Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makassar
Penulis
Nova Elvianti , Jusmawati Jusmawati , Eka Fitriana HS , Cayati CayatiDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1654Diterbitkan:
2023-11-30Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
Budaya Sekolah, Karakter Siswa, SD Inpres UnggulanArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Budaya adalah pandangan hidup yang dimiliki bersama oleh orang-orang, meliputi cara berpikir, berperilaku, sikap dan nilai, yang tercermin dalam bentuk fisik dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa di Inpres Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertempat di Inpres Unggulan BTN PEMDA kota Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah keseluruhan sampel yaitu 41 siswa. Adapun metode pengumpulan data pengambilan sampel menggunakan angket, dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif budaya sekolah dengan dengan nilai rata-rata budaya sekolah 125.85 dengan interval 119-132 berada pada kategori cukup dan nilai rata-rata karakter siswa sebesar 126.34 dengan interval 120-132 berada pada kategori cukup. Hasil analisis Inferensial dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini disimpulkan terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda kota Makassar.
Referensi
Abustang, P., & HS, E. F. (2021). Pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Daring Dan Luring Sd Negeri Kassi Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 64–69.
Afifullah Nizary, Muhammad, & Tasman Hamami (2020). “Budaya Sekolah.” At-Tafkir 13 (2): 161–72. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630.
Ali1, Muhammad Kristiawan, & Yessi Fitriani (2021). “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah.” Jurnal Pendidikan Tambusai.
Amin, Ahmad (1995). “Etika (Ilmu Akhlak). Terjemahan. Farid Ma’ruf.” Jakarta: Bulan Bintang. Cetakan VIII.
Ansar, Irmawanty, & Yustika Wira Rukman (2020). “Pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa Ansar Wira Yustika Rukman.” KROMATIN: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi 1 (1): 2020.
Apiyani, Ani (2022). “Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 505–11. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.445.
Arimbi, Nur Afni Widi, & Minsih Minsih (2022). “Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (6): 6409–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042.
Asmani, Jamal Ma’mur (2011). “Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.” Jogjakarta: Diva Press.
Ayu, Diah, & Sucitra Hasan (2022). “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan 9 (1): 18–25. https://doi.org/10.23960/jmmp.v9.i1.2022.03.
Balitbang (2003). “Pedoman Pengembangan Kultur Sekolah.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Direktorat Pendidikan Dasar Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Basuki, B. (2021). Pola Pengembangan Pendidikan dan Budaya Karakter Bangsa Di Sekolah, Madrasah dan Pesantren. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 34–49. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.22
Darmiyati Zuchdi (2008). “Humanisasi Pendidikan.” Jakarta: Bumi Aksara, 133.
Daryanto (2015). “Media Pembelajaran.” Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 12.
Deal, Terrence E., & Kent D. (2009). “Shaping School Culture: Pitfall, Paradoxes, and Promises.” San Francisco: Josses-Bass.
Depdiknas (2005). “Kamus besar Bahasa Indonesia.” Jakarta: Balai Pustaka.
Drost, J. (2006). “Dari KBK sampai MBS.” Jakarta: Kompas.
Elkind, David, & Freedy Sweet (2004). “How to do Character Education.” San Francisco: Live Wire Media.
Fermansah, Didik (2022). “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Madrasah Dalam Membentuk Sikap Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kecamatan Jenggawah.” Indonesian Journal of Islamic Teaching 5 (1): 23–40.
Firdaus, Agustinus, & Selly Rahmawati (2018). “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V Di Gugus II Kasihan Bantul Yogyakarta.” Jurnal PGSD 4 (8): 8–8.
Fitriani (2020). “Penanaman Nilai Agama Dalam Keluarga Bagi Anak Taman Kanak Kanak Permata Bunda IAIN Bengkulu.” Ejournal IAIN Bengkulu.
Gulo, Dali (1982). “Kamus Psikologi.” Bandung: Tonis.
Handayani, Nurlaili (2022). “Internalisasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah (studi pada smkn 2 mataram).” Sosiologi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya 24 (1): 55–72.
Istiqomah, & Sri Enggar Kencana Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik di SD Negeri 01 Nusa Bakti”. Finger of Elementary School, 1(1), 11–19. https://jsr.unha.ac.id/index.php/FingeR
Jusmawati, J., Satriawati, S., & R, I. (2018). Pengaruh Motivasi Berafiliasi Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kota Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 158–165. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571.
Kamisa (1997). “Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.” Surabaya: Kartika, 281.
