Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Pokok Larutan Penyangga
Penulis
Restyayulita Restyayulita , Muntari Muntari , Baiq Fara Dwirani Sofia , I Nyoman LokaDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1441Diterbitkan:
2023-10-23Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
Berbasis android, larutan penyangga, media pembelajaran, mobile learning, penelitian pengembangan.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kimia merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang sangat penting untuk dipelajari. Namun, siswa masih mengalami kesulitan memahami materi karena kekurangan media untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah, sehingga diperlukan inovasi berupa media pembelajaran yang menarik dan praktis sebagai pelengkap sumber pembelajaran yang dapat digunakan siswa dimanapun dan kapanpun, salah satunya yakni media mobile learning berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia mobile learning berbasis android ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan pada materi pokok larutan penyangga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 3 Mataram yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Hasil validitas oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken’s V diperoleh nilai V sebesar 0,85 dengan kriteria sangat valid untuk diujicobakan dengan nilai reliabilitas 89% (reliabel). Penilaian kepraktisan media oleh guru kimia teruji praktis dengan persentase 90% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari siswa kelas XI MIPA 2 dengan persentase 87% (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa media mobile learning berbasis android valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia pada materi pokok larutan penyangga.
Referensi
Antara, A.A.P. (2020). Penyetaraan Vertikal dengan Pendekatan Klasik dan Item Response Theory (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Apriani, H., & Mashuri, M.T. (2018). Pengaruh Penerapan Peer Assessment Terhadap Kinerja Microteaching Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Kimia. Media Sains, 11(1), 19-24. Retrieved from http://repository.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/403
Arshanty, V.N., & Wiyatmo, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Pembelajaran STS dalam Peningkatan Penguasaan Materi dan Pencapaian Kreativitas Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 23-32. Retrieved from https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pfisika/article/view/6911
Astuti, I.A., Sumarni, R.A., & Saraswati, D.L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Kimia, 3.(1), 57-62. https://doi.org/10.21009/1.03108
Christian, Y., & Olwin (2022). Perancangan dan Pengembangan Website Sekolah di SMA Katolik Yos Sudarso Menggunakan Metode 4D. Jurnal UIB. 4(1), 1162-1168. http://dx.doi.org/10.37253/nacospro.v4i1.7096
Daroini, A.F., & Alfiana, H. (2022). Kesulitan Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi: Kebutuhan akan Modul untuk Belajar Mandiri. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 1-19. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4604
Firjatillah, M., Junaidi, E., & Hakim, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Bahan Alam: Ekstraksi Senyawa Kardol dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice, 3(2), 116-122. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.2014
Fransisca, M. (2017). Pengajuan Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17-22. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v2i1.1091
Gunawan, C.I. (2017). Pedoman dan Strategi Menulis Buku Ajar dan Referensi Bagi Dosen. Malang: IRDH Publisher.
Hadi, N. (2020). Powerspring sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 143-154. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i1.1484
Hanifah, N., & Julia. (2014). Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Hanisah., Irhasyuarna, Y., & Yulinda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Ispring Suite 10 pada Materi Reproduksi Tumbuhan untuk Mengukur Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 6-16. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.68
Haviz, M. (2013). Research and Development: Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Ta’dib, 16(1), 28-44. http://dx.doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Hidjrawan, Y.,Khaldun, I., & Sari, S.A. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04(01), 154-165. Retrieved from http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/jkpk
Iswara, G.P.S., Kuswandi, D., & Husna, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Dilengkapi dengan Simulasi untuk Memvisualisasikan Reaksi Kimia pada Materi Larutan Penyangga SMA Kelas XI. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6(2), 58-68. http//dx.doi.org/10.17977/um031v6i22020p058
Karo, I.R., & Rohani (2018). Manfaat Media dalam pembelajaran. Jurnal Axiom, VII(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Khasanah, N., Kusumo, E., & Jumaeri (2018). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry in Education, 7(2), 62-68. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/16738
Lesmono, A.D., Wahyuni, S., & Alfiana, R.D.N. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berupa Komik pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100-105. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/jpf
Lubis, I.R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504
Maratusholihah, N.F., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(7), 919-926. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9645
Marsita, R.A., Priatmoko, S., & Kusuma Ersanghono (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512-520. https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1308
Mujiyanti, A.R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Generik Sains Kimia Bahan Alam: Isolasi Asam Basa Anakardat dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice, 3(2), 91-98. https://doi.org/10.29303/cep.v3i2.1989
Munawarah, Z., Burhanuddin., Sofia, B.F.D., & Hakim, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 768-775. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.295
Muntari, Purwoko, A.A., Siahaan, J., Haris, M., & Supriadi (2023). Optimization of blended learning using ICT-based media for improving learning interest, critical thinking ability, and chemistry learning outcomes. AIP Conference Proceedings 2619, Issue 1, 080009. https://doi.org/10.1063/5.0130559
Niswa, A. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 01(01), 1-16. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/2019/5414
Nurhalimah, S.R., Suhartono., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160-167. https://doi.org/10.21009/JRPK.072.10
Pakuna, N., Iyabu, H., & Duengo, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tera-Tera untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 20-26. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.10140
Puspayanti, N.K.M., Santoso, D., Hadiprayitno, G., & Ilhamdi, M.L. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Android dengan Aplikasi Adobe Animate untuk Pemahaman Konsep Sains Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 8 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 507-515. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1252
Repi, E.V., Suriani, N.W., & Waworuntu, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Pada Materi Larutan penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Langowan. Jurnal Oxygenius, 1(2), 99-106. Retrieved from https://indochembull.com/index.php/oxygenius/article/download/118/68/
Rulyansah, A., Wardana, L.A., & Hasanah, I.U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran POP UP dengan Menggunakan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogy, 06(01), 53-59. Retrieved from https://ptik.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/330
Sanjiwani, N.L.I., Muderawan, I.W & Sudiana, I.K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 75-84. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21170
Sariati, N.K., Suardana, I.N., & Wiratini, N.M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),86-97. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15469
Siregar, T.B., Putri, A.N., & Hindrasti, N.E.K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(.2), 130-139. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28577
Subagia, I.W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10479
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yuniastuti, M., Miftakhuddin., & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Restyayulita Restyayulita, Muntari Muntari, Baiq Fara Dwirani Sofia, I Nyoman Loka
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.