Peningkatan Keterampilan Dasar Konseling dengan Bimbingan Kelompok bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram
Penulis
A. Hari Witono , I Ketut Widiada , Mansur Hakim , Abdul Kadir Jaelani , Heri SetiawanDOI:
10.29303/jipp.v6i1.132Diterbitkan:
2021-05-05Terbitan:
Vol 6 No 1 (2021): MayKata Kunci:
Bimbingan kelompok, Keterampilan dasar konseling, Mahasiswa.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Keterampilan dasar konseling adalah modal awal bagi individu pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar konseling dengan bimbingan kelompok. Pemilihan tindakan intervensi berbasis kelompok dilakukan karena pada umumnya mahasiswa memiliki karakteristik masih sangat menyenangi untuk berinteraksi dengan kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (action research) dengan menerapkan system siklus. Tindakan dilakukan terhadap 9 orang mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram tingkat akhir, yang diambil secara acak, diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I dan Siklus II. Analisis data dilakukan dengan menggunkan model mixed analysis (perpanduan antara analisis kuantitatif dan kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh skor rata-rata adalah 28,5 (64,90%), rata-rata berada pada kategori sedang dan pada siklus II skor rata-rata adalah 32 (74,24%), berada pada kategori tinggi. Data ini menunjukkan kenaikan sebesar 9,34%. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang diajukan: “Jika bimbingan kelompok dilaksanakan dengan benar, maka keterampilan dasar konseling mahasiswa meningkat†terbukti kebenarannya. Rekomenasi hasil penelitian ini yaitu pemanfaatan dan adopsi model bimbingan kelompok agar dijakikan sebagai kebijakan oleh pihak terkait.Referensi
Amti, Erman & Prayitno (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Arikunto, Suharsimi., et al., (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Anderson, W Lorin, David R. Krathwohl, Peter W. Airasian, Kathleen A. Cruikshank, Richard E. Ma Ver, Paul R. Pintrich, .James Raths, Merlin C. … Wittrock. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision Of Bloom's. Taxonomy of Educational Objectives Abridged Edition. by Addison Wesley Longman, Inc. New York San Francisco Boston.
Bilge, Yildiz. (2017: 72-100). The effect of Group Counseling Program on Dealing with School Exhaustion of 7 th Grade Students. Journal of Education and Practice. 8 (24). ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (On line).
Carkhuff, R. R. (1917). The Skills of Helping: An Introduction to Counseling Skills. Oxford, England: Human Resource Development Press.
Heny, Purwanita, NW., N Dantes, & N M Setuti. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Yang Mengalami Kesulitan Belajar Di Kelas Vii C Smp Negeri 3 Singaraja. Jurnal Bimbingan Konseling Undiksa.
Irawan Mirza, (2017). Proceeding Seminar dan Lokakarya nasional Revitalisasi Laboratorium dan JurnalIlmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, 4-6 Agustus 2017. Malang Jawa Timur, Indonesia.
Ivey, A. E., Ivey, M. B. & Zalaquett, C. P. (2018). Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society.Belmont, A: Brooks/Cole Publishing Company.
Meiske Puluhulawa, Moh Rizki Djibran, & Mohamd Rizal Pautina (2017). Layanan Bimbingan kelompok Pengaruhnya Terhadap Self Esteem Siswa. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan danKonseling berbasis KKNI, 4-6 Agustus 2017, Malang.
McNiff, Jean and Whitehead, Jack (2011). Action Research Living Theory 2nd edition. SAGE Publication
McAlpine, M. & Hesketh, I. (2003). Multiple response questions – Allowing for chance in authentic assessment. Paper presented at the 7th International CAA Conference, Leicestershire, United Kingdom.
Muhamed Ayyyub, Bibi Jan. 30 (2011). Effect of Group Gudance Programme on Managing Transiton in Scondary School. SciVerse Science Direct. Procedia Social and Behavioral Sciences. Publihesd by Elsevier Ltd.Open acces under CC by-NC-ND License.
Nindia Harnes Prima Aidha (2014). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii D Smp Negeri 1 Ngariboyo. Jurnal BK Unesa.
Muliati, Sri (2019). Social Cognitive Theory: Bandura Thougt Review Published in 1982-2012. Journal PSIKODIMENSIA.Vol.18.No 1. Januari-Juni 2019. ISSN Cetak: 6073. DOI. 10.24167/pisidim.v18i1.1708.
Pranoto, H. Atieka N, Fajarwati, R. & Septora (2018). Layanan Bimbingan Kelmpok dengan Teknik Self-Regulation Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2 (1) 87-112).https://doi.org/10.30653/001.201821.24.Vol.2.Number 1.
Wibowo. Mungin. Eddy. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang:
Rahmawati, A. H. (2016). Peningkatan Keterampilan Konseling Konselor Sebaya Pusat Informasi dan Konseling Remaja MAN Yogyakarta. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 4 (5). p.1-12.(Online: ttp://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/1147/1021).
Rai Indrayasa, Made. (2012). Penerapan Bimbingan Kelompok Dalam Rangka Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2012/2013. Thesis (tidak diterbitkan). Jurusan BK FIP Undiksha.
Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S.., Affandi, L.H., Ermiana, I., & Khair, B.N. (2020). Analisis Kendala Guru Di SDN Gunung Gatep Kab. Lombok Tengah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif’, Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20.2 (2020), 169–83. DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4704
Stringer, Ernest T. (2018). Action Research. Fourth edition. Publisher: SAGE Publications, Inc
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmawati, I., Neviyarni., Syukur, N., & Said, A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Dinamika Kelompok Dalam Perkuliahan Pengajaran Psikologi Dan Bimbingan Konseling (PPBK). PEDAGOGI:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. XIII (2), p. 10-18. (online: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/viewFile/4276/3346).
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung
Sulis Seetyaningsih, Hary Pasyatoro, & Endang Ragil (2015). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam meningkatkan Hubungan Pertemanan Siswa Kelas VIIIC. Di SMP Negeri 4 Pacitan. Artike Skripsi,FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simki.unpkediri.ac.id.
Tanjung, Yoppy; Budi astute, & Andika Arisandi (2019: 377-388). Influence of Group Guidance with Discussion Techniques on Local learning Interest. ICMEd. International Conference on Meaningful Education. KnE Social Sciences. Volume 2019.
Winkel. Ws. (2014). Bimbingan dan Konseling di Instansi Pendidikan. Jakarta: Gramedia