Sinergitas Guru PAI dengan Orang Tua Siswa dalam Penanaman Akhlak di MTs Muhammadiyah 5 Bawean Gresik
Penulis
Restisiyah Septa Ichma Devy , Fathor Rahim , Nur Afifah Khurin MakninDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1607Diterbitkan:
2023-10-25Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan bentuk sinergitas guru PAI dengan orang tua dalam mengatasi hambatan yang dihadapi dalam menanamkan akhlak siswa di MTs Muhammadiyah 5 Bawean Gresik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dalam analisis data, peneliti menggunakan tiga tahap, yaitu, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil penelitian ini terdapat beberapa bentuk sinergitas guru PAI dengan orang tua siswa dalam penanaman akhlak di sekolah MTs Muhammadiyah 5 Bawean Gresik yaitu terdiri dari: 1. Akhlak sosial yang di antaranya ada koordinasi dan konsultasi, pertemuan guru dengan orang tua pada saat kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah), , program penghijauan dan pelestarian lingkungan, program pertemuan rutin bersama wali murid melakukan komunikasi melalui sosial media, kunjungan kerumah siswa, surat menyurat antar sekolah dan orang tua, dan menerima kritik dan saran. 2. Akhlak personal, yang di antaranya ada pengontrolan ibadah anak melalui buku catatan, pembiasaan sholat dhuha berjama’ah, membatasi durasi penggunaan HP dan elektronik lainnya.
Referensi
Achmad, S. F., Mustari, & Manda, D. (2021). Phinisi Integration Review Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter. Phinisi Integration Review, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19338
Ahmad Abdul Qiso, B. (2019). Konsep dan Implikasi Kerjasama yang Simultan antara Keluarga, Seolah, dan Masyarakat dalam Pendidikan Islam dengan Pendekatan Sosiologis. RAUDHAH Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah, x, 64–73.
Aminah, S. (2021). Sinergitas Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 29–50. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.
Eka Rahayu. (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum. Jurnal Auladuna, 37–49. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.477
Fajri Zaenol, & Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47.
Fauziyyah Islam, K., & Tsaury, A. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Sosial di Masyarakat yang Terkandung dalam Q . S Al-Hujurat Ayat 9-10. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 7(1), 45–49.
Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163
Haq, R., & Kosasih, A. (2021). Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Membina Akhlak Siswa. An-Nuha, 1(4), 609–616. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.116
Hartini, S. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Iba, L. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an ( kajian Tafsir Surat Luqman ayat 12-19 ). Al Iltizam, 2(2), 138–155.
Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sd Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18, 118, 1.724-1.736. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2483/2133
Listari, M., Imam Tabroni, & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944
Muhrin. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(156), 54–66.
Muhrin. (2020). Akhlak Kepada Diri Sendiri. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10, 1–7.
Natsir, N. F., Aisyah, A., Ihsan, M. N., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua. Mudarrisuna, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315
Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of The ICECRS, 1(1), 935–942. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632
Rianawati. (2017). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak.
Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171.
Sidik, H., Tafsir, A., & Setiawan, M. (2021). Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Paninggalan Kabupaten Garut. Jurnal Tanzhimuna, 1(2), 32–41.
Sulasmi, S. (2018). Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi Dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 13(2), 219–237. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2009.v13.i2.295
Suseno, A. K. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung. Jurnal Sosial Sains, 1(7), 705–714. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i7.157
Ya’cub, M. (2018). Pendidikan Akhlak Pencapaian Ilmu Manfaat. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 20(1), 17. https://doi.org/10.22373/substantia.v20i1.3403
Achmad, S. F., Mustari, & Manda, D. (2021). Phinisi Integration Review Sinergitas Orang Tua dan Guru dalam Pengasuhan Anak Berkarakter. Phinisi Integration Review, 4(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/pir.v4i1.19338
Ahmad Abdul Qiso, B. (2019). Konsep dan Implikasi Kerjasama yang Simultan antara Keluarga, Seolah, dan Masyarakat dalam Pendidikan Islam dengan Pendekatan Sosiologis. RAUDHAH Proud To Be Professionals JurnalTarbiyahIslamiyah, x, 64–73.
Aminah, S. (2021). Sinergitas Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 29–50. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Persfektif Islam. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12), 45–61.
Eka Rahayu. (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak di Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum. Jurnal Auladuna, 37–49. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/au.v3i1.477
Fajri Zaenol, & Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47.
Fauziyyah Islam, K., & Tsaury, A. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Sosial di Masyarakat yang Terkandung dalam Q . S Al-Hujurat Ayat 9-10. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 7(1), 45–49.
Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1. https://doi.org/10.15575/jp.v6i1.163
Haq, R., & Kosasih, A. (2021). Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Membina Akhlak Siswa. An-Nuha, 1(4), 609–616. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.116
Hartini, S. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Iba, L. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an ( kajian Tafsir Surat Luqman ayat 12-19 ). Al Iltizam, 2(2), 138–155.
Krisnawanti, A. (2016). Kerjasama Guru Dengan Orang Tua Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V Sd Negeri Gembongan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18, 118, 1.724-1.736. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/2483/2133
Listari, M., Imam Tabroni, & Nurjanah, E. (2022). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 4(2), 200–212. https://doi.org/10.33367/jiee.v4i2.2944
Muhrin. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(156), 54–66.
Muhrin. (2020). Akhlak Kepada Diri Sendiri. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10, 1–7.
Natsir, N. F., Aisyah, A., Ihsan, M. N., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru dan Orang Tua. Mudarrisuna, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3315
Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of The ICECRS, 1(1), 935–942. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632
Rianawati. (2017). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak.
Roesli, M., Syafi, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam Tentang Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, IX(2), 2549–4171.
Sidik, H., Tafsir, A., & Setiawan, M. (2021). Kerjasama Guru dan Orang Tua Dalam Membina Akhlak Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Paninggalan Kabupaten Garut. Jurnal Tanzhimuna, 1(2), 32–41.
Sulasmi, S. (2018). Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi Dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 13(2), 219–237. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2009.v13.i2.295
Suseno, A. K. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Mulia Siswa SMAN 1 Bandung. Jurnal Sosial Sains, 1(7), 705–714. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i7.157
Ya’cub, M. (2018). Pendidikan Akhlak Pencapaian Ilmu Manfaat. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 20(1), 17. https://doi.org/10.22373/substantia.v20i1.3403
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Restisiyah Septa Ichma Devy, Fathor Rahim, Nur Afifah Khurin Maknin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.