Korelasi Penerapan Teaching at The Right Level (TaRL) dengan Hasil Literasi Dasar Siswa dalam Pembelajaran Berdifrensiasi
Authors
Abdul Aziz , Husnul Mukti , Moh. Alwi AshariDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3302Published:
2025-05-13Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Hasil Belajar, Literasi Dasar, Pembelajaran Berdifrensiasi, Pendekatan TaRL.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendekatan Pembelajaran Teaching at The Rigt Levwl (TaRL) untuk menciptakan Penyesuain pengajaran dengan kemampuan dan Tingkat capaian peserta didik bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam aspek keterampilan dasar salah satunya adalah literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi korelasi antara penerapan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level) dan peningkatan hasil belajar literasi dasar siswa kelas I. Menggunakan metode korelasional kuantitatif, penelitian ini melibatkan 25 siswa. Analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil tes menunjukkan 17 siswa berada pada level Intervensi Khusus, 1 siswa di level Dasar, 7 siswa di level Mahir, dan tanpa ada yang berada pada level Cakap. Sedangkan untuk mendapatkan data hasil belajar, siswa diberikan soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuannya. Analisis data menggunakan uji Pearson Product Moment menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,812, yang lebih tinggi dari nilai kritis 0,396 pada tingkat signifikansi 5%. Ini menunjukkan korelasi sangat kuat antara penerapan TaRL dan peningkatan hasil belajar literasi dasar berdasarkan interpretasi korelasi. Dengan demikian, hipotesis nol (H0: tidak ada korelasi) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1: adanya korelasi) diterima. Kesimpulannya, penerapan pendekatan TaRL berhubungan positif dengan peningkatan hasil belajar literasi dasar siswa, menunjukkan efektivitas pendekatan ini dalam pembelajaran literasi.
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra (ed.)). Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dadang, A., & Damaianti, V. S. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi. Simbiosa Rekatama Media.
Hiryanto. (2017). PEDAGOGI, ANDRAGOGI DAN HEUTAGOGI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Dinamika Pendidikan, 22, 65–71.
Kemdikbud. (2024). Pembelajaran Sesuai dengan Tingkat Kesiapan dan Pemahaman Peserta Didik. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14142735013145-Pembelajaran-Sesuai-dengan-Tingkat-Kesiapan-dan-Pemahaman-Peserta-Didik
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Misbach, I. (2013). Pengukuran Dalam Penelitian Sosial: Menghubungkan Konsep Dengan Realitas. Jurnal Berita Sosial, 1, 85–90.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Pisa 2022, I. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Poloju, K. kumar, Rao Naidu, V., Rollakanti, C. R., Manchiryal, R. K., & Joe, A. (2022). New Method of Data Collection Using the Kobo Toolbox. Journal of Positive School Psychology, 6(4), 1527–1535. https://mail.journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/3305
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, N., Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra (ed.)). Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dadang, A., & Damaianti, V. S. (2021). Literasi dan Pendidikan Literasi. Simbiosa Rekatama Media.
Hiryanto. (2017). PEDAGOGI, ANDRAGOGI DAN HEUTAGOGI SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Dinamika Pendidikan, 22, 65–71.
Kemdikbud. (2024). Pembelajaran Sesuai dengan Tingkat Kesiapan dan Pemahaman Peserta Didik. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14142735013145-Pembelajaran-Sesuai-dengan-Tingkat-Kesiapan-dan-Pemahaman-Peserta-Didik
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707
Misbach, I. (2013). Pengukuran Dalam Penelitian Sosial: Menghubungkan Konsep Dengan Realitas. Jurnal Berita Sosial, 1, 85–90.
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): Vol. I. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Pisa 2022, I. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
Pin Harjadi, & Ayub Prastiyo. (2024). Mengoptimalkan Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SD Negeri Condongcatur Sleman Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusian, 4(1), 172-191. https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i4. 671
Poloju, K. kumar, Rao Naidu, V., Rollakanti, C. R., Manchiryal, R. K., & Joe, A. (2022). New Method of Data Collection Using the Kobo Toolbox. Journal of Positive School Psychology, 6(4), 1527–1535. https://mail.journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/3305
Pratham. (n.d.). Teaching at The Right Level. Pratham Foundation. Retrieved February 18, 2024, from https://www.pratham.org/about/teaching-at-the-right-level/
Rintaningrum, ratna. (2019). Explaining the Important Contribution of Reading Literacy to the Country’s Generations: Indonesian’s Perspectives. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(3), 936–953. https://www.ijicc.net/images/Vol_5_Iss_3/Part_2_2020/5310_Ratna_2019_E_R.pdf
Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suryani, A., K, S., & Mursalam, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(166), 741–753. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/2373
Syafril (2010). Statistika. Padang: SUKABINA Press.
License
Copyright (c) 2025 Abdul Aziz, Husnul Mukti, Moh. Alwi Ashari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.