Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Literasi dan Numerasi di SDN 1 Selebung
Penulis
Nunung Oktafiani , A. Hari Witono , Ida ErmianaDOI:
10.29303/jipp.v7i4b.1049Diterbitkan:
2022-12-08Terbitan:
Vol 7 No 4b (2022): DesemberKata Kunci:
Kesiapan Guru, Literasi, NumerasiArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kesiapan guru terhadap proses belajar mengajar merupakan hal mendasar yang dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik. Kemampuan tersebut diantaranya kemampuan literasi dan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam melaksanakan Literasi dan Numerasi pada program Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN 1 Selebung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran pada komponen modul literasi dan numerasi terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan utama yaitu menginovasi cara mengajar serta meningkatkan level kemampuan literasi dan numerasi. Peningkatan level kemampuan literasi siswa pada level pemula ditunjukkan dengan adanya peningkatan ke level huruf, berdasarkan data awal terdapat 45 siswa kemudian berkurang menjadi 26 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 42% dari siswa mengalami peningkatan. Sedangkan kelompok belajar numerasi pada level 4 mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan bilangan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru dalam melaksanakan program literasi dan numerasi di SDN 1 Selebung cukup baik sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.
Referensi
Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM ) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. In Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan MATEMATIKA (hal. 129–134). Diambil dari http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5582/1262
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Hina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103. Diambil dari http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2541/1798
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–18. Diambil dari https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520
Ermiana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04(6), 895–105. Diambil dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/9101/2857
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-numerasi.pdf
Hartika, L., Asrin, A., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 1001–1010. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.660
Husniati, Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Makki, M. (2022). Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Inklusif Di SDN Gugus I Kopang. Journal of Elementary Education, 5(3), 438–445. Diambil dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/10672
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (hal. 640–647). Diambil dari http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282
Kemdikbudristek. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar (Vol. 1). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar. Diambil dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf
Khasanah, B. A., Sutriningsih, N., & Widianti, S. D. (2021). Pendampingan Adaptasi Teknologi Serta Pemanfatannya dalam Menanamkan Literasi dan Numerasi di SD 3T. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 209–215. https://doi.org/10.25077/logista.5.2.209-215.2021
Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Nur, A., Rosyidah, K., Oktaviyanti, I., Erfan, M., & Hamdani, I. (2021). Profil Wawasan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Numerasi Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 619–630. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.619-630
Mueller, S. M., & Brand, M. (2018). Approximate Number Processing Skills Contribute to Decision Making Under Objective Risk: Interactions With Executive Functions and Objective Numeracy. Frontiers in Psychology, 9(1), 63–76. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01202
Nurhayati, E., Sapdiani, R., Sudrajat, R. T., & Farihah, Z. L. (2019). Pengaruh Tabungan Literasi Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cimahi. DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 3(2), 76–91. Diambil dari http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1223937&val=10922&title=PENGARUH TABUNGAN LITERASI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 CIMAHI
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Diambil dari https://jdih.usu.ac.id/phocadownload/userupload/Undang-Undang/UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf
Pemerintah Republik Indonesia. (2017). Undang-Undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2017 Tentang Sistem Perbukuan. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37640/uu-no-3-tahun-2017
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Puslitjakdikbud. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Shela, V. (2020). Pelaksanaan Program Literasi Di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. SKRIPSI. UIN SUSKA RIAU. Diambil dari https://repository.uin-suska.ac.id/25242/2/SKRIPSI VONIE SHELA.pdf
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiastuti, D., Mulyadiprana, A., & Akhmad, N. (2022). Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 248–257. Diambil dari https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1606