Pengembangan Instrumen Questioning Skills Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Untuk Evaluasi Kemampuan Bertanya Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi
Penulis
Anindita SHM Kusuma , Dadi Setiadi , Baiq Sri HandayaniDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1764Diterbitkan:
2023-11-30Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
Domain Kognitif, Instrumen, Questioning Skills.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kualitas kognitif pertanyaan siswa masih belum ada instrument pengukurnya, sehingga perlu instrument khusus yang dapat digunakan untuk menilai kualitas pertanyaan siswa berdasarkan kualitas tingkat kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa instrumen Questioning Skills. Desain pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 4D. Hasil dalam penelitian pengembangan ini yakni sebagai berikut, 1) Instrument yang telah dikembangkan berupa instrument Questioning Skills yang mengacu pada domain kognitif dalam Taksonomi Bloom revisi. Instrumen Questioning Skills yang telah dikembangkan dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian yakni domain kognitif dan tipe kognisi yang dibutuhkan untuk menjawab. Instrument ini disertai rubrik penyekoran yang dapat diukur (measureable) dengan skor masing masing pernyataan adalah 1-6. Pernyataan dengan domain kognitif mengingat diberi skor 1, pertanyaan dengan domain kognitif memahami diberi skor 2, pertanyaan dengan domain kognitif mengaplikasikan diberi skor 3, pertanyaan dengan domain kognitif menganalisis diberi skor 4, pertanyaan dengan domain kognitif mengevaluasi diberi skor 5, pertanyaan dengan domain kognitif mencipta diberi skor 6, 2) Validasi internal terhadap instrument dilakukan sebanyak 4 kali dan diketahui bahwa keseluruhan nilai validitas akhir yang diperoleh aspek kejelasan, ketepatan, kevalidan, relevansi dan ketepatan bahasa dan tulisan adalah valid. Saran rekomendasi untuk penelitian pengembangan ini adalah sebagai berikut, 1) Instrumen Questioning Skills yang telah dikembangkan perlu diuji coba digunakan dalam penelitian untuk uji respon penguna terhadap instrument yang telah dikembangkan, 2) Instrument Questioning Skills masih perlu dievaluasi (setelah diimplementasikan) berdasarkan masukan yang didapat dari angket respon atau catatan lapangan pada lembar observasi.
Referensi
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach. New York: Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Coutinho, M. J., & Almeida, P. A. (2014). Promoting student questioning in the learning of natural sciences. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 3781-3785.
Davoudi, M., & Sadeghi, N. A. (2015). A Systematic Review of Research on Questioning as a High-Level Cognitive Strategy. English Language Teaching, 8(10), 76-90.
Diaz, Z., Whitacre, M., Esquierdo, J. J., & Ruiz-Escalante, J. A. (2013). Why did I ask that question?Bilingual/ESL pre-service teachers' insights. International Journal of Instruction, 6(2), 163-176.
Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan Bertanya Guru Ipa Dalam Pengelolaan Pembelajaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–12.
Firmansyah, M & Sata, M. R. M. (2021). An Analysis of Students’ Questioning Skill in English Foreign Language Class. Journal of English Education and Teaching (JEET) Vol. 5, No. 4.
Fitriani, S.S., Yusuf, Y.Q., & Zumara, A. (2021). The use of cognitive domain in questions: The perception of students and lecturers of public universities in Aceh. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(Special Issue 1), 122-138.
Hasanuddin (2013). Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering Dipadu Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Huda, M. N. (2022). Questioning Skills for Teachers and Students: The Importance and Implementation. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 143–150. Retrieved from https://journal-nusantara.com/index.php/PESHUM/article/view/79.
Jacobsen, D. A. (2009). Methods for Teaching (Metode-metode Pengajaran. Terjemahan Achmad F dan Khoirul A) Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kusuma, A. S. H. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampulan Metakognitif, Pembentukan Karakter dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ma, X. (2008). The Skills of Teacher's Questioning in English Classes. International Education Studies, 1(4), 92-100.
Maulida, P. L. (2022). Penerapan Strategi Giving Question and Getting Answer Terhadap Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start with A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211-219.
Nazzala, Z. (2016). Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Gugus Moh. Yamin Kecamatan Kendal. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang.
Nurramadhani, A. (2019). Profil kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru dalam pembelajaran sains. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 1-9.
Nusarastriya, Y. H., Wahab, A. A., & Budimansyah, H. D. (2013). Pengembangan berpikir kritis dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan project citizen. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Prasetyaningarum, A., & Rohita, R. (2014). Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B Di Tk Al-Hidayah. PAUD Teratai, 3(3), 1–6.
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D & Supeno (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor dengan Model Problem Based Learning di SMP Negeri 2 Jember.
Prilanita, Y. N., & Sukirno, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa melalui Faktor Pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 244-256.
Railean, E., Elci, A., & Elci, A. (2017). Metacognition and Successful Learning Strategies in Hignher Education. Pensilvania: IGI Global.
Reigeluth, C. M & An, Y. (2021). Merging the Instructional Design Process with Learner-Centered Theory: The Holistic 4D Model. New York: Routledgen Taylor & Francis Group. San Diego, CA: Academic Press.
Rusmayanti, A., Muti’ah, A., & Husniah, F. (2017). Penerapan Keterampilan Bertanya dan Memberikan Penguatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Lingua Franca, 2(2), 510–518.
Sunarto, I., & Rohita, R. (2021). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di TK Baiturrahman. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2 (1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.575.
Tofade, T., Elsner, J., & Haines, S. T. (2013). Best practice strategies for effective use of questions as a teaching tool. American Journal of Pharmaceutical Education, 77(7), 1-9.
Wilson, O. L. (2016). Anderson and Krathwohl - Bloom's taxonomy revised: Understanding the new version of Bloom’s taxonomy. Retrieved July 5, 2020 from https://quincycollege.edu/content/uploads/Anderson-and-Krathwohl_Revised-Blooms- Taxonomy.pdf.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Anindita SHM Kusuma, Dadi Setiadi, Baiq Sri Handayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.