Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa pada Materi Operasi Hitung untuk Siswa Kelas IV di SDN 32 Ampenan
Authors
Ni Kadek Ratih Apriani , Ida Ermiana , Iva NurmawantiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3336Published:
2025-05-11Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Media pembelajaran, operasi hitung, ular tangga raksasaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran di sekolah, terutama pada mata pelajaran Matematika, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif dan menyenangkan. Materi operasi hitung seharusnya didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Ular Tangga Raksasa pada materi operasi hitung kelas IV di SDN 32 Ampenan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini meliputi ahli materi, ahli media, siswa, dan guru kelas IV SDN 32 Ampenan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini termasuk dalam kategori sangat valid, dengan skor persentase 90% dari ahli materi dan 95,38% dari ahli media. Uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru dan siswa juga memperoleh kategori sangat praktis, masing-masing dengan skor 88,57% dan 87,22%. Hasil uji efektivitas berdasarkan pretest dan posttest menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis memperoleh nilai -Thitung > -Ttabel (yaitu -10,659 > -1,74588), sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga Raksasa efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung.
References
Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (2023). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasae. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 3951–3955.
Amairuddin, Sarah, D. M., Vika, A. I., Hasibuan, N., Sipahutar, M. S., & Simamora, F. E. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 210–219.
Aprilia, I., Bayu, N., Widya, N., Bagus, R., & Lutfi, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(1), 59–68.
Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar.
Darmadi, Safitri, A., Wardani, A. D., & Serly, W. A. (2022). Pengaruh Penerapan Soal Hots Sebagai Bagian Dari Kurikulum 2013 Terhadap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 29–34.
Ermiana, I., Parwati, N. N., Sudiarta, I. G. P., & Sudatha, I. G. W. (2024). Ethnocultural wisdom and development of e-comic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(6), 3618–3627. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i6.29176
Fauzi, A., Rahmatih, A. R., Ermiana, I., & Nurmawanti, I. (2024). Pengembangan Instrumen Literasi Matematis Berbasis Etnomatematika untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. JUPIKA:Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 7(2), 153–167.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 2019. Universitas Indraprasta PGRI. Diambil dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571
Hayati, N. M., Tahir, M., Erfan, M., & Ermiana, I. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Sistem Pernapasan Kelas V SDN 22 Ampenan. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 5(2), 220–228.
Ilmiah, Ridfah, A., & Dewi, E. M. P. (2022). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. METAPSIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Psikolog, 1(01), 22–29.
Juhaeni, Ariyanti, D., Sa’adah, N., & Safaruddin. (2023). Pengembangan Media Travel Snake-Ladder Game Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researces, 3(5), 233–245.
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262.
Kurniati, P., Untari, M. F. A., & Sulianto, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Materi Penjumlahan Puluhan Menggunakan Metode Permainan Media Ular Tangga. Diambil 25 Juli 2024, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/28506/16370
Kusuma, A. S., & Nurmawanti, I. (2023). Pengembangan Soal-Soal Literasi dan Numerasi Berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) untuk Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Profesri Pendidikan, 8(1), 516–523.
Nawafilah, N. Q. & Masruroh. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. 3 No. 1.
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428
Nurjanna, U. A., Malahati, F., Qathrunnada, & Romadhon, K. (2023). Efektifitas Penggunaan Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 496–509.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makasar: Badan Penerbit UNM.
Pujiriyanto. (2005). Desain Grafis Komputer; Teori Grafis Komputer. Yogjakarta: Andi Ofset.
Rifliani, A. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1159–1161. Surabaya: Universitas Surabaya.
Robiah, H., Ermiana, I., & Amrullah, L. W. Z. (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 43 Ampenan. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika, 5(3), 957–966.
Safari, Y., & Faradila, Z. P. (2024). Pentingnya Penguasaan Operasi Hitung Dasar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Karimah Tauhid, 3(8), 8373–8380.
Suciati, I. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1). Diambil dari https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pegagogik Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(No. 2), 86–93.
Winaryati, E., Munsafir, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Yogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
License
Copyright (c) 2025 Ni Kadek Ratih Apriani, Ida Ermiana, Iva Nurmawanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.