Media Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Roda Huruf Berputar Untuk Melatih Keterampilan Membaca Awal
Authors
Okta Wandari , Chairul Amriyah , Antomi SaregarDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3704Published:
2025-07-11Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Membaca Permulaan, Media Pembelajaran Roda Huruf Berputar SD/MI, Problem Based Learning.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan membaca termasuk keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa sejak awal masa sekolah, khususnya pada jenjang kelas rendah seperti kelas 1 SD/MI. Namun, karna tidak cukup menarik masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca akibat kurangnya media pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan adanya faktor-faktor yang mengahambat kesulitan membaca peserta didik seperti lingkungan keluarga dan sekitarnya. Peneliti ini memiliki tujuan guna mengembangkan media pembelajaran berbasis masalah menggunakan roda huruf berputtar untuk melatih keterampilan membaca awal. Metode yang digunakan berupa Research And Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang dibatasi 7 langkah dari 10 langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi. Analisis data dilakukan melalui penilaian validassi oleh ahli media dan ahli materi, serta penilaian respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: hasil validasi roda huruf berputar berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan memperoleh skor sebesar 91% dari ahli media dan 94% dari ahli materi, sementara penilaian respon pendidik 94% dari guru dan 98% dari peserta didik dengan masing-masing termasuk kriteria sanga baik. Hasil ini memperlihatkan bahwa media roda huruf berputar berbasis PBL yang dikembangkan memiliki tingkat validitas tinggi dan sangat baik diimplementasikan dalam proses belajar mengajar bahasa indonesia.
References
Abell, S. K., & Lederman, N. G. (2013). Handbook of Research on Science Education. Handbook of Research on Science Education, 2(1), 1–1330. https://doi.org/10.4324/9780203824696
Agustin, Z., Asri, D. N., & Retno, R. S. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Roda Pintar Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 5, 860–865.
Ahyah, U., & Efendi, E. (2024). Pengembangan Media Roda Berputar Pada PembelajaranTematik Pada Pesertadidik Madrasah Ibtidaiyah. 1, 60–73.
Akyol, H., & Boyaci-Altinay, Y. (2019). Reading difficulty and its remediation: A case study. European Journal of Educational Research, 8(4), 1269–1286. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1269
Atiya Farhah. (2022). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas 1a Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1270–1278. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.363
Carnine, Linda, and Douglas Carnine. “The Interaction of Reading Skills and Science Content Knowledge When Teaching Struggling Secondary Students.” Reading and Writing Quarterly 20, no. 2 (2004): 203–18. https://doi.org/10.1080/10573560490264134.
Dewi, S., Ramadhani, A. R., Guru, P., & Dasar, S. (2025). Pengembangan Media Ropuca untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar.
Gustiani, S. (2019). Research and Development (R&D) Method as a Model Design in Educational Research and Its Alternatives. Holistics Journal, 11(2), 12–22. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/1849
Hidayah, N. (2019). “Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi” Garudhawaca. 8 Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas, A., TASIKMALAYA
Kesson, Hugh (2020). “Reading Digital Texts: Obstacles to Using Digital Resources.” English Teaching 19, no. 2 (2020): 155–68.
Lena, M, S., Netriwati., Aini, N, R., (2019). Metode Penelitian. CV IRDH. 97-104
Mahardhika, R., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. (2023). Pengaruh Media ROCA (Roda Baca) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Muslimat NU 2 Hasyim Asyari 2 Kabupaten Malang. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95. https://doi.org/10.17977/um053v5i2p95-108
Mahardhika, R., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. (2023). Pengaruh Media ROCA (Roda Baca) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Muslimat NU 2 Hasyim Asyari 2 Kabupaten Malang. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 95.
Mai S.L., Netriwati, & Nur R.A. (2029). “Metode Penelitian.: CV IRDH.
Masyithah, A., Hakim, L., & Aryaningrum, K. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Rangsa Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 24–39. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1465
Materi, K., & Visual, K. (2025). Tabel Indikator Media Pembelajaran Roda Huruf Berputar Berbasis PBL Tabel Indikator Media Pembelajaran Roda Huruf Berputar Berbasis PBL. 1–8.
