Pengembangan Media Video pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Lingkungan Inklusif SD Lenterahati Islamic Boarding School
Penulis
Jundu Muhammad Mufakkirul Islami , Fajar Arianto , Utari Dewi , Mustaji Mustaji , Muazar HabibiDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2105Diterbitkan:
2024-05-30Terbitan:
Vol 9 No 2 (2024): MeiKata Kunci:
Inklusi, Media Video, Pengembangan, TematikArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan formal di Indonesia terus bertransformasi dengan adopsi Kurikulum Merdeka sebagai yang terbaru, meskipun beberapa sekolah masih menggunakan Kurikulum 2013, terutama dalam pendekatan saintifik dan pembelajaran tematik-terpadu. Penelitian ini memfokuskan pada penerapan pendekatan tersebut pada kelas lima di SD Lenterahati Islamic Boarding School NTB, sebuah sekolah inklusif di Pulau Lombok. Dalam konteks pembelajaran inklusif, pengembangan media pembelajaran menjadi penting, terutama media video berbasis inklusi, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mengakomodasi kebutuhan siswa ABK. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media video berbasis inklusi untuk pembelajaran tematik tema 2 kelas lima, sebagai langkah menuju pembelajaran inklusif yang lebih holistik dan berkeadilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE untuk mengembangkan media video pembelajaran tematik kelas V di SD Lenterahati Islamic Boarding School. Model ADDIE memberikan kerangka kerja terstruktur dan dinamis untuk proses pengembangan yang sistematis. Evaluasi kelayakan media dilakukan melalui uji coba lapangan dan asesmen formatif dan sumatif. Hasilnya, media video terbukti efektif dengan hasil uji t 16,541 > 2,208 serta uji kelayakan materi 90% dan uji kelayakan media 95% dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pernapasan manusia, sesuai dengan standar pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan ini berhasil mendukung proses pembelajaran.
Referensi
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Biasa, P. P. L. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif.
binti Azhan, R. A., & bin Berahim, S. (n.d.). PENGETAHUAN PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM KALANGAN SISWA GURU SEMESTER ENAM IPGKDRI.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Celsie Carolien, Shanta Rezkita, & Ayu Rahayu. (2023). Pengembangan media powerpoint berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Science Education and Development Journal Archives, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i1.11
Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717
Handayani, I. N. (2019). Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder). Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 4, 291–302.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28–37.
Iga Raspati, M., & Maria Zulfiati, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437
Indriasih, I. D. (2020). Media Tali Laso Quick Response Code Pembelajaran Tematik Pada Siswa Inklusi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(1), 209–226. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i1.159
Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091
Khotimah, H. (2019). Analisis kebijakan permendiknas no. 70 tahun 2009 tentang sekolah inklusi. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(2).
Khoyimah, A. N., Khasanah, A., & Kultsum, U. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusi di TK Desa Mranggen 01 Sukoharjo. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 3(2), 291–302.
Naila Farikhatun Umamah, Indra Prastianing Zahro, Anisah Indriana Cahyani, Risma Anggira, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2023). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Suara Pengabdian 45, 2(3), 68–79. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v2i3.927
Ni Kadek Setyawati, I Gusti Ngurah Japa, & I Ketut Gading. (2022). Media Video Pembelajaran Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Daya Serap Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 490–501. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.52820
Nurhastuti, N. (2019). Perspektif Pendidikan Anak Tunadaksa (Bahan Ajar).
Nurlaili, N., Umi Anisa Nur Jannah, Hanif Amrullah, & Luthfia Fadilah. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT DALAM MATERI MENEMUKAN PESAN DARI DONGENG BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Al-Mujahidah, 4(1), 95–101. https://doi.org/10.51806/al-mujahidah.v4i1.78
Phangesti, D. S. (2023). Kebijakan dan Kepemimpinan Transformatif di Madrasah Terhadap Isu Pendidikan Inklusif: Kajian Kebijakan Pendidikan, Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Kepemimpinan Transformatif Terhadap Isu Pendidikan Inklusi. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1599–1608.
Prastiwi, Z., & Abduh, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 668–682. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5235
Purnomo, E., & Wijayanto, P. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PELATIHAN PARENTING AUTISME BERBASIS MEDIA VIDEO. Jurnal Kwangsan, 6(1), 92. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p92--106
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195
Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023a). Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38–53.
Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023b). Ragam Anak Berkebutuhan Khusus. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38–53.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Supena, A., Nurasiah, I., Safitri, N., Kusmawati, A. P., Putri, F. D. C., Sundari, F. S., Borolla, F. V., Zakiah, L., Murniviyanti, L., & Simbolon, M. E. (2022). Pendidikan Inklusi Untuk ABK. Deepublish.
Valentina, N. P. D., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Profesi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 231. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35640
Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152–161.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jundu Muhammad Mufakkirul Islami, Fajar Arianto, Utari Dewi, Mustaji Mustaji, Muazar Habibi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.