Optimalisasi Media Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa
Authors
Siti Hanifah , Irma Soraya , Mohammad KurjumDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3356Published:
2025-05-19Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Pendidikan Agama Islam, Pemahaman Siswa, Video Animasi, Pendidikan Agama Islam.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sering kali menghadapi tantangan dalam menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media video animasi dalam pembelajaran PAI guna meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi dapat meningkatkan motivasi siswa, mempermudah pemahaman konsep secara visual, serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Kesimpulannya, integrasi media video animasi dalam pembelajaran PAI merupakan strategi yang efektif untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan sesuai dengan karakteristik siswa.
References
A.A.I.P. Ari, I.W. Lasmawan, & N. K. S. (2023). Pengembangan Buku Digital Berbasis Kontekstual Pada Materi Keberagaman Budaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ips. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 230–240.
Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2). https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.578.
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (Pbl) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 325–339. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p325-339
Ahmad Husein (2024). Podcast Sebagai Media Ajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 104–116.
Azka, S., Soraya, I., Hamdani, A. S., Pendidikan, M., Islam, A., & Ampel, S. (2024). Transformasi Pembelajaran PAI: Mengadopsi Model Kooperatif di Era Digital. Journal of Psychology and Instruction, 8(2), 66–74.
Chairul Anwar (2019). Multikulturalisme, Globalisasi dan Tantangan Pendidikan (p. 10). Diva Pers.
Dina Indriana (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran (p. 15). Diva Pers.
Fitrianti, I., Handayani, & S. (2020). Keefektifan Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 323–329. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26677.
Hartanto, W. (2018). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 2016.
Ikhsan, M. A., Hady, N., & Sukriono, D. (2019). Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berpendekatan Life Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 330. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12108
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862
Kurjum, M. (2022). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Pena Cendikia.
Kurnia Afdillah & Taufik Arfan (2017). Akademi Desain Animasi dengan Pendekatan Arsitektur Nusantara. Nation Academic Journal of Architecture, 4, 149.
Muslina, M., Halim, A., &Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol di Sma Kabupaten Aceh Besar. 1(1), 64–72.
N. Bahrul Islam, dkk. (2014). Pendidikan Anak Melalui Animasi. Jurnal Internasional Grafik Komputer Dan Animasi, 4(1), 43.
N. Iqbal Hasan (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya (p. 25). Ghalia Indonesia.
Oka Agus Kurniawan Shavab & Gurdjita Gurdjita. (2017). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Sejarah. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 10.
Onong uchjana effendy (2016). Ilmu Komunikasi dan Praktek (p. 20). Rosdakarya.
Permatasari, C. L. (2023). Inovasi Pembelajaran: Mengenalkan Flexible Learning Sebagai Pintu Gerbang Blended Learning Bagi Mahasiswa Baru Uksw. Suluh Abdi, 5(2), 99. https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.7123
Rusman (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer (p. 1). Alfabeta.
Sherina Birlian Yanuar Putri Nurhasanah, R. H. P. & A. N. A. (2023). Pengembangan EBook Interaktif Untuk Meneladani Perilaku Jujur Pada Siswa Kelas 2 SD Dari Kisah Nabi Muhammad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4351–4357.
Sudarma, Tegeh, & P. (2025). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks Dan Image. Graha Ilmu.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (p. 10). Alfabeta.
Supriyono (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream. Jurnal Pendidikan Dasar, 21, 43–48. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.
Suyanto (2013). Menjadi Guru Profesional (p. 1). Erlangga Group.
W. Gulo (2010). Metodologi Penelitian (p. 56). PT Grasindo.
Waluyo Hadi, Yofita Sari, & Nadra Maulida Pasha. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 466–473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570
Wardah (2022). Implementasi Pembelajaran Dengan Media Video Kisah Teladan Nabi Muhammad Saw Pada Materi Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Kelompok A Di RA Muhyiddin Pundenarum Karangawen Demak. 9, 356–363.
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9
Wijoyo, H., & Haudi, H. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN.
wina sanjaya (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (pp. 4–5). pt. kencana.
Wiwik Sumariati, Syarifan Nurjan, & M. ‘Azam M. (2024). Penanaman Moral Keagamaan Anak Berbasis Animasi Kisah. 8(1), 1–15. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v
License
Copyright (c) 2025 Siti Hanifah, Irma Soraya, Mohammad Kurjum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.