Tren Penelitian Minat Wirausaha di Lingkungan Pendidikan dan Masyarakat Tahun 2019 - 2024: Systematic Literature Review
Penulis
Ana Luthfiyah , Aditiya Chandra Prasetiya , Maf Ulatul Ainiyah , Siti Sri Wulandari , Susanti SusantiDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2182Diterbitkan:
2024-04-26Terbitan:
Vol 9 No 2 (2024): MeiKata Kunci:
Lingkungan pendidikan, Lingkungan Masyarakat, Minat wirausaha.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Masalah pengangguran telah menjadi fenomena yang meresahkan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan siswa dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tren penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu systematic literature review (SLR). Data dikumpulkan melalui beberapa artikel dari jurnal terindeks Sinta 1 sampai 4 dan Scopus. Berdasarkan kriteria artikel pada penelitian ini diperoleh 50 artikel yang relevan dengan kriteria penelitian untuk selanjutnya dapat ditinjau secara sistematis. Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) terdapat tren peningkatan penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan dari tahun 2019 hingga 2024. 2) Variabel yang paling banyak ditemukan dari artikel yang terkumpul adalah model pembelajaran dan pendidikan kewirausahaan. 3) Penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan telah menunjukkan banyak variabel yang dapat mempengaruhinya. fokus utama pada dua kelompok subjek yakni mahasiswa dan siswa. 4) Tren penggunaan metode penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan masih didominasi oleh pendekatan positivistic. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti minat wirausaha di lingkungan pendidikan dengan menggunakan berbagai metode penelitian yang dapat menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang minat wirausaha.
Referensi
Abdi, A. N., Utami, C. W., & Vidyanata, D. (2021). PENGARUH ENTREPRENEURIAL EDUCATION, PERSONALITY DAN SELF-EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 10(1), 23. https://doi.org/10.26418/jebik.v10i1.44783
Abdulhalim, U., Djoko, S., Kie, S., & Ternate, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Kota Ternate pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. 4(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.8198057
Abroza, A. (2024). Mengeksplorasi Implementasi Kewirausahaan di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 5335–5343.
Adelowo, C., & Akinwale, Y. (2023). Gender differences in entrepreneurial interest and practice among undergraduate students in Nigeria. Problems and Perspectives in Management, 21(2), 482–492. https://doi.org/10.21511/ppm.21(2).2023.45
Agusantia, D., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Analogi Matematis di Indonesia: Systematic Literature Review. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 222–231. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6436
Aisyahrani, A. (2024). Peran Kewirausahaan dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. BENEFIT: Journal Of Business, Economics, And Finance, 2(1), 18–26. https://doi.org/10.37985/benefit.v2i1.341
Azzahra, D., Dwisari Indriani, E., & Rustini, T. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengajarkan Wirausaha Kepada Siswa SD (Vol. 7, Issue 1). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Dan, F., & Budiono, H. (2020). Pengaruh Theory Of Planned Behavior Terhadap Minat Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaa, 2(1), 131–140.
Desy Nursanti, T., Afdhal Chatra P, Ms. M., Adrian, Me., Abdul Gani Haitamy, M., Dani Arisandi, C. D., Putu Riesty Masdiantini, Ms., Boari, Y., & Loso Judijanto, Ms. (2024). ENTREPRENEURSHIP (Efitra, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. www.buku.sonpedia.com
Febianti, Y. N., Vierintino, C., & Herawan, E. (2023). PENGARUH SELF EFFICACY DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.36706/jp.v10i1.19364
Gautama Siregar, B., & Lubis, A. (2022). PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 6, 78–91.
Hadi Prayitno, A., Tri Hertamawati, R., Irwani, N., Fati, N., Masir, U., Akhsan, F., Wakano, F., Bachtiar Abdullahi, A., & Meswari, R. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Minat Wirausaha Mahasiswa Jurusan Peternakan Politani Pangkep. PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA JURUSAN PETERNAKAN POLITANI PANGKEP, 7(1), 353–360.
Hanan Hawari, A., & Hafiz, A. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KECAMATAN JONGGAT, KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Journal Transformation of Mandalika, 5(1). https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm
Hartini, H., Wardhana, A., Normiyati, N., & Sulaiman, S. (2022). Peran self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha women entrepreneur yang dimediasi oleh pengetahuan kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 18(2), 132–148. https://doi.org/10.21067/jem.v18i2.7036
Hidayat, R., Hidayat, N., Yasep Setiawan, M., Hamka Air Tawar, J., & Barat, S. (2024). Kontribusi Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMKN 2 Payakumbuh. MSI Transaction on Education, 5, 2721–4893. https://doi.org/10.46574/mted.v5i1.126
Husni, R., Syekh, U., Hasan, A., Addary, A., Rizal, J. T., & Km, N. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR, MINAT BERWIRAUSAHA, KREATIVITAS, MOTIVASI, DAN LIFE SKILL SISWA. Bionatural, 10(2), 12–22.
Ikhsan, N. M., Dewi, N. R., & Waluya, S. B. (2024). Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Preprospec berbantuan Aplikasi Game Android: Systematic Literature Review (SLR). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 4, 253–260. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ikramullah, M., Aslinda, A., & Heriansah, H. (2020). FAKTOR DETERMINAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA (EVALUASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 59. https://doi.org/10.20961/jkb.v25i2.44990
Gudnanto, Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2023). KONSELING KELOMPOK MODEL KIPAS (KONSELING INTENSIF, PROGRESIF, ADAPTