Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Penulis
Wiwin Melia Utari , I Wayan Gunada , Muh. Makhrus , Kosim KosimDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1822Diterbitkan:
2023-11-30Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
berpikir kreatif; e-modul; flipbook; problem based learning.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian yang digunakan adalah 4D (Four The Models). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efektivitas e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MAN 1 Mataram dengan objek penelitian 30 peserta didik. Produk hasil penelitian pengembangan e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Hasil penilaian beradasrkan penilaian validator ahli sebesar 80 % dengan kategori cukup valid dan validator praktisi sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook berdasarkan penilaian dari peserta didik diperoleh rata-rata nilai sebesar 89% dengan kategori sangat positif. Efektivitas e-modul fisika model problem based learning berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik didapat dari hasil analisis uji N-Gain dari hasil nilai pretest dan pospttest peserta didiik. Hasil N-Gain yang diperoleh yaitu 0,69 dengan kategori sedang.
Referensi
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Informasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184.
Asmi, R., Surbakti, D. N. & Hudaidah. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter Untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 1–10.
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Profesional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234-244.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 94-103.
Festiana, I. (2014). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sma. Inkuiri, 3(3).
Firdaus, F. M., Surahman, E., & Makiyah, Y. S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 171-180.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). the Developing Math Electronic Module with Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students. Infinity Journal, 7(2), 109.
Gunawan (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Agra Puji Press.
Hanafi, H. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.
Handayani, A., Koeswanti, H. D. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355.
Hartini, T. I., Acep, K., & Intan, F. (2014). Pengaruh Berfikir Kreatif Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Tes Open Ended. Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 8-11.
Ihwanah, A. (2016). Strategi the power of two dan implikasinya terhadap efektivitas pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyatuna, 7(1), 103-118.
Irawati Simatupang, N., & Sormin, E. (2020). The effectiveness of using flipbook maker to improve the chemistry learning outcomes of senior high school students. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(1), 26–33
Kamaruddin, A. N. (2021). Pengembangan Elektronik Moduls(E-Modul) Berbasis Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Biologi Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Makasar. Universitas Negri Makasar.
Maghfiroh, A. F., Lesmono, A. D., & Supriadi, B. (2017). Pengaruh model problem-based learning (PBL) disertai media tiga dimensi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 33-39.
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Mulyadi, D. U., & Wahyuni S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.
Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(3), 482-490.
Nurjan, S. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 3(1), 105-116.
Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Berbasis Kvisoft Dipadukan Dengan Geogebra Pada Mata Kuliah Program Linier. AdMathEdu, 8(1), 49-58.
Rajabi, M., Ekohariadi, E., & Buditjahjanto, I. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran instalasi sistem Operasi dengan model pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi UNESA, 3(01), 48-54.
Ristanti, V. N. D., Nurmilawati, M., & Sulistyowati, T. I. (2019). Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) pada Materi Ekosistem di SMAN 1 Ppapar. Jurnal Biologi dan Pembelajaran, 6(1), 36-38.
Sari, F. A., Nyoto. S., Riswanto. (2019). Pengembangan Modul Fisika Online Berbasis Web Pada Materi Usaha Dan Energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2).
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling. 2(1). 99-103.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prisma, 6(1),1-8.
Siagian, D. P., & Yasthophi, A. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(2), 64-73.
Sidiq, R., & Najwah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Andoid Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah. 9(1).
Sofyan, H., Wagiran., & Kokom, K., Endri, T. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta; UNY Press.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Bandung: Alfabeta.
Trianto (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integrative/KTI). Jakarta: kencana
Trismawati., Agustina, P. A., Saiful, B., Abdul, B., Wahyu, I., Fellicia, R. A. P., Riza, N., Wanda, Z. M., & Meilani, S. (2022). Adaptasi Teknologi Informasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Keberhasilan Pembelajaran Daring Di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo. Abdi Panca Marga. 3(1), 47-49.
Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. Pedagogik, 7(2).
Yuyun, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2022). Develoving Flipbook-Based Physics E-Module to Increase Students’ Learning Outcome and Motivation. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 8(2), 163-175.
Zubaidi, A. (2015). Model-Model Pengembangan Kurikulum Dan Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Cendekia. 13(1): 107-121.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wiwin Melia Utari, I Wayan Gunada, Muh. Makhrus, Kosim Kosim
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.