Melina, H., Muhtarom, & Atika, N. (2023). Pengembangan Media Roda Pintar Untuk Mengembangkan Kosa Kata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Perwanida 4 Jakabaring. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5658–5668. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APengembangan
Nur`aini, P. C., Waheda, I., & Nurhalisa, M. (2024). Problematika Kesulitan Membaca pada Anak Kelas Rendah: Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca. IMEIJ Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1249–1257. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/855%0Ahttps://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/download/855/510
Nurinsana, S., Djafar, H., & Rosdiana. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan Peserta Didik Kelas I SDN 8 Oheo Kab. Konawe Utara. Primer Edukasi Journal, 3(02), 49–61. https://doi.org/10.56406/jpe.v3i02.375
Nurrona, A., Wibowo, F. P., Monika, R., Nikmah, S., Belajar, K., & Huruf, M. (2025). Analisis Kesulitan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK SM. 46–50.
Nurul Hidayah, dan Diyah Rizki Nur Khalifah. (2019). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Dasar. 99
Pape, K., Bjørngaard, J. H., Westin, S., Holmen, T. L., & Krokstad, S. (2011). Reading and writing difficulties in adolescence and later risk of welfare dependence. A ten year follow-up, the HUNT Study, Norway. BMC Public Health, 11. https://doi.org/10.1186/1471-2458-11-718
Pape, Kristine, Johan H. Bjørngaard, Steinar Westin, Turid L. Holmen, and Steinar Krokstad. “Reading and Writing Difficulties in Adolescence and Later Risk of Welfare Dependence. A Ten Year Follow-up, the HUNT Study, Norway.” BMC Public Health 11 (2011). https://doi.org/10.1186/1471-2458-11-718.
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 432–439. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054
Purwaaktari, E. (2015). Pengaruh model. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111.
Putri, E., Gusteti, M., & Azmi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PBL Terintegrasi Karakter Percaya Diri untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika SMA, Universitas Adzkia (Pengembangan Me. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(November), 170–177.
Putri, M., Nurlela, F., Tisna, A. P., Nichla, S., & Attalina, C. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Membedakan Huruf Melalui Media Roda Putar Suku Kata Pada Siswa Kelas 2 SD. 1(2019), 1–3.
Rahman, S. A., Banjarmasin, U. I. N. A., Ramli, M., & Banjarmasin, U. I. N. A. (2024). INFINITUM: Journal of Education and Social Humaniora Model Pembelajaran: Problem Based Learning & Project Based Learning. 1(1), 62–81.
Rahmatunnisa, S., Mutjaba, I., Suciati, A., & Rufaidah, R. (2022). Pengembangan Media Roda Putar Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Calistung (Membaca, Menulis dan Berhitung) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), 1–11. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Rina Yuliana, H. O. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Roda Baca Pintar Pada Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 213–225. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8107
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam Pendidikan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Shin, J. (2015). Vowels and consonants. The Handbook of Korean Linguistics, 3–21. https://doi.org/10.1002/9781118371008.ch1
Simbolon, R. (2019). Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(2), 66–71. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1448
Sintia Sri Rahayu, S., Rakhmat, C., & Zahara Nurani, R. (2024). Esensi Pendidikan Inspiratif. Juni, 6(2), 343. https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index
So, H. J., & Kim, B. (2009). Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25(1), 101–116. https://doi.org/10.14742/ajet.1183
Stefani, S. T., & Haryudo, S. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 193–200. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n2.p193-200
Suyono, L. M., Mutjtaba, I., & Damayanti, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Anak Usia 3 – 4 Tahun melalui Media Flash Card Huruf. 58, 1450–1457.
Syahputri, N., Hasanah, W., Rut Cahaya Sitanggang, P., & Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Matematika, P. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa SMK. Journal on Education, 06(04), 20299–20306.
Torppa, A. (2020). This is a self-archived version of an original article. This version may differ from the original in pagination and typographic details. Copyright: Rights: Rights url: (Vol. 40).
Torppa, A. (2020). This is a self-archived version of an original article. This version may differ from the original in pagination and typographic details. Copyright: Rights: Rights url: (Vol. 40).
Trimurti, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Bergambar Sebagai Media Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V SDN 2 PRAYA: Penelitian Pengembangan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5571–5579.
License
Copyright (c) 2025 Okta Wandari, Chairul Amriyah, Antomi Saregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.