Pembelajaran Model Blended Berbantuan Simulasi Virtual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika
Penulis
Widya Anggreni , Ahmad Harjono , Muh. Makhrus , Ni Nyoman Sri Putu VerawatiDOI:
10.29303/jipp.v7i4b.1038Diterbitkan:
2022-12-20Terbitan:
Vol 7 No 4b (2022): DesemberKata Kunci:
Elastisitas dan Hukum Hooke Model Blended Berbantuan Simulasi Virtual, Pemahaman Konsep Peserta Didik, Pengembangan Perangkat Pembelajaran.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model blended berbantuan simulasi virtual yang valid, praktis dan efektif. Produk yang dihasilkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Instrumen Tes dan Media Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D) model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan uji coba terbatas terhadap model pembelajaran yang dikembangkan dan instrumen penelitian. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli dan validasi praktisi menunjukkan hasil perangkat pembelajaran pembelajaran yang dikembangkan dalam kategori sangat valid dan reliabel. Kepraktisan perangkat pembelajaran didapatkan dari angket respon peserta didik dan guru, memiliki skor rata-rata 91,37% yang termasuk dalam kategori sangat praktis untuk angket respon peserta didik dan 93,18% untuk angket respon guru. Hasil uji coba berupa efektifitas perangkat pembelajaran bagi peserta didik didapatkan hasil rata-rata uji N-Gain untuk pemahaman konsep sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori sedamg untuk efektifitas. Berdasarkan hal ini, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model blended berbantuan simulasi virtual valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Referensi
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Alsina, A., Ayllon, S., & Colomer, J. (2019). Validating Narrative Reflection Assessment Rubric (NARRA) For Reflective Narratives In Higher Education. Assessment & Evaluation In Higher Education, 44(1), 155-168
Amir, M., Muris, M., & Arsyad, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika. 11(3):202213.
Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta:Bumi Aksara.
Borich, G.D. (1994). Observation Skill For Effective Teaching. New York: Macmilan Publishing Company.
Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243-255.
Fahrurrozi, M., & Mohzana, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal EduSains, 4(2), 94-103.
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), pp. 38-46.
Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagament vs Traditional Methods: A Six-Thousandstudent Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American journal of physics. 66(1), 64-74.
Harjono, A., Makhrus, M., Savalas, L & Rasmi, D. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Mendukung Kesiapan Guru Sebagai Role Model Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 2(3), 343-347.
Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika:Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 16(2), 169-179.
Hermansyah, Gunawan dan Herayanti,L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. Vol.I No. 2, 97-102.
Hermawanto, H., Kusairi, S., & Wartono, W. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep Dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia . ISSN 1693-1246.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal pendidikan matematika, vol. 9 no. 2.
Jiniarti, B.E., Harjono, A., & Makhrus, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Virtual Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pijar MIPA. Vol 14 No. 2, 25-30.
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan desain pembelajaran Tematik Integrative Alternative Berbasis Kearifan Local Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63.
Makhrus, M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA Pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15(1), 54-58.
Mandang, T., & Tulandi, D.A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended Learning Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika UNIMA. Vol I No 1.
Nurjannah, E., Syahrial, A., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Generic Sains Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 2(1), 21-25.
Perdana, A., Siswoyo, S., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, hal. 73-79.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ratumanan, T.G. & Laurens, T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Surabaya, Vol I, No.1.
Rustaman, N. (2001). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bakti Utama.
Sahidu, C., Gunawan, G., Rokhmat, J., & Rahayu, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 1-6.
Srisawasdi, N & Siripon, K.(2014). Supporting Student’s Conceptual Development Of Light Refraction By Simulation Based Open Inquiry With Dual-Situated Learning Model. Jurnal Computer Education. Springer. 1(1); 49-79.
Sudiarman, S., Soegimin, W. W., & Susantini, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Meningkatkan Hasil Belajar Pada Topic Suhu Dan Perubahannya. JPPS (Jurnal penelitian pendidikan sains), 4(2), 658-671.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Suhandi, A., Sinaga, P., Karniawati, I & Suhendi, E. (2008). Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Meminimalkan Miskonsepsi. Laporan Penelitian Hibah Kompetitif UPI. Bandung. FMIPA UPI;1-13.
Susanto. (2017). Pengembangan KTSP Dengan Perspektif Manajemen Visi. Mata Pena.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development For Training Teacher Of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Throne, K. (2003). How to integrate online and traditional learning. London: kogan page.
Trianto.(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovativ-Progresif: Konsep Landasan pan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Utami, I. S. (2017). Pengujian Validitas Model Blended Learning Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 2(1), 1-10.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Wati, M., Misbah, M., & Lestari, P. A. (2016). The Validity Of Physics Module Class X Accompanied Peer Assessment Peer In Topic Circular Motion. The 4st International Conference On Educational Research And Innovation, 203-206.
Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blended Learning Berbasis Learning Management System Pada Materi Listrik Dinamis, Jurnal Ilmuah Pendidikan Fisika, 6(1), 1-12.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Jurnal Of Science And Mathematics Education, vol. 2, no. 3, hal 399-408
Yusuf, I., & Subaer, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Laboratorium Virtual Pada Materi Dualism Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 189-194.