Pengaruh Karakter Panggilan Jiwa dan Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPG Calon Guru FKIP Universitas Mataram
Authors
Hafsiahnor Pua Note , Dadi Setiadi , Heri Hadi Saputra , Fahruddin Fahruddin , Abdul Kadir JaelaniDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3311Published:
2025-04-28Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Karakter panggilan jiwa, kompetensi calon guru, pemanfaatan LMS, profesionalisme pendidik.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Peningkatan kompetensi guru menjadi kunci utama dalam menjawab tantangan pendidikan yang terus berkembang di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakter panggilan jiwa dan penggunaan Learning Management System (LMS) terhadap kompetensi mahasiswa PPG Calon Guru FKIP Universitas Mataram. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan ex post facto dan desain deskriptif-korelasional. Sampel penelitian berjumlah 150 mahasiswa yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Analisis data dilakukan dengan statistik inferensial untuk menguji hubungan dan pengaruh antara karakter panggilan jiwa, penggunaan LMS, serta bimbingan guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa PPG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter panggilan jiwa dan penggunaan LMS secara simultan memberikan kontribusi sebesar 5,3% terhadap kompetensi mahasiswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,019. Karakter panggilan jiwa terbukti meningkatkan motivasi intrinsik, komitmen, serta ketahanan mahasiswa dalam proses pembelajaran, sedangkan penggunaan LMS memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan akses terhadap materi pembelajaran. Hasil ini menunjukkan pentingnya penguatan karakter panggilan jiwa dan pemanfaatan teknologi pembelajaran untuk mencetak calon guru yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki dedikasi tinggi dan kesiapan menghadapi dinamika dunia pendidikan.
References
Aini, N., Putri, A. R., & Suryadi, D. (2023). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 112–125.
Alditia, L. M., & Wahyudin, D. (2024). Analisis pemahaman mahasiswa calon guru sekolah dasar tentang konsep etnopedagogi dan implementasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1174–1183. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2254
Alditia, R., & Wahyudin, D. (2024). Integrasi etnopedagogi dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural, 8(1), 45–60.
Alenezi, W. (2022). The impact of Learning Management Systems on student engagement and learning outcomes: A case study approach. Journal of E-Learning Research, 15(3), 210–225.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Rineka Cipta.
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar melalui Platform MerdekaMengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2021). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340.
Field, A. (2021). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). SAGE Publications.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2020). How to design and evaluate research in education (10th ed.). McGraw-Hill.
Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (2000). Critical inquiry in a text-based environment: Computer conferencing in higher education. The Internet and Higher Education, 2(2–3), 87–105.
Gökçen, A. (2023). Career adaptability and self-efficacy among pre-service teachers: The role of professional calling. Journal of Educational Psychology, 118(2), 130–145.
Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2020). Basic econometrics (6th ed.). McGraw-Hill.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). SAGE Publications.
Hrastinski, S. (2021). What do we mean by blended learning? TechTrends, 65(5), 748–753. https://doi.org/10.1007/s11528-021-00612-1
Ismail, M., & Munir, M. (2023). Professional commitment and teacher quality in teacher education programs. Journal of Education and Practice, 14(4), 67–75.
Kim, E., & Lee, D. (2023). The role of intrinsic motivation and professional commitment in teacher education. Teaching and Teacher Education, 120, 103974.
Kim, H., & Kim, S. (2024). The relationship between professional calling and work engagement in the teaching profession. Teaching and Teacher Education, 99, 103873.
Kline, R. B. (2021). Principles and practice of structural equation modeling (5th ed.). Guilford Press.
Li, M., & Xu, Y. (2024). The role of reflective practice in teacher professional development: A longitudinal study on pre-service teachers. Journal of Teacher Education, 75(1), 22–40.
Maulany, D., & Simon, A. (2023). Tantangan implementasi Learning Management System (LMS) di daerah terpencil: Studi kasus di Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 11(3), 145–160.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2022). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing practice (11th ed.). Wolters Kluwer.
Putri, A. R., & Suryadi, D. (2022). Self-Determination Theory dalam konteks pembelajaran guru masa depan: Studi pada mahasiswa pendidikan profesi guru. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 87–103.
Rahman, F., & Yuliana, S. (2022). Hubungan intensitas penggunaan LMS dengan hasil belajar mahasiswa PPG. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 55–64.
Salkind, N. J. (2010). Encyclopedia of research design. SAGE Publications.
Seligman, M. E. P. (2002). Authentic happiness: Using the new positive psychology to realize your potential for lasting fulfillment. Free Press.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno, A. (2022). Panggilan jiwa dalam profesi guru: Implikasinya terhadap motivasi dan kinerja pengajaran. Jurnal Pendidikan dan Profesi, 9(1), 55–72.
Sweller, J. (1988). Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive Science, 12(2), 257–285.
Taber, K. S. (2022). The use of Cronbach’s Alpha when developing and reporting research instruments in science education. Research in Science Education, 52(1), 1–24.
Verawati, N. N. S. P., Hikmawati, H., & Prayogi, S. (2023). Meningkatkan kemampuan penalaran mahasiswa STEM pada mata kuliah fisika modern melalui penggunaan simulasi virtual pada platform LMS. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1081–1088. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.663
Wahid, A., Hasan, R., & Prasetyo, D. (2024). Evaluasi efektivitas LMS dalam pendidikan tinggi: Perspektif mahasiswa dan dosen. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 50–65.
Williams, L. J., Vandenberg, R. J., & Edwards, J. R. (2021). Structural equation modeling in management research: A guide for using GLS estimation. Journal of Management, 47(6), 1525–1549.
Zhang, J., & Zhang, Y. (2023). Self-regulated learning and online education: A meta-analysis of Learning Management System effectiveness. Computers & Education, 190, 104615.
License
Copyright (c) 2025 Hafsiahnor Pua Note, Dadi Setiadi, Heri Hadi Saputra, Fahruddin Fahruddin, Abdul Kadir Jaelani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.