Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Mahasiswa Teknik pada Praktikum Kimia Dasar
Penulis
Eliyart Eliyart , Chichi RahayuDOI:
10.29303/jipp.v6i1.143Diterbitkan:
2021-05-05Terbitan:
Vol 6 No 1 (2021): MayKata Kunci:
praktikum, kimia dasar, keterampilan dasar laboratoriumArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil rata-rata nilai ujian praktikum kimia dasar mahasiswa teknik. Pelaksanaan perkuliahan kimia dasar tidak terlepas dari kegiatan praktikum. Praktikum mempunyai peranan yang krusial untuk mendukung kualitas hasil dan proses pembelajaran. Kegiatan praktikum dapat meningkatkan keahlian mahasiswa dalam pengamatan, keterampilan/aspek psikomotorik serta sebagai sarana berlatih menggunakan alat dan bahan yang ada di laboratorium. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan dasar laboratorium mahasiswa teknik pada praktikum kimia dasar. Jenis penelitian ini deksriptif kuantitatif. Populasi penelitian merupakan mahasiswa tingkat I Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Ekasakti dalam perkuliahan Kimia Dasar semester ganjil 2020/2021. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi (pengamatan). Penilaian lembar pengamatan keterampilan dasar mengacu pada rubrik penskoran. Rubrik penskoran berisi kriteria penilaian langkah-langkah kerja sistematis yang harus dilakukan mahasiswa saat praktikum. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh keterampilan dasar laboratorium mahasiswa teknik sebagai berikut; mengambil bahan dengan persentase 80% menunjukan kriteria baik, menggunakan alat dengan persentase 60,5 % menujukan kriteria cukup, mengamati dengan persentase 67,75% menunjukan kriteria cukup, mengkomunikasikan dengan persentase 73,25% menunjukan kriteria cukup, dan keselamatan kerja dengan persentase 75,75% menunjukan kriteria baik. Secara keseluruhan keterampilan dasar laboratorium mahasiswa teknik berada pada kriteria cukup. Diharapkan pada praktikum semester berikutnya mahasiswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan praktikum, serta dosen dan instruktur membimbing mereka dengan memberikan pembelajaran sains yang menyenangkan dan inovatifReferensi
Asmaningrum, H. P., Koirudin, I., & Kamariah. (2018). Pengembangan Panduan Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Etnokimia Untuk Mahasiswa. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 125–134.
Bastin, L. D., & Dicks, A. P. (2019). Advances in green chemistry education. Green Chemistry Letters and Reviews, 8253(May). https://doi.org/10.1080/17518253.2019.1621059
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019a). Deskripsi Efektivitas Kegiatan Praktikum Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 51–60.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019b). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204.
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. (2020). Deskripsi Pengetahuan Awal Alat Praktikum Materi Koloid Dalam Perkuliahan Kimia Dasar Mahasiswa Teknik. Dalton; Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(1), 14–25.
Fitriani, R. (2017). Perbedaan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Mahasiswa Biologi Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri dan Group Investigation. Bioedusiana, 02(01), 109–116.
Geleta, T. (2015). How Can I Improve My Students’ Ability In Doing Laboratory Practical Work On Analytical Chemistry-I? A Case On Class N23 At KCTE. AJCE, 5(January), 13–43.
Harefa, N., & Silalahi, N. F. D. (2020). Improvement of Student ’ s Learning Outcomes and Motivation With Chemical Practicum e-Module. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i1.17708
Jayanti, H. W., Sartika, R. P., & Kurniawan, R. A. (2016). Analisis Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak. Ar-Razi Jurnal Lmiah, 4(2), 62–72.
Kartini, K. S. (2018). Deskripsi Perkembangan Keterampilan Dasar Kerja Laboratorium Kimia Siswa Sma Negeri 1 Singaraja. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 6(1), 21–31.
Khoiriroh, F., & Shofiyah, N. (2019). Perbedaan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII Pada Penggunaan Laboratorium Riil Dengan Laboratorium Virtual di SMP Negeri 1 Candi. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 299–305. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2388
Mamlok-Naaman, R., & Barnea, N. (2012). Laboratory Activities in Israel. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(1), 49–57. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.816a
Muna, I. A. (2016). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo. Kodifikasia, 10(1), 109–131.
Olubu, O. M. (2015). Influence of Laboratory Learning Environment on Students’ Academic Performance in Secondary School Chemistry. US-China Education Review A, 5(12), 814–821. https://doi.org/10.17265/2161-623X/2015.12.005
Pujiastutik, H. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Pengenalan Laboratorium Biologi UNIROW Tuban. Proceeding Biology Education Conference, 14, 565–571.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda.
Putri, S. D., Ulhusna, M., Zakirman, Z., & Gusta, W. (2020). Improvement of Student Science Literacy Skills Through Edmodo- Based Teaching Materials in Learning Science in Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4649–4652.
Riswanto, R., & Dewi, A. K. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium Untuk Mewujudkan Pembelajaran Berkarakter. JRKPF, 4(2), 60–65.
Suleiman Abdulrahman, A., & Hui, X. (2018). Implication of Motivation Theories on Teachers Performance in the Context of Education System in Tanzania. International Journal of Secondary Education, 6(3), 46. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20180603.11
Supriyadi, S., & Lismawati, I. (2018). Pra Praktikum: Pengembangan Ensiklopedia Alat-alat Laboratorium Biologi di SMP/MTs. JOBE, Journal of Biology Education, 1(1), 81–92.
Wahyudiati, D. (2016). Analisis Efektivitas Kegiatan Praktikum Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Tatsqif, 14(2), 143–168. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.27
Zakirman, & Rahayu, C. (2018). Popularitas WhatsApp Sebagai Media Komunikasi dan Berbagi Informasi Akademik Mahasiswa. Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7
Zakirman, Z. (2017). Pengelompokkan gaya belajar mahasiswa menurut teori honey mumford berdasarkan intensitas kunjungan pustaka. Ristekdik, 4(1), 1–6.
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi Dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(April), 85–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.592
Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020a). Implementation of The Play-Think-Pair-Share (PTPS) Learning Model for Elementary School Students to Master Part of Top Skill 2020. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 9(03), 4643–4648.
Zakirman, Z., Lufri, L., Khairani, K., & Rahayu, C. (2020b). The effect of using play-think-pair-share ( PTPS ) model to improve student learning outcomes in magnet topic for elementary school. IOP Conference Series: Journal of Physics, 1481, 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012078