Manajemen Pembinaan Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Lombok Timur
Penulis
Lalu Irjanawadi , M. Zaki , S. Ali Jadid Al Idrus , Ulyan NasriDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1166Diterbitkan:
2023-02-01Terbitan:
Vol 8 No 1 (2023): FebruariKata Kunci:
Manajemen, Pembinaan Ekstrakurikuler, Pondok PesantrenArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah merupakan salah satu program unggulan pesantren tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan dalam pembinaan ekstrakulikuler di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah Desa Sakra Selatan Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif dengan teknik observasi partisifasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Pertama, Perencanaan pembinaan ekstrakulikuler pesantren di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah dimulai dari rapat pimpinan dengan pengurus serta majlis guru Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah. Kedua, Bentuk pengorganisasian dalam pembinaan ekstrakurikuler Pesantren di Pondok Pesantren Irsyadul Mujahidin NW Teliah yaitu membentuk struktur organisasi ekstrakurikuler, uraian pekerjaan dan mekanisme pembagian kerja antar Pembina. Kemudian proses organisasi yaitu merinci pekerjaan-pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan, membagi tugas, dan menyusun mekanisme kondisi. Ketiga, Pengawasan dilaksanakan melalui rapat koordinasi bersama untuk mengetahui sejauh mana kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan. Rapat koordinasi dilaksanakan dengan para Wakil Kepala Madrasah, Guru, dan Kepala Madrasah tu untuk mendengarkan keluhan dan masalah yang terjadi selama kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler berlangsung. Solusi akan dicari bersama – sama dan disepakati seluruh peserta rapat.
Referensi
Abdurrahman, Dudung (2017). Pengantar Metode Penelitian, Cet. Ke-III, Yogyakarta: Kurnia Kalam Pustaka.
Adhim, Fauzan (2020). Arah Baru Manajemen Pondok Pesantren, Malang: Literasi Nusantara.
Adip Muhdi, Ahmad (2018). Manajemen Pendidikan Terpadu Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi, Studi Multi Situs di Ma’had Dalwa bangil dan Pondok Ngalah Purwosari Pasuruan, Malang: Literasi Nusantara.
Ahmadi, Rulam (2018). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-IV, Malang: Universitas Negeri Malang.
Al Idrus, S. Ali Jadid (2014). “Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Tinggi di Pondok Pesantren (Studi multi kasus di Pondok Pesantren Salafiah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu Lombok Tengah, dan Pondok Pesantren Darun Nahdltain Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur).” Disertasi, UIN Malang.
Ali, Suryadharma (2017). Paradigma Pesantren Memperluas Horizon Kajian dan Aksi, Cet. Ke-6, Malang: UIN Maliki Press.
Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana (2018). Manajemen Pendidikan, Cet. Ke-5, Yogyakarta: Aditya Medika.
Azwar, Saifuddin (2017). Metode Penelitian, Cet. Ke-3, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Baharun, Hasan (2017). “Manajemen strategi peningkatan mutu pendidikan Pondok Pesantren, Studi di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Tesis, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Dawam, Ainurrafiq & Ahmad Ta’arifin (2017). Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Cet. Ke-4, Jakarta: Lista Fariska Putra.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. Ke-9, Jakarta: Balai Pustaka.
Dzofir, Zamakhsyari (2019). Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Cet. Ke-IV, Jakarta: LP3ES.
Fahrurrozi (2019). Nahdlatul Wathan, Refleksi Keislaman, Kebangsaan dan Keummatan, Mataram: CV. Al-Haramain Lombok.
Faisal, Sanapiah (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Fatah, Nanang (2017). Landasan Manajemen Pendidikan, Cet. Ke-5, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fatah, Rohadi Abdul, dkk. (2017). Rekonstruksi pesantren masa depan, dari tradisional, modern hingga post modern,Cet. Ke-5, Jakarta: PT. Listafariska Putra.
Haedari, HM. Amin, dkk. (2017). Masa depan pesantren dalam tantangan modernitas dan tantangan kompleksitas global, Cet. Ke-V, Jakarta: IRD Press.
Herujitu, Yayat M. (2018). Dasar-dasar Manajemen, Cet. Ke-4, Jakarta: Grasindo.
Husaini, Usman (2019). Menajemen, Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, cet. Ke-4, Jakarta: Bumi Aksara.
Ilyasin, Mukhamad & Nanik Nurhayati (2019). Manajemen Pendidikan Islam, Konstruksi Teoretis dan Praktis, Malang: Aditya Media Publishing.
Karwati, Euis (2016). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu.Bandung: Alfabeta
Kedgley, S. (2004, June 7). Greens launch Food Revolution. Retrieved from http://www.greens.org.nz/searchdocs/PR7545.html
Kurniawan, S., & Mahrus, E. (2013). Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Majid, Nurcholis (2017). Bilik-bilik pesantren, Sebuah potret perjalanan, Cet. Ke-10, Jakarta: Paramadina.
Masyhud, Sulthon & Moh. Khusnurdilo (2017). Manajemen Pondok Pesantren,Cet. Ke-4, Jakarta: Diva Pustaka.
Moleong (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif , Cet. Ke-8, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nafi’, M. Dian, dkk. (2017). Praktis Pembelajaran Pesantren, Cet. Ke-4, Yogyakarta: ITD Amherst.
Nasir, Ridlwan (2018). Mencari tipologi format pendidikan ideal, Pondok Pesantren di tengah arus perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasri, Ulyan (2014). Pemikiran Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Tentang Pendidikan Islam Perempuan dan Implementasinya di Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah di Lombok, Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Nasri, Ulyan (2018). Akar Historis Pendidikan Perempuan: Refleksi Pemikiran TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Cet. Ke-II, Yogyakarta: Deepublish.
Nasri, Ulyan (2019). Menjemput Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu, Cet. Ke-5, Yogyakarta: Semesta Ilmu.
Nasri, Ulyan (2020). Bersahabat dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu,Cet. Ke-9, Mataram: CV. Al-Haramain Lombok.
Nasution, Zulkarnain (2018). Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, Malang: Universitas Muhammadyah Malang Press.
Nata Abuddin (2020). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. Ke-10, Jakarta: Prenada Media.
Nurhadi, N. (2019). History of Islamic Law on Earth Melayu Lancang Kuning Riau-Kepri. PALAPA, 7(1), 181-201. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.202
Nurzazin, H. (2018). Dasar-dasar Manajemen Pendidikan Islam, Sejarah dan Konsep Dasar, Cet. Ke-5, Malang: Edulitera.
Pirdata, Made (2017). Manajemen Pendidikan Indonesia,Cet. Ke-III, Jakarta: Bina Aksara.
Rozikun, Ahmad & Namaduddin (2020). Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di Tingkat Menengah, Cet. Ke-IV, Jakarta: PT. Listafariska Putra.
Saebani, Beni Ahmad & Koko Komaruddin (2018). Filsafat Manajemen Pendidikan, Cet. Ke-6, Bandung: Pustaka Setia.
Sagala, Syaiful (2018). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Cet. Ke-6, Jakarta: Nimas Multima.
Saifullah, U. (2020). Manajemen Pendidikan Islam, Cet. Ke-5, Bandung: Pustaka Setia.
Sallis, Edward (2018). Total Quality Management in Education,Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Peran Strategis Pendidikan di Era Globalisasi Modern, Cet. Ke-7, Jogjakarta: IRCSiD
Shulhan, Muwahid & Soim (2017). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Cet. Ke-4, Yogyakarta: Teras.
Sugiono (2018). Metode Peneltian Manajemen, cet. Ke-8, Bandung: Alfabeta.
Sukarji & Umiarso (2017) Manajemen Dalam Pendidikan Islam, Konstruksi Teoritis dalam Menemukan Kebermaknaan Pengelolaan Pendidikan Islam, Cet. Ke-II, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Suprayogo, Imam (2018). Hubungan antara Perguruan Tinggi dengan Pesantren, Cet. Ke-9, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yukl, Gary A. (2017). Kepemimpinan dalam Organisasi, Cet. Ke-4, Jakarta: Prenhallindo.