Urgensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs NW Dames
Penulis
Muh. Saidil Ikhwan , Syarifah Aulia Rabbani , Silmy Muthiah Mawardah , Yunita Sari , Galuh Mentari PutriDOI:
10.29303/jipp.v9i1.2028Diterbitkan:
2024-02-08Terbitan:
Vol 9 No 1 (2024): FebruariKata Kunci:
Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Supervisi.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Guru seharusnya bekerja secara profesional dalam memberikan pengetahuan terhadap peserta didik. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan professional kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu melalui bantuan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan menganalisis urgensi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs NW Dames. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang difokuskan pada kinerja guru. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan guru kelas di MTs NW Dames. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kegiatan supervisi kepala sekolah di MTs NW Dames sudah berjalan sangat efektif disebabkan oleh sikap kedisiplinan kepala sekolah terhadap guru berpengaruh terhadap kinerja guru yang mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. 2) Urgensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs NW Dames telah dilakukan melalui upaya yang dimulai pada aspek, a) Supervisi Perkembangan Kurikulum; b) Supervisi Mengembangkan Kompetensi Guru; dan c) Peningkatan Kinerja Guru.
Referensi
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Amrin, A., Asiah, S., Al-Qosimi, M. M., Imamah, A. I., Rochmawati, M. U., & Shofita, N. (2022). New Normal and Islamic Education: Islamic Religious Education Strategy On Educational Institutions in Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 120–129.
Baidi, B., Putra, H. R., & Junaidah, J. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Motivation on Work Productivity for Teachers in All State Junior High Schools of Surakarta. Universal Journal of Educational Research.
Djamulia, W., Latuconsina, A., & Lauselang, H. (2022). Urgensi Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pai Di Sd Negeri 5 Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Studi Islam, 11(2), 152–171.
Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 88–93.
Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97.
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1).
Kebudayaan, K. P. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 49–58.
Nelson, S. G. (1993). J. Minor Gwynn: 1897-1971. University of South Carolina.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358.
Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.
Permendiknas, R. I. (n.d.). Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta.
Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.
Ramadona, M., & Wibowo, R. (2016). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 3(1).
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam
Ajepri, F., Vienti, O., & Rusmiyati, R. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 130–149. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i2.53
Amrin, A., Asiah, S., Al-Qosimi, M. M., Imamah, A. I., Rochmawati, M. U., & Shofita, N. (2022). New Normal and Islamic Education: Islamic Religious Education Strategy On Educational Institutions in Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 120–129.
Baidi, B., Putra, H. R., & Junaidah, J. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Motivation on Work Productivity for Teachers in All State Junior High Schools of Surakarta. Universal Journal of Educational Research.
Djamulia, W., Latuconsina, A., & Lauselang, H. (2022). Urgensi Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pai Di Sd Negeri 5 Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Studi Islam, 11(2), 152–171.
Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 88–93.
Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97.
Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1).
Kebudayaan, K. P. (2013). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013. Nuh, M.(2013). Kurikulum.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Muchlis, M. (2022). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 49–58.
Nelson, S. G. (1993). J. Minor Gwynn: 1897-1971. University of South Carolina.
Novianti, H. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 9(2), 350–358.
Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.
Permendiknas, R. I. (n.d.). Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta.
Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.
Ramadona, M., & Wibowo, R. (2016). Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP K 1 Penabur Pasar Baru Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 3(1).
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam profesi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Saragih, A. H. (2008). Kompetensi minimal seorang guru dalam mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34.
Sarifudin. (2019). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 02, No. 01, Januari 2019. Islamic Managemen, 02(01).
Sudibjo, N., & Ananta, A. S. (2021). Peran Kepuasan Kerja Sebagai Mediator Keadilan Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 16(2), 113–127.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Suharsongko, M. E. (2019). Perkembangan Supervisi Pendidikan. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 1(1), 1–24.
Wahyuningsih, W., Sutama, M. P., & Anif, S. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik Di SMPN 1 Todanan Blora. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wardi, A. M. (2019). Proses dan teknik supervisi pendidikan. Universitas Negeri Padang.
Warlizasusi, J., Putra, H. R., Ifnaldi, I., Lukman, L., & Dewinofrita, D. (2020). The Role of Collegial Supervision of School Supervisors and Head of Developing Teacher’s Pedagogic Competence in Rejang Lebong Regency. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(12), 948–961.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muh. Saidil Ikhwan, Syarifah Aulia Rabbani, Silmy Muthiah Mawardah, Yunita Sari, Galuh Mentari Putri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.