Kamisi, M., & Hasim, R. (2021). Penguatan pendidikan karakter siswa berbasis budaya saruma di sekolah menengah atas di kabupaten halmahera selatan. Geo Civic, 4(1), 1–11. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/geocivic.
Kemdiknas. (2010). “Desain Induk Pendidikan Karakter.” Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kemendiknas. (2010). “Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.” Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 9–10.
Koesoema, Doni A. (2007). “Pendidikan Karakter: Mendidik Anak di Zaman Global.” Jakarta: Grasindo, 80.
Komariah, Aan, & Cepi Triatna (2005). “Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif.” Jakarta: Balai Pustaka.
Lickona, Thomas (1991). “Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility.” New York: Bantam Books.
Lickona, Thomas (2016). “Mendidik Untuk Membentuk Karakter.” Jakarta: Bumi Aksara.
Manurung, Dewi Junita, Irawan Suntoro, & Hermi Yanzi (2018). “Pengaruh Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Smp.” Jurnal FKIP Unilla 5 (12).
Mardapi, Djemari (2003). “Desain dan Penilaian Pembelajaran Mahasiswa.” Makalah Disajikan Dalam Lokakarya Sistem Jaminan Mutu Proses Pembelajaran, Tanggal 19 Juni 2003 Di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Mawardi, & Indayani, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 SD Negeri 6 Subulussalam Kota Subulussalam. Jihafas, 3(2), 14–29.
Muhaimin, and dkk. (2011). “Manajemen Pendidikan.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa.” Gramedia: Jakarta.
Neprializa (2015). “‘ManajemenBudaya Sekolah’ dalam Manajer Pendidikan.” Manajer Pendidikan 9.
Nugraha, Dera, & Aan Hasanah (2021). “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 2 (1): 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803.
Nuraeni, I., & Labudasari, E. (2021). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 119. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.51593.
Oktaviani, Christina (2015). “Peran Budaya Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru.” Manajemen Pendidikan 9 (4): 613–17.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan (2010). “Model-Model Pembelajaran.” Jakarta: Depdiknas.
Pratiwi, Ageng, Erny Roesminingsih, and Karwanto Karwanto. 2021. “Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Penanaman Nilai Etos Berprestasi.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (3): 312–19. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2240.
Purwaningsih, Christiani, & Amir Syamsudin (2022). “Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (4): 2439–52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051.
Rachmawati, W., Benty, D. D. N., & Sumarsono, R. B. (2018). Budaya Sekolah Berbasis Ketarunaan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1, 410–418. https://doi.org/10.17977/um027v1i42018p410
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, & Yumriani (2022). “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Rusnawati, R., Abustang, P. B., Alam, S., & Cayati, C. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Minat Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(1), 463–469. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1980.
Safitri, Malinda Safitri (2019). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter 6 (2): 173–83. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8621.
Samani, Muchlas, & Hariyanto (2011). “Konsep dan Model Pendidikan Karakter.” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sandi, A, F N Mahmudah, & D M Nasaruddin (2022). “Budaya Sekolah Studi Kasus di SMA Muhammadiyah Berau.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (2004): 16439–50. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5093%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5093/4300.
Sudrajat, Ajat (2011). “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1 (1): 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.
Sugiyono (2010). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.” Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.” Bandung: IKAPI, 148.
Supardi (2015). “Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya.” Jakarta: Raja Grafinda Persada.
Suparno, Paul (2006). “Filsafat Konstruktifisme dalam Pendidikan.” Yogyakarta: Kanisius.
Susanto, Ahmad (2016). “Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya.” Jakarta: Kencana, 195.
U Hasanah I Made Astra, M Syarif Sumantri & Yufiarti (2021). “Jurnal basicedu.” Jurnal Basicedu 5 (2): 1060–66. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Yulliyani, Eva Yulliyani Eva, & Sri Erlinda (2016). “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa Smp Negeri 4 Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 3 (1): 1–15.
Yunus, Muhammad, & Agustinus Toding Bua (2019). “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Guna Meningkatkan Daya Saing Peserta Didik (Studi Komparasi Sdn 037 Tarakan Indonesia Dan Chiang Rai Municipality School 2 Thailand).” Jurnal Pendidikan Dasar Borneo 01 (01): 28–40.
Zamroni (2011). “Dinamika Peningkatan Mutu.” Gavin Kalam Utama, Yogyakarta., 111.
Zamroni (2013). “Pendidikan Demokrasi.” Yogyakarta: Ombak., 120.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nova Elvianti, Jusmawati Jusmawati, Eka Fitriana HS, Cayati Cayati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.