Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Digital
Penulis
Paratania Jianingsih , Putri Fatimah , Nur Ismi Sabarunisa , Ari Nashiruddin Zaini , Nursina Sari , Syukri SaniDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2169Diterbitkan:
2024-04-26Terbitan:
Vol 9 No 2 (2024): MeiKata Kunci:
Hasil Belajar, Media Digital, Problem Based Learning.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pemahaman peserta didik kelas IV SDN 1 Banyumulek pada materi kalimat efektif dan kalimat tidak efektif yang masih kesulitan. Hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik masih rendah dengan rata-rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media digital terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan berdasarkan desain model dari Kemmis dan Mc. Taggart. Tempat penelitian di SDN 1 Banyumulek dengan sampel sebanyak 29 peserta didik. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I hasil N gain memperoleh skor sebesar 0.28 dalam kategori rendah. Sedangkan pada siklus II hasil N gain memperoleh skor sebesar 0.78 dalam kategori tinggi. Dengan demikian, indikator yang telah terpenuhi dengan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik materi kalimat efektif dan kalimat tidak efektif maka model PBL berbasis media digital efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.
Referensi
Abarang, N., & Delviany, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 46-55. https://doi.org/10.59562/progresif.v1i2.28570
Amir, M.T.(2019). Inovasi pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Praadamedia group.
Bisri, dkk. (2021). Penerapan model PBL Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas IV Tema 7. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6 (1). 60-65. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.148
Cheng, K. K., Thacker, B. A., Cardenas, R. L., & Crouch, C. (2004). Using An Online Homework System Enhances Students’ Learning Of Physics Concepts In An Introductory Physics Course. American Journal of Physics, 72(11), 1447–1453. https://doi.org/10.1119/1.1768555
Erfan, M., Sari, N., Suarni. N, Maulyda, M. A., & Indraswati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal IKA, 8 (1), 108-118. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.588
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 05 (01), 27-35. http://jurnal.usk.ac.id/jpsi
Fazri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA, 7 (1), 64-73. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478
Juliastari, J., dkk. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X.8 SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 20022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9 (1), 106-112. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1874
Kamilah, M. N., dkk. (2021). Kreatifitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Powerpoint di SMPN 1 Karawang Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6 (2), 223-226. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.2044
Kasbolah, K. (2001). Penelitaian Tindakan Kelas. Malang : Universitas Negeri Malang.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Reader (Third). Victoria: Deakin University Press.
Kerlinger, F.N. (2010). Asas-asas penelitian Behavioral. PT. Indeks.
Kusmiyati (2006). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar MIPA, III(I), 23–29. https://doi.org/10.29303/jpm.v4i1.178
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. B. (2019). Problem-Based Learning as An Effort to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 1140–1143. https://doi.org/10.5281/zenodo.3457426
Masykurni, M., Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Konsep Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Padang Tiji. Jurnal Pendidikan Sains. 04 (01), 94-106. https://jurnal.usk.ac.id/JPSI/article/view/6587
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. 11 (1), 9-16. https://dx.doi.org/10.17977/um014v13i12020p030
Parahitha, I. M. N., et al. (2019). Improving Students' Critical Thinking Skills through problem based learning models. Journal of Physics: Conference Series, 9 (11), 9481¬4486. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5231
Raharjo, D., & Muljani, S. (2022). PembelajaranBerkarakteristik Inovatif Abad Ke-21 Pada Materi Kemandirian Karir Peserta Didik dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) di SMK Negeri 1 Adiwena Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87-104. http://cakrawala.upstegal.ac.id/
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9787
Roestiyah, N.K. (1989). Asas-asas pengajaran.
Rosda Karya Sari, W. N., dkk. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8 (1), 112-118. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1122
Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 34. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.880
Sari, W. N., dkk. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Power Point terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batukliang Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 8 (1), 112-118. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1122
Sumitro, A. H., Setyosari, P., & Sumarmi (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 2(9), 1188–1195. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9936
Surakhmad, W. (1990). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Sutipnyo, B., & Mosik, M. (2018). The Use of Numbered Heads Together (NHT) Learning Model with Science, Environment, Technology, Society (SETS) Approach to Improve Student Learning Motivation of Senior High School. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 26–31. https://doi.org/10.15294/jpfi.v14i1.13929
Tahrim, T. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Aceh, Indonesia: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Wardani, B., et al. (2002). Belajar dan pembelajaran. PT Rineka Cipta
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Paratania Jianingsih, Putri Fatimah, Nur Ismi Sabarunisa, Ari Nashiruddin Zaini, Nursina Sari, Syukri Sani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.