Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SDN 11 Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023
Penulis
Mayasari Mayasari , Dian Mayasari , Rien Anitra , Ibrahim IbrahimDOI:
10.29303/jipp.v9i1.2054Diterbitkan:
2024-02-26Terbitan:
Vol 9 No 1 (2024): FebruariKata Kunci:
hasil belajar IPA, motivasi belajar siswa, organ gerak hewan.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Motivasi belajar memainkan peran peting dalam menentukan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa, untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif IPA siswa, dan mengetahui ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar kognitif IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian ini menggunakan desain penelitian assosiatif yaitu hubungan antara variabel bebas yaitu motivasi belajar dengan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif IPA. Penelitian ini berlokasi di SDN 11 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil/II tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 11 Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 11 Singkawang dengan jumlah sampelnya adalah 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berdasarkan teknik angket dan pengukuran, yaitu menggunakan angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar kognitif IPA siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat motivasi belajar siswa tergolong tinggi berdasarkan perhitungan presentase nilai siswa dengan rata-rata keseluruhan 67,06%, 2) Tingkat hasil belajar kognitif IPA siswa tergolong tinggi dengan rata-rata keseluruhan skor siswa yaitu 6,11%, 3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN 11 Singkawang dengan koefisien determinan sebesar 61,5%. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar kognitif IPA siswa.
Referensi
Anderson, L. W & D. R Krathwolt (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Anderson L. W & D. R Krathwolt. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Peengajaran, dan Assesmen, Revisi Taksonomi Bloom Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Andrean, Seka & Abroto. (2021). Simulasi Pembelajaran IPA Menggunakan Computer Based Instruction MI Ma'arif Darussalam Plaosan. Jurnal Idaarah. Vol.3/2
Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: IPCiSoD.
Arikunto (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Balqis (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Karang Tengah. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Creswell, J. W. (2015: 664). Penelitian Kuantitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RINEKA CIPTA.
________. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali & Pudji (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Deepublish.
Febriani, C. (2017). Pengaruh media video terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif pembelajaran ipa kelas V sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11-21.
Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Angensindo.
Lawe, Y. U., & Pau, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(1), 64-74.
Indrawan, R., & Poppy (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pengembangan dan Pendidikan (Revisi). Refika Aditama.
Ismail, H. F. (2018). Statistik Untuk Penelitian Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kemendikbud. (2016). Perkemendikbud No. 20 Tentang Standar Kompetensi Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Krisnawati, Y. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Kanisius Gayam. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Kumala, Farida Nur (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang: Penerbit Ediide Infografika.
Lestari & Dahliana (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berkarakter pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Boniminal, 2 (1). Retrieved from https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5512
Lestari & Yhudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, Ega (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 12 Singkawang. STKIP Singkawang.
Litbang, Kemendikbud. (2019). Programme For International Student Assessment PISA. https://litbang.kemendikbud.go.id/pisa (diakses pada tanggal 18 september 2022 pukul 09.50 WIB)
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
Mamik (2015). Metodologi Kualitatif. Surabaya: Zifatama Publisher.
Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (Skripsi. Tesis, Disertasi, & Karya Ilmiah). Jakarta: Kencana.
Ningtyas (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Kalirejo. Lampung: Universitas Lampung.
Nur'aini, Devi (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Eksperiment Pada Pembelajaran IPA Kelas VB SD Negeri Tambakrejo Kabupaten Purworejo. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktaviana (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN Serikandi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9-17.
Payadnya & Gusti (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan Spss. Deepublish.
Prasetyo, H. Y. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 19-26.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Prihartanta, Widayat (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya. Vol 1, No. 83, hlm:3-4
Priyatno, Dwi (2016). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validasi Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1 (1), 60-65. Retrieved from https://doi.org/10.33369/jp2ms. 1. 1.60-65
Safitri, dkk. (2016). Deskripsi Kemandirian Belajar dan Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap hasil Belajar Siswa Pada Materi Program Linier XII SMA Negeri 2 Masohi. Bimafika.
Samatoa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530-539.
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarira, P. M., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2019). Hubungan Argumentasi ilmiah dan hasil belajar kognitif pada penerapan model problem based learning (PBL). Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(2), 1-10.
Setiawan, dkk. (2017). statistik II Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.
Shella, M., Iriani, B., & Rilia, I. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Vidya Karya, 33(1).
Siregar, S. (2017). Statistik Terapan Untuk Perguruan Tinggi Edisi Pertama. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Sitoyo & Sodik (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241-247.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Alfabeta.
Sulfemi, Wahyu Bagja (2018). "Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor". Jurnal Pendidikan dan Administrasi Pendidikan. 18(1), hlm:3 dan 4
Sulistyaningsih, I. (2016). Hubungan Antara Minat dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV di Salah Satu Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sulistyorini, S. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid II. Jawa Barat: Jejak.
Susanto, Ahmad (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susilawati, D. (2018). Tes dan Pengukuran. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Suwartono (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Suyoso, Abdulah (2012). Pengembangan Pendidikan IPA SD. Jakarta: Dirjrndikti Depdiknas.
Ulfia, Nisa (2014). "Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan". https://www.academia.edu/8555960/Kurikulum_Tingkat_Satuan_Pendidikan. Diakses 20 April 2022.
Unaradjana, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Widiyanto, M. A. (2013). Statistik Terapan (Konsep & Aplikasi Spss Dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mayasari Mayasari, Dian Mayasari; Rien Anitra; Ibrahim Ibrahim
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.