Penggunaan Platform online Pada Pembelajaran Tatap Muka 100% di SMP Negeri Se-Kota Tanjungpinang
Penulis
Dios Sarkity , Yudi PratamaDOI:
10.29303/jipp.v8i1b.1157Diterbitkan:
2023-04-28Terbitan:
Vol 8 No 1b (2023): AprilKata Kunci:
pembelajaran tatap muka 100%, platform online, sekolah menengah pertama, TanjungpinangArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Platform online mulai banyak digunakan pada masa pandemi COVID-19 saat melaksanakan pembelajaran virtual. Seiring dengan penurunan jumlah kasus positif dan kasus konfirmasi harian, pelaksanaan pembelajaran berubah dari pembelajaran virtual menjadi pembelajaran tatap muka 100%. Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan platform online pada pembelajaran tatap muka 100% di SMP Negeri se-Kota tanjungpinang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan bentuk survei. Responden dalam penelitian berjumlah 134 responden yang merupakan guru dari SMP Negeri se-Kota Tanjungpinang. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian merupakan kuesioner. Hasil penelitian dipaparkan dengan menyajikan persentase respon yang diberikan responden pada setiap pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan persentase responden yang menggunakan platform online pada pembelajaran tatap muka 100%. Pola penggunaan platform online pada pembelajaran tatap muka 100% tetap sama dengan pembelajaran virtual, yaitu didominasi dengan penggunaan WhatsApp baik untuk membagikan materi maupun memberikan tugas/latihan/kuis/ujian. Meskipun pola penggunaannya sama tetapi terdapat perbedaan pada frekuensi penggunaan platform online maupun jumlah pengguna platform online.
Referensi
Annur, M. F. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11, 195–201.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Bacher-Hicks, A., Goodman, J., & Mulhern, C. (2021). Inequality in household adaptation to schooling shocks: Covid-induced online learning engagement in real time. Journal of Public Economics, 193, 104345. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2020.104345
Chang, R., Wang, H., Zhang, S., Wang, Z., Dong, Y., Tsamlag, L., Yu, X., Xu, C., Yu, Y., Long, R., Liu, N. N., Chu, Q., Wang, Y., Xu, G., Shen, T., Wang, S., Deng, X., Huang, J., Zhang, X., … Cai, Y. (2020). Phase- and epidemic region-adjusted estimation of the number of coronavirus disease 2019 cases in China. Frontiers of Medicine, 14(2), 199–209. https://doi.org/10.1007/s11684-020-0768-7
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160. https://doi.org/10.23750/abm.v91i1.9397
Kemdikbudistek. (2021). Surat Edaran Penyelanggaran Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022. 1–3.
Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An Effective Blended Online Teaching and Learning Strategy during the COVID-19 Pandemic. Education for Chemical Engineers, 35(May 2020), 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012
Lloyd-Sherlock, P. G., Kalache, A., McKee, M., Derbyshire, J., Geffen, L., Casas, F. G. O., & Gutierrez, L. M. (2020). WHO must prioritise the needs of older people in its response to the covid-19 pandemic. The BMJ, 368(March), 2020. https://doi.org/10.1136/bmj.m1164
Mendikbud. (2020a). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. 1–3. http://www.kemdikbud.go.id
Mendikbud. (2020b). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2. https://www.kemdikbud.go.id
Mendikbudristek. (2022). SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 7 TAHUN 2022 TENTANG DISKRESI PELAKSANAAN KEPUTUSAN BERSAMA 4 (EMPAT) MENTERI TENTANG PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI CORONAVIRUS DISEASE 2199 (COVID-19).
Panama, N. (2022). Kasus aktif COVID-19 Tanjungpinang tertinggi di Kepri. Antaranews.Com. https://kepri.antaranews.com/berita/124865/kasus-aktif-covid-19-tanjungpinang-tertinggi-di-kepri
Phan, T. (2020). Novel coronavirus: From discovery to clinical diagnostics. Infection, Genetics and Evolution, 79(January), 104211. https://doi.org/10.1016/j.meegid.2020.104211
Sarkity, D., & Fernando, A. (2021). Pengalaman Praktik Mengajar Calon Guru Biologi di Masa Pandemi COVID-19. 6(2), 133–151. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.2772
Sarkity, D., Putri, A. N., & Fernando, A. (2021). Profil Pemanfaatan Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMAN 1 Bintan Timur. 6(6), 380–390. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.231
Sathishkumar, V., Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective Want more papers like this? E-Learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088–1099.
Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005
suarabatam.id. (2022). Kasus Covid-19 di Tanjungpinang Paling Tinggi di Kepri: 48 Orang Terpapar. Suara.Batam.Com. https://batam.suara.com/read/2022/08/16/155950/kasus-covid-19-di-tanjungpinang-paling-tinggi-di-kepri-48-orang-terpapar
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Wang, H., Wang, Z., Dong, Y., Chang, R., Xu, C., Yu, X., Zhang, S., Tsamlag, L., Shang, M., Huang, J., Wang, Y., Xu, G., Shen, T., Zhang, X., & Cai, Y. (2020). Phase-adjusted estimation of the number of Coronavirus Disease 2019 cases in Wuhan, China. Cell Discovery, 6(1), 4–11. https://doi.org/10.1038/s41421-020-0148-0
Widyawati. (2022). Kasus Aktif COVID-19 Terus Turun Diikuti Penurunan Kasus Konfirmasi Harian. Kemenkes.Go.Id. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220310/4139508/kasus-aktif-covid-19-terus-turun-diikuti-penurunan-kasus-konfirmasi-harian/
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.
Zhu, G., Su, X., Du, J., Chen, Q., Xiong, B., & Chiang, F. K. (2020). A quasi-experimental study on the influence of different media scaffolds toward physics problem-solving processes. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1815222
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dios Sarkity, Yudi Pratama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.