Pengaruh Model KWL (Know, Want and Learned) Terhadap Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Telagawaru
Authors
Amalia Uzlatunnufus , Ida Ermiana , Hasnawati HasnawatiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3359Published:
2025-05-16Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Literasi, Model Know, Want and Learned, Pemahaman bacaanArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan Literasi merupakan fondasi utama dalam keterlaksanaan proses pembelajaran. Literasi merupakan kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan memahami konsep dibalik naskah tersebut. Fokus literasi tidak hanya menekankan pada kemampuan mengenali kata, tetapi juga mencakup pemahaman makna isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh KWL (Know, Want and Learn) terhadap kemampuan literasi peserta didik kelas IV SDN 1 Telagawaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Telagawaru yang berjumlah 45 orang yang terbagi ke dalam dua kelas yang sekaligus sebagai sampel penelitian, dimana IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Data penelitian peroleh melui tes dan observasi. Observasi dilakukan untuk mengukur keterlaksanaan model KWL dalam pembelajaran dan hasil analisis diperoleh persentase 72,92% dengan kategori baik. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan literasi peserta didik. Uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji mann whitney karena data tidak berditribusi normal. Hasil Uji Normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,003 < 0,05 yang menunjukkan data tidak berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi 0,026 < 0,05 yang menunjukkan data tidak homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai asymp sig (2-tiled) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat perbedaan kemampuan literasi peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan KWL berpengaruh terhadap kemampuan literasi peserta didik kelas IV SDN 1 Telagawaru.
References
Abdurahman, M. (1996). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman (2021). Keterampilan Membaca. Depok: Rajawali Pers.
Ermiana, I., Umar, U., Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Soal Cerita. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(6), 896. doi: https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9101
Haryanto, A. (2022). Membangun Literasi sejak Dini di Sekolah Dasar. Jakarta: Pustaka Edukasi.
Herliyanto (2019). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL (Know, Want and Learned). Yogyakarta: Deepublish.
Jewaru, Melita Eufrasia, I Wayan S., & Ni Made D. (2020). Penerapan Strategi KWL (Know, Want To Know, Learned) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Viii Smp Bali Star Academy Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 57-63. doi:10.23887/jjpbs.v10i1.24552.
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, Heru & Hamidah (2020). Literasi Dasar: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish
Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2019). PIRLS 2021 Assessment Frameworks. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Nugraha, Garin Dian., & Asri Susetyo Rukmi (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Membaca Know-Want-Learn (K-W-L) Bagi Siswa Kelas IV SDN Made 4 Lamongan. JPGSD. 2 (2), 1-10. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/10607.
Nurhadi (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran KWL terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 45-56.
Nuriadi (2008). Pembaca Teknik Jitu menjadi Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Oktifa, N. (2022). Mengenal Model KWL (Know, Want and Learned) dalam mengajar membaca. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/mengenal-metode-KWL-know-want-to-know-and-learned-dalam-mengajar-membaca. Aku Pintar. Diakses pada 19 Desember 2024.
Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmat, T. (2020). Meningkatkan Literasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Yogyakarta: Pustaka Ilmiah.
Rahmawati, L. (2021). Implementasi Model KWLdalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 110-125. doi: /10.31004/basicedu.v8i5.8703.
Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Septyanti, E., & Suhartono, S. (2020). Efektivitas Model KWLdalam Meningkatkan Literasi Informasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 23-34.
Suhardi (2019). Dasar-Dasar Literasi: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Suparman, A. (2017). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Suryadi, D. (2021). Rendahnya Kemampuan Membaca Siswa SD dan Upaya Mengatasinya. Bandung: EduPress.
Tampubolon, D. P. (2014). Penumbuhan Minat Baca Anak sebagai Sarana Pengembangan Literasi. Jakarta: Kompas.
Tarigan, Henry Guntur (2008). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Trisna (2021). Literasi sebagai Fondasi Perkembangan Intelektual Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 45-56.
Wulandari, S., & Sari, M. (2023). Efektivitas Model KWLdalam Meningkatkan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 17(3), 210-235.
Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green chemistry based interactive multimedia on acid-base concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p.012006). IOP Publishing.
License
Copyright (c) 2025 Amalia Uzlatunnufus, Ida Ermiana, Hasnawati Hasnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.