Pengembangan LKPD Berbasis Ekosistem Mangrove Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Ekosistem di SMAN 1 Lembar
Penulis
Siti Barrotul Sakinah , Agil Al Idrus , Abdul SyukurDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1258Diterbitkan:
2023-07-23Terbitan:
Vol 8 No 3 (2023): AgustusKata Kunci:
ekosistem mangrove, lembar kerja peserta didik, pemahaman konsep, Project based learning.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik berbasis ekosistem mangrove melalui model project based learningyang dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem di SMAN 1 Lembar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA dengan jumlah siswa sebanyak 131 siswa. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X MIPA 4 sebagai sampel penelitian berjumlah 33 orang dengan menggunakan uji coba lapangan terbatas. Sebelum dilakukannya uji coba lapangan terbatas, terlebih dahulu dilakukan uji coba kelompok kecil pada siswa kelas X MIPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil temuan, validasi lembar kerja peserta didik oleh validator memiliki presentase rata-rata sebesar 79.61% dalam kategori layak. Sedangkan hasil penilaian siswa terhadap LKPD pada uji coba kelompok kecil penilaian keseluruhan sebesar 82.71% dalam kategori sangat layak dan pada uji coba lapangan terbatas penilaian keseluruhan sebesar 66.65% dalam kategori layak. Adapun perolehan nilai N-gain untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada uji coba kelompok kecil skor N-gain sebesar 0.59 dalam kategori sedang. Sedangkan pada uji coba lapangan terbatas memiliki skor N-gain sebesar 0.63 masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian, alhasil pengembangan produk lembar kerja peserta didik berbasis ekosistem mangrove melalui model project based learningdapat meningkatkan pemahaman konsep siswa SMAN 1 Lembar.
Referensi
Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5 (1): 81-86.
Chandra, I. A., G. Seca, & A.M.K. Hena (2011). Above ground Biomass Production of Rhizophora apiculate Blume in Sarawak Mangrove Forest. Agricultural and Biological Sciences.6 (4).469-474.
Dewi N. R., Yanitama A., & Listiaji P. (2021). Pengembangan Media dan Alat Peraga. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Fajriyanti Z. D., Ernawati T., & Sujatmika S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 2 (2): 150-161.
Febri, A. A., Kasrina, K., & Idrus, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Kajian Ekosistem Mangrove di Kawasan Taman Wisata Alam Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 1-7.
Haruna, M. F., Utina, R., & Dama, L. (2018). Hubungan Pengetahuan Pada Materi Ekosistem Mangrove dan Persepsi Siswa Tentang Pelestarian Mangrove Dengan Perilaku Siswa Menjaga Ekosistem Mangrove Di Kawasan Kepulauan Togean. Jurnal Pascasarjana, 3(1), 54-61.
Hasanah, N., Pratama, K. R., & Purba, A. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Multimedia Berbasis Problem Based Learning. Jakarta: Insane Cendekia Mandiri.
Husamah (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Idrus A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2019). The Diversity of Fauna In Mangrove Community: Success Replanting Of Mangroves Species In South Coastal East Lombok, Indonesia. Journal of Physic: Conference Series. 1402 (3): 033042.
Idrus, A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2018). The Perspective of Local Community's on Mangrove Resilience and Needs Conservation Along the Southern Coast of Lombok Island, Indonesia. Proceedings of ICPS: 978-989.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (2022). Kondisi Mangrove di Indonesia. Diakses pada 19 Agustus 2022.Diakses pada website kkp.go.id.
Kurniawati I. L., Setyosari, P., Dasna, I. W., & Praherdhiono, H. (2022). Problem Based Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Sains. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Kusuma, F. A., Soimin, M., & Santoso, D. (2020). Monitoring Perubahan Sebaran dan Luasan Mangrove di Teluk Lembar dan Pantai Induk Melalui Analisis Citra Landsat. Indonesian Journal of Aquaculture and Fisheries. 2 (1): 44-51.
Lorena, M., Kasrina, K., & Yani, A. P. (2019). Pengembangan LKPD Model Discovery Learning Berdasarkan Identifikasi Mangrove di TWA Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3 (1), 59-66.
Made N. Y. S., Gunawan, & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. ISSN 2407-6902. 2 (2): 73.
Mangunjaya, F. M. (2017). Pelestarian Satwa Langka Untuk Keseimbangan Ekosistem. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia.
Nusa, J. G. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education. ISSN: 2656-5862.7 (2): 211.
Rayanto, Y.H & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori Dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.
Restu, R., Berutu, N., Damanik, M. R. S., & Harefa, M. S. (2016). Model of Mangrove Ecosystem Utilization as Media and Learning Resources of Environmental Education at Senior High School. In 1st International Conference on Geography and Education (ICGE 2016) (Pp. 334-338). Atlantis Press.
Riduwan & Akdon (2015). Rumus Dan Data Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rimbun, W., Sriyati, S., & Amprasto, A. (2018). The Importance of Teaching Materials Based Local Potential Mangrove Ecosystems: Introduction Study. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia. 3. 7-11.
Rohmatin N. I. (2015). Komunitas Moluska Di Ekosistem Mangrove Pulau Lombok. Oseanologi Dan Limnologi di Indonesia. 41 (2): 121-131.
Sambu, A. H., Sribianti I., & Chadijah A. (2018). Model Pengelolaan Mangrove Berbasis Ekologi dan Ekonomi. Makassar: CV Inti Mediatama.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. ISSN: 2615-6091. 4 (1): 187.
Sardinah, S., Tursinawati, T., & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu. 13(2), 70-80.
Sengupta, R. (2010). Mangrove Soldiers of Our Coasts. Mangrove For The Future India, 20, Anand Lok, August Kranti Marg. India.
Setiono, P., Yuliantini, N., & Dadi, S. (2020). Meningkatkan Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. ISSN 2599-0691. 13 (1): 88.
Sugiyono, P. D. (2014). Populasi Dan Sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 291, 292.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: IKAPI.
Sukirno, S., Setyoko, S., & Indriaty, I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Biologi SMA Kontesktual Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 3 (2): 928-934.
Sulistyaningrum, D. E., Karyanto, P., & Widha, S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran ARIAS Untuk Memberdayakan Motivasi Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem.Jurnal Inkuiri. ISSN 22527893. 4 (1): 105.
Tri, N. A. & Puspita, D. A. (2019). Keanekaragaman Moluska Ekosistem Mangrove Pantai Cemare, Teluk Lembar Lombok Barat. BioWallacea Jurnal Ilmiah Ilmu Biologi. 5 (3): 112-118.
Zulkarnain, I., & Sari, N. A. (2014). Model Penemuan Terbimbing Dengan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Barrotul Sakinah, Agil Al Idrus, Abdul Syukur
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.