Pengaruh Metode Quantum Teaching Learning dan Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Penulis
Krisnayansyah Krisnayansyah , Amirudin Amirudin , Achmad Junaedi SitikaDOI:
10.29303/jipp.v6i2.197Diterbitkan:
2021-07-30Terbitan:
Vol 6 No 2 (2021): JuliKata Kunci:
Metode Quantum Teaching Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar SiswaArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan dalam Undang-undang sisdiknas berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu pendidikan dan pengajaran yang di lakukan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi dalam pembelajaran guna memperoleh respon positif dan menarik dari peserta didik sehingga (terjadi keseimbangan antara ranah kognitif, efektif, dan psikomotorik) maka seorang pendidik haruslah dapat mensetting pelajaran semenarik mungkin, dengan metode dan media pembelajaran audio visual yang digunakan sekolah dirasakan masih sangat kurang menciptakan suasana kondusif dan menyenangkan bagi peserta didik, untuk dapat mempelajari serta menerima isi materi pembelajaran. Penulis merumuskan masalah bagaimana realitas penerapan metode quantum teaching learning di SMP Al-Mushlih Karawang, bagaimana realitas penerapan media audio visual di SMP Al-Mushlih Karawang, bagaimana realitas hasil belajar PAI siswa dalam penerapan metode Quantum Teaching Learning dan media audio visual di SMP Al-Mushlih Karawang, Adakah pengaruh metode quantum teaching learning dan media audio visual terhdap hasil belajar siswa pada pelajaran PAI di SMP Al-Mushlih Telukjambe Timur Karawang. Penelitian ini mengguanakan rancangan desain Kuantitatif dengan Quesioner angket. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini seluruhnya berjumlah 80 Siswa terdiri dari 9 kelas. Variabel Quantum Teaching Learning di ukur melalui Quesioner angket dari Variabel X1 dan media audio visual dari variabel X2 pada instrument Hasil Belajar di ukur melalui variabel Y dengan masing-masing berjumlah 15 item soal dari tiap variabel. Pengujian persyaratan analisis untuk uji normalitas data menggunakan uji statistik pendidikan dalam program exel. Kemudian di lakukan analisis uji Ringkasan anova tabel Variabel Y atas X1 dan X2 dengan perolehan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hubungan pengaruh antara metode quantum teaching learning dan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada tabel anova di peroleh Kesimpulan ternyata Fhitung ≥ Ftabel, atau 119,685 lebih besar dari pada nilai 2,92. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara metode quantum teaching learning dan media audio visual secara bersamaan terhadap hasil belajar PAI maka dapat di simpulkan bahwa metode regresi Y atas X1 dan X2 Berpolah Linier artinya terdapat hubungan interaksi Metode Quantum teaching learning dan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa.
Referensi
Abu Abdillah Muhamaad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah, bin Barzinbah al-Bukhari, Shahîhul Bukhârî (Cet. VII; Lebanon: Dar al-Kotob al- Ilmiyah-Beirut, 2017), h.31.
Alim, Muhammad (2011). Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), hal. 6-8
Amirudin, A., & Muzaki, I. (2019a). Rendering Learning Approach With Islamic Religious Education Subjects and Students Accounting XI Relationship with Management and Business. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2019.2289728
Amirudin, A., & Muzaki, I. A. (2019b). Life Skill Education and It’S Implementation in Study Programs Islamic Religious Education. Jurnal Tarbiyah, 26(2), 278–293. https://doi.org/10.30829/tar.v26i2.485
Amirudin, & Muzaki, I. A. (2021). Minimizing Students ’ Boredom in Learning Islamic Cultural History Using Card Short Method at Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) I Karawang, 20(1), 2639–2646. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.296
Amirudin, Nurlaeli, A., Muzaki, I. A., & Karawang, U. S. (2020). Pengaruh Metode Reward and Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam ( Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur ’ an Al-Jabar Karawang ), 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/t.v7i2.2610
Arsyad Azhar (2020). Media Pembelajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014), h. 4
Budianto, A., Amirudin, & Muzaki, I. A. (2020). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial dan Intelektual Siswa di Sekolah Menengah Pertama (Penelitian di Kelas VIII SMP Islam Telukjambe). Jurnal Wahana Karya Ilmiah, 4(1), 487–497.
Departemen Agama RI (2016). Al-Qur’an Terjemah Tafsir Perkata (Cet. I; Bandung: Sygma Publishing, 2016), h. 543.
Direktorat Tenaga Kependidikan (2016). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan, 2016, h.5.
D. Bahri. Syaiful & Aswan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 136.
DePorter, Bobbi (2016). Quantum Teaching Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, (Bandung: kaifa. PT Mizan Pustaka. 2016), h. 14.
Fathurrohman Pupuh & Sidiik M. (2017). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. (PT. Refika Adimata, Bandung. 2017),h.1
Fahadah. Shima Elya (2015). Skripsi Penerapan model quantum teaching berbantuan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun di SMAN 1 Demak. (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang 2015).
Gunawan. Heri (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Bandung: Alfabeta, 2013), hal. 202.
Huda. Syamsul (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, (Yogyakarta: Araska, 2012), hal. 143
Hamruni (2012). Strategi Pembelajaran, (Insan Madani, Yogyakarta, 2012).
Harjanto (2010). Perencanaan Pengajaran, cet.2, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 246
Joni Purwono (2014). Jurnal Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan (2(2), 127 – 144, Edisi April 2014).
Kunandar (2017). Pendidik Professional, Implementasi Kurikulum 2013 (Jakarta: Raja grafindo Persada, 2017), h.41
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran, (PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013).
Muntasir M Saleh (1985). Mencari Evidensi Islam (Jakarta: Rajawali, 1985), h. 35.
Pribadi, Benny A. (2016). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Kencana, 2016.
Pramudita. Ratna (2018). Skripsi. Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas vii ditinjau dari kecerdasan majemuk (Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 2018).
Putra. Nusa & Santi, Lisnawati (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012), hal. 1
Republik Indonesia (2013). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 20 03 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: 2003)
Republik Indonesia (2013). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Permata Press. 2013), h. 2.
Rose, Colindan Malcolm J. Nicholl (2016). Accelerated Learning: For the 21st Century (London: Judy Piatkus, 2016), h. 92.
Rianie Nurjannah (2015). Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat) Jurnal: Management of Education, 1 (2), ISSN 977-2442404. 2015.
Rizqi Ilyasa Aghni (2018). Jurnal Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (XVI (1), Tahun 2018).
Rohman, Muhamad (2013). Strategi Dan Desain Pengembangan System Pembelajaran, (Prestasi Pustakaraya, Jakarta, 2013).
Sugiyono (2018). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta, Bandung. 2018) h. 63
Sanjaya Wina (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, cet.4, (Jakarta :Kencana, 2011), hlm. 211
Tafsir, Ahmad (1992). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992), hal. 32