Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif, Motorik Halus dan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji
Penulis
Gea Fawita Akbar , I Wayan Karta , I Made Suwasa AstawaDOI:
10.29303/jipp.v7i4b.1042Diterbitkan:
2022-12-20Terbitan:
Vol 7 No 4b (2022): DesemberKata Kunci:
Kognitif, Motorik Halus, Puzzle, Sosial Emosional.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan anak usia dini dilakukan untuk pembinaan kepada anak dengan memberikan rangsangan pendidikan sejak awal untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan dan pekembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji, sampel yang digunakan berjumlah 34 anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu eksperimen dengan bentuk group pretest–posttest design. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji t-test dengan taraf signifikan 5%. Adapun hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan data pre-test dan post-test terhadap perkembagan kognitif, motorik halus dan sosial emosional. Nilai t pada perkembagan kognitif thitung sebesar 32,171, motorik halus thitung sebesar 19,933 dan sosial emosional thitung sebesar 20,613 sedangkan ttabel dengan nilai df 33 yaitu sebesar 2,042. Dengan demikian nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji.
Referensi
Anggraini, Wika., Muhammad Nasirun., & Yulidesni (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31-39.
Bahridah, Puspita (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 17.
Damayanti, Anita., & Huurul, Aini (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 68-69.
Duhuto, Dewanti., & Kasidi (20205). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emoional Anak Usia Dini Dengan Media Puzzle Gerakan Sholat di Kelompok B2 Raudhatul Athfal Almourky Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(2), 2-3.
Fahruddin & Zulfakar (2018). Culturally Responsive Teaching Practice In Early Childhood International Jurnal of Recent Scientifict Research. Vol.9, Issue 9(E), PP 28941-2895.
Fatmawati, Fitri Ayu (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gresik Jawa Barat: Caremedia Communication.
Gesang, Eca (2021). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Al-Hidayah. Indonesian Journal of Golden Age Education, 2(1), 67.
Gita, Dinda Yuswara., & Surtikanti, S. H. (2017). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Manyaran Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Halimah (2021). Penggunaan Alat Edukatif untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora, 3(2), 126.
Ibda, Fatima (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektual, 3(1), 37.
Karta, I. W., Ika Rachmayani, & Baik Nila Astini (2022). Pembelajaran menggunakan sastra tradisional untuk meningkatkan kemampuan sosial-emosional anak kelompok b di tk kreativa. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(1), 1-7.
Kartila, N., I Wayan Karta., Ika Rachmayani., & Muazzar Habibi (2022). Pengasuhan Single Parent dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 3(1), 403-408.
Kementerian Pendidikan Nasional 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Indonesia.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
Maghfuroh, Lilis (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55.
Mailisa, Rani (2022). Peran Keluarga dalam Mengembangkan Sosial-Emosional Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Sungai Beringin Kecamatan Tembilahan (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan).
Manurung, Ayu Astuti., & Jasper, Simanjuntak (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia Batang Kuis Kecamatan Percut Sei Tuan Kota Medan T.A 2018/2019. Jurnal Anak Usia Dini, 5(2), 3-4.
Mardiana, L., I Wayan Karta., & I Nyoman Suarta (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Mikro Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Dusun Aikprapa Kecamatan Aikmel Tahun 2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(2), 39-43.
Mayar, Farida (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 459-464.
Muloke, I. C., Amatus, Y. I., & Yolanda, B. (2017). Pengaruh alat permainan edukatif (puzzle) terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di desa linawan kecamatan pinolosian kabupaten bolaang mongondow selatan. Jurnal Keperawatan, 5(1).
Mulyaningsih., & Palangngan (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29-40.
Nabila, Hana (2021). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik halus Anak Usia Prasekolah (Doctoral dissertation, Universitas dr. Soebandi).
Ndari, Susianty Selaras dkk. (2018). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher.
Nurbaizura, S., I Wayan Karta., & I Nyoman Suarta (2022). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kognitif, Bahasa Dan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Di Dusun Montong Belae Kecamatan Keruak Tahun 2020-2021). Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(2), 56-60.
Panzilion., Padila., Gita Tria., Muhamad Amin., & Juli Andri (2020). Perkembangan Motorik Prasekolah antara Intervensi Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519.
Pebriana, Putri Hana (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11.
Permata, Rista Dwi (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 4.
Putri, M., Baik Nila Astini., I Wayan Karta., & I Nyoman Suarta (2021). Pengembangan Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Kognitif, Bahasa dan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(4), 367-372.
Rahayu, Dwi Istati (2018). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, Mataram: Penerbit FKIP Universitas Mataram.
Rahmawati, Iven (2020). Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).
Sa’adah (2018). Upaya meningkatkan pengenalan geometri dengan permainan puzzle bervariasi pada kelompok b tk bustanul athfal aisyiyah tahun 2017/2018.
Sonia, ghina (2021). Identifikasi penggunaan alat permainan edukatif dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di tk se-kecamatan labuhan haji tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Susanto, Ahmad (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Wulandari, Dwi., Nelvia, N., & Saputra, D. (2018). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Kemampuan Beradaptasi Sosial Siswa Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan Silampari, 1(2), 93-107.
Wulandari, Mefi., Ali Akbarjono., & Adi Saputra. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak 5-6 Tahun di PAUD Harapan Ananda Kota Bengkulu. Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 28-34.
Yuniati, Erni (2018). Puzzle Mempengaruhi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di TK At Taqwa Mekarsari Cimahi. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, 11(1), 37.