Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 1 Lingsar
Authors
Niswatul Hasanah , Hikmawati Hikmawati , Jannatin 'ArdhuhaDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3933Published:
2025-08-11Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Hasil belajar fisika, inkuiri terbimbing, simulasi PhETArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Lingsar, yang terdiri atas lima kelas dengan total 175 orang yang terbagi ke dalam lima kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 peserta didik yang menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media simulasi PhET dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan materi yang sama yaitu gelombang berjalan dan stasioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil menggunakan instrumen tes hasil belajar ranah kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal. Nilai rata-rata pretest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 44,3 dan 53,9, posttest hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 80,1 dan 71,7. Data hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, diperoleh bahwa data terdistribusi normal dan homogen, kemudian dilanjut dengan uji hipotesis menggunakan uji independent samples test dengan kriteria . Diperoleh nilai sebesar 5,712 dan sebesar 1,997 artinya . Berdasarkan hal tersebut, maka ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media simulasi PhET terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMAN 1 Lingsar.
References
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 17-24.
Akbar, M. A., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2020). Pengaruh Model Inkuiri terbimbing Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 1 Pringgarata Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 105-111.
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Effect Of Inkuiri Terbimbing Learning Model Towards Student Learning Outcomes and Critical Thinking Ability. J. Pijar MIPA, 13(2), 94-99.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives: complete edition. Addison Wesley Longman, Inc., 2001.
Astitin, T. A., Sahidu, H., Rokhmat, J., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Anchored Instruction Berbantuan Phet Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 862-871.
Aulia, V., Sahidu, H., Gunawan, G. & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMAN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 353-358.
Hadi, D. F., Doyan, A., 'Arduha, J., & Harjono, A. (2023). The Influence of the PhET Simulation-Assisted Project-Based Learning Model on Students' Ability to Master the Elasticity Concept. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(4), 1840-1845.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74. Tersedia https://doi.org/10.1119/1.18809. Diakses pada 20 Januari 2025.
Hikmawati, H., Kosim, K., & Ayub S. (2024). Application of LMS, Google Meet, and PhET Interactive Simulations as an Effort to Develop Student Creativity and Communication Skills in Waves and Optics lectures. Journal of Science and Science Education, 5(1), 31-35.
Hosnah, W. M., Sudarti, S., & Subiki, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 9(1), 114-124.
Isnaini, M., Afgani, M. W., Haqqi, A., & Azhari, I. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377-1384.
Kawuryan, S. P., Sayuti, S. A., & Dwiningrum, S. I. A. (2021). Teach-
chers Quality and Educational Equality Achievements in Indonesia. International Journal of
Instruction, 14(2), 811-830.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan e-modul fisika sebagai bahan ajar berbasis PBL di MA muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70-80.
Muthmainnah, M., & Rokhmat, J, ‘Ardhuha, J (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 40-47.
Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 755-760.
Pramesti, O. B., Supeno, S., & Astutik, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan komunikasi ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 21-30.
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi pilar pendidikanUNESCO. Asatiza:Jurnal Pendidikan, 2(1), 64-76.
Rahmaniati, R. (2024). Model–Model Pembelajaran Inovatif. Uwais Inspirasi Indonesia.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 5(1), 10-14.
Rokhmat, J., & Sari, Y. (2022). The Influence Of Causalitic-Learning Model On Problem-Solving Ability In Terms Of Students’ Mastery Of Physics Concepts. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 2165, No. 1, P. 012051), 2-3.
Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 995-1000.
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. Ndrumi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27-36.
Subiki, S., Hamidy, A. N., Istighfarini, E. T., Suharsono, F. Y. H., & Putri, S. F. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Plus Sukowono Materi Usaha dan Energi Tahun Pelajaran 2021/2022. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(2), 200-204.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Taufik, M., Susilawati, S., ‘Ardhuha, J, Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Phet Pada Siswa Sman 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6(4), 323-327.
Trisnawati, T., ‘Ardhuha, J., Verawati, N. N. S. P., & Hikmawati, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2597-2607.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Prasyarat Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327-1333.
Yudiafarani, F., Susilawati, S., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2022). Kelayakan Perangkat Pembelajaran Momentum dan Impuls dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.
License
Copyright (c) 2025 Niswatul Hasanah, Hikmawati Hikmawati, Jannatin 'Ardhuha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.