedagogy, Technology And Interactivity. Educational Media International, 42(3), 251-268.
Author Biography
MA Muazar Habibi, Universitas Mataram
Program Studi PAUD FKIP
License
Copyright (c) 2024 Jundu Muhammad Mufakkirul Islami, Lidanatu Ilmin, Desy Nur Afny, Achmad Supriyanto, MA Muazar Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.