Media Pembelajaraan Berbasis PhET Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK
Authors
Asri Ratnasari , Kamin Sumardi , Ega Taqwali BermanDOI:
10.29303/jipp.v8i1b.993Published:
2023-04-28Issue:
Vol. 8 No. 1b (2023): AprilKeywords:
dasar kelistrikan, video pembelajaran, PhET simulasiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian peserta didik dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran berbasis PhET simulasi dan mengetahui pengaruh hasil belajar dengan menggunakan media video tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan design based research. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahapan yaitu identifikasi masalah, pembuatan/pengembangan produk, uji coba, refleksi dan implementasi. Uji coba dilakukan di kelas X-TPTU C pada mata pelajaran dasar teknik pendingin dan tata udara SMK Negeri 1 Cimahi. Jumlah sampel sebanyak 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ujicoba dan validasi media video pembelajaran berbasis PhET simulasi telah memenuhi syarat dan kelayakan yang ideal. Kelayakan pada aspek media sebesar 88% dan kelayakan dari aspek materi sebesar 93%. Media video pembelajaran berbasis PhET simulasi mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik. Hasil uji coba media tersebut sebanyak 86,7% peserta didik menyatakan suka dan bermanfaat dalam pembelajaran. Media video pembelajaran berbasis PhET simulasi juga terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan kenaikan nilai rata-rata. Kenaikan hasil belajar peserta didik mencapai 38% setelah menggunakan Media video pembelajaran berbasis PhET simulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang laing berpengaruh antara penggunaan media video dengan hasil belajar peserta didik. Penggunaan media video pembelajaran berbasis PhET simulasi dapat digunakan sebagai media alternatif dalam membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik.
References
Alifiyanti, I. F., & Ishafit, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas di MAN 3 Ngawi. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika, 392-400.
Alrasyid, M. A., Haryono, H., & Prihatin, T. (2021). Penggunaan Video Berbasis Camtasia pada Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Renang di SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3072-3078. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.903
Anggriani, S. P., Jufri, A. W., Syukur, A., & Setiadi, D. (2022). Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 123-129. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.430
Anisa, V. M, and Astriani, D. (2022). Implementation of Phet Simulation With Discovery Learning Model To Improve Understanding of Dynamic Electricity Concepts. J. Pijar MIPA, 17(3), 292-301. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i3.3438
Arnold, R. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 6(3), 145-150.
Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students' Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409-424.
Bahtiar, B., Ibrahim, I., & Maimun, M. (2022). Analysis of Students' Scientific Literacy Skill in terms of Gender Using Science Teaching Materials Discovery Model Assisted by PhET Simulation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 371-386. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37279
Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2018). Analisis Gaya Belajar Peserta didik untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2), 65-74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 9(3), 639-645.
Descarian, R. I., Rohendi, D., & Sukrawan, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Animasi Diffusion Coating untuk Pembelajaran Teknik Pelapisan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 99-104. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18249
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Fikri, M., Erizon, N., Mulyadi, R., & Sari, D. Y. (2021). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin Peserta didik Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(3), 50-57. https://doi.org/10.24036/vomek.v3i3.208
Gafarov, G. (2019). Physical subject modern training method in vocational education: PhET simulation platform. Azerbaijan Journal of Educational Studies, 687,117-125. http://dx.doi.org/10.29228/edu.13
Gazali, Z., & Nahdatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Materi Biologi Sel untuk Peserta didik SMA/MA Kelas XI IPA. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 236-238. http://dx.doi.org/10.36312/jupe.v4i5.867
Hermawan, M. A. (2021). Analisis Respon Peserta didik terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138-142. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067
Isral, I., Syahrul, S., & Syahri, B. (2019). Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Diklat Teknik Bubut Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Padang. Jurnal Vokasi Mekanika, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.24036/vomek.v1i1.18
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi, Y. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMK. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65-72. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140
Leman, D., & Lubis, C. P. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Camtasia dan Audacity. J-Pemas-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 20-28.
Nurahman, A., Widodo, Ishafit, & Saulon, B. O. (2018). The Development of Worksheet Based on Guided Discovery Learning Method Helped by PhET Simulations Interactive Media in Newton's Laws of Motion to Improve Learning Outcomes and Interest of Vocational Education 10th Grade Students. Indonesian Review of Physics, 1(2), 37-41. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.776
Perkins, K. (2020). Transforming STEM learning at scale: PhET interactive simulations. Childhood Education, 96(4), 42-49.
Price, A., Wieman, C., & Perkins, K. (2019). Teaching with simulations. The Science Teacher, 86(7), 46-52. https://www.jstor.org/stable/26899147
Rachmawati, D., & Russanti, I (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Peserta didik SMK Tata Busana. Jurnal Tata Busana, 9(3), 80-89. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p80-89
Rahmi, E., & Cerya, E. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SMK Bisnis Manajemen Kabupaten Agam Melalui Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 314-320.
Raihanah, S., Susiowati, E., & Salam, A. (2019). Increasing student's activity and learning outcome used guided discovery model asisted by PhET. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 123-133. https://doi.org/10.2057/bipf.v7i2.6406
Reeves, T. (2006). Design research from a technology perspective. In J. V. D. Akker, K. Gravemeijer, S. McKenney& N. Nieveen (Eds.), Educational design research (pp. 52–66). New York: Routledg
Rohmah, H. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2021). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Stem pada Materi Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 117-123. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.7900
Salame, I. I., & Makki, J. (2021). Examining the use of PhEt simulations on students’ attitudes and learning in general chemistry II. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 17(4), e2247. https://doi.org/10.21601/ijese/10966
Tuyboevna, K. S. (2021). About the use of interactive method and PhETt electronic resource in educational process. Middle European Scientific Bulletin, 8, 164. https://doi.org/10.47494/mesb.2021.2.164
Usman, S. D., & Husnan, R. (2020). Efectivitas Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 6(2), 59-65. https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v6i2%20DES.22013
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039-1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yunzal Jr, A. N., & Casinillo, L. F. (2020). Effect of physics education technology (PhET) simulations: evidence from stem students’ performance. Journal of Education Research and Evaluation, 4(3), 221-226. https://doi.org/10.23887/jere.v4i3.27450
Zulhelmi, Z., Adlim, A., & Mahidin, M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 72-80. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
License
Copyright (c) 2023 Asri Ratnasari, Kamin Sumardi, Ega Taqwali Berman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.