The Role of Digital-Based Learning Media in Learning at SDN Maliwuko
Authors
Shelvy Ferawati RuruaDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3784Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Digital, media, pembelajaran.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pemanfaatan teknologi sebagai alat bantu dan pendukung dalam proses pembelajaran dikenal dengan pembelajaran berbasis teknologi. Pemanfaatan teknologi di dalam kelas memiliki manfaat, yaitu dalam hal membantu dan mendukung siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi sumber belajar digital dalam pendidikan di SD Negeri Maliwuko. Data dianalisis secara dinamis. Kegiatan pemgumpulan data dapat dilakukan kembali ke tahap awal apabila data yang dibutuhkan masih kurang. Hasil penelitian diperoleh bahawa komptensi guru dalam pembuatan media berbasis teknologi pada kelas 4,5, dan 6 sudah berjalan dengan baik, namun pada kelas 1,2,3 belum berjalan. Media pembelajaran berbasis teknologi memiliki relevansi dengan kebutuhan siswa dikelas. Media berbasis teknologi sangat berperan penting dalam pembelajaran. Guru memainkan peran yang lebih besar dalam menggunakan sumber belajar berbasis teknologi. Kesimpulannya bahwa peran media pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran di SDN Maliwuko sebagian sudah berjalan dengan baik.
References
Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., SY, N., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis of online learning media on PJOK learning outcomes. Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 64-69. https://doi.org/10.47668/jrrei.v1i2.799
Adi, W. A., Relmasita, S. C., & Hardini, A. T. (2020). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran matematika materi bangun datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 81-87. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24778
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan media audiovisual Powtoon pada pembelajaran Matematika untuk siswa sekolah dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40-50. https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084
Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran di sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 1(1). https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/61
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 61-71.
Astuti, S. (2016). Penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian di sd laboratorium uksw. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 117-126. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p117-126
Awwalina, L. S., & Nugraha, M. S. (2023). Peran Guru PAI Dalam Proses Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Yang Mendukung Pembelajaran Aktif Dan Kreatif. Dirasa Islamiyya: Journal of Islamic Studies, 2(2), 112-126. 10.61630/dijis.v2i2.35
Basori, M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) sekolah dasar kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2). https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.211
Charissudin, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan animasi menggunakan aplikasi swishmax. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 10-19. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161-174. https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi pendidikan nasional, 2(1), 93-97. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084
Hasan, H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(2). https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7538
Holzberger, D., Philipp, A., & Kunter, M. (2013). How teachers’ self-efficacy is related to instructional quality: A longitudinal analysis. Journal of educational psychology, 105(3), 774. https://psycnet.apa.org/record/2013-14683-001
Kamsina, K. (2020). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Ilmu Teknologi Dan Masyarakat. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2). 10.24235/edueksos.v9i2.7103
Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019, July). Pendidikan berbasis teknologi (permasalahan dan tantangan). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Lestari, T. A., Jamaluddin, J., & Pahmi, S. (2023). Identifikasi Penggunaan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar di SMA Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2071-2077. 10.29303/jipp.v8i4.1640
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Namora, D., Amril, M., & Tambak, S. (2023). Kompetensi Kepribadian Berbasis Makarim Al-Syari’ah serta Implikasinya pada Profesionalisme Guru Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 295-316. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27-44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadits Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210. 10.33511/misykat.v3i1.52
Nuryovi, N., Wiharna, O., & Sriyono, S. (2018). Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru. Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin), 4(2), 219-224. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9636
Rahman, A. Z., Hidayat, T. N., & Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Semnasteknomedia online, 5(1), 4-6.
Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Authar, N., Basuki, E. P., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Pembelajaran online Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar SDN Curahsawo 3 Kabupaten Probolinggo. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(2), 353-358. https://doi.org/10.47679/ib.2022229
Samsinar, S. (2019). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Saputra, T. F. N., & Mampouw, H. L. (2022). Pengembangan pembelajaran bermedia powtoon untuk materi sistem persamaan linier dua variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 314-328. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1203
Trianggono, M. M., Kurniawan, M. U., & Ashadi, F. (2022). Efektivitas Science Video Project-Based Learning Sebagai Stimulan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 593-610. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/546
License
Copyright (c) 2025 Shelvy Ferawati Rurua

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.