Pengaruh Media Televisi Online Terhadap Kemampuan Literasi Digital Anak Usia Dini
Penulis
Ernabudiarti Ernabudiarti , Eem Dhine HesrawatiDOI:
10.29303/jipp.v8i2.1429Diterbitkan:
2023-05-30Terbitan:
Vol 8 No 2 (2023): MeiKata Kunci:
Anak Usia Dini; Media Televisi Online; Kemampuan Literasi DigitalArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Perkembangan media digital termasuk televisi sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Pengaruh media televisi terhadap Kemampuan literasi digital anak usia dini. Penelitan ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Teknik sampel menggunakan Proportional Random Sampling yaitu pengambilan sampel dilakukan secara proporsional. Sampel penelitian berjumlah 18 peserta didik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) YPJ Kuala Kencana Papua. Pengumpulan data penelitian didapat dengan menggunakan instrumen media televisi online dan kemampuan literasi digital, instrumen telah dilakukan uji coba dan hasilnya valid dan reliabel. Hasil penelitian terdapat pengaruh Media televisi online berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian bahwa media televisi online berpengaruh terhadap kemampuan literasi digital; persamaan regresi kemampuan literasi digital atas media televisi online adalah linear atau berupa garis linear; koefisien determinasi R Square = 0,460, yang mengandung makna bahwa 46,0% variasi variabel Kemampuan Literasi Digital dapat dipengaruhi oleh Media televisi online.
Referensi
Agustin, N. C., & Krismayani, I. (2019). Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa S-1 Angkatan 2018 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 94–107. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/26826/23673
Amalia, R. N., Indriani, S. S., & Mahameruaji, J. N. (2022). Resepsi khalayak pada program acara televisi di Trans 7 sebagai media edukasi. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 6(1), 106–122. https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i1.36061
Ambaryuni, R. (2021). Peran Wali Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo). IAIN Ponorogo. Retrieved from http://etheses.iainponorogo.ac.id/14461/
Anisah, A. (2017). Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 1–18. Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/215/138
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943
Arsa, D., Atmazaki, A., & Juita, N. (2019). Literasi awal pada anak usia dini suku anak dalam Dharmasraya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 127–136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Basyiroh, I. (2017). Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646
Bungin, B. (2011). Masyarakat Indonesia Kontemporer dalam Pusaran Komunikasi. Jurnal Aspikom, 1(2), 125–136. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v1i2.12
Effendy, O. U. (2022). Ilmu Komunikasi Teorik Dan Praktek. Remaja Rosdakarya,.
Fajriyah, L. (2018). Pengembangan literasi emergen pada anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3--1394. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394
Fransori, A., Irwansyah, N., & Parwis, F. Y. (2023). Efektivitas Pembelajaran Online pada Siswa Selama Pandemi Covid 19 di Era Literasi Digital. Journal on Education, 6(1), 2004–2013. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3185
Gazali, M. (2013). Optimalisasi peran lembaga pendidikan untuk mencerdaskan bangsa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 126–136. Retrieved from http://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/295/285
Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(02). https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.219
Iskandar, S., & Susdiani, I. (2018). Pengalaman Belajar dan Materi Pembelajaran. In Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/5931/
Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat Di Era Modern. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 24–36. Retrieved from http://ejournal.stitdukotabaru.ac.id/index.php/darululum/article/view/67
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Retieved from https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].
Kuswita, H. (2014). Perencanaan dan produksi program televisi pendidikan di televisi edukasi. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.47007/jkomu.v11i2.142
Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476
Perlman, M., & Fletcher, B. A. (2008). Literacy instruction in Canadian child care centers. Journal of Research in Childhood Education, 23(2), 139–155. https://doi.org/10.1080/02568540809594651
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Ritonga, R. A., & Sutapa, P. (2020). Literasi dan Gender: Kesenjangan yang Terjadi di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 965–974. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749
Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV sekolah sebagai media pembelajaran dan pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Thirty years of evolution in instructional technology, as reflected in a textbook. Educational Technology, 43–47. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/44429970
Sugiarto, T. (2019). Pengaruh Lingkungan, Media Massa dan Masyarakat sebagai Penyebab Anak-Anak Melakukan Tindakan Kriminal. IUS: Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum, 7(2), 45–63. https://doi.org/10.51747/ius.v7i2.671
Supriyadi, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434
Supriyadi, S., & Amalia, A. N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Sidang Skripsi Secara Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(1), 1–12. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2283623
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Wartomo, M. P. (2017). Membangun Budaya Literasi Sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta. Retrieved from http://repository.upy.ac.id/1815/
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ernabudiarti Ernabudiarti, Eem Dhine Hesrawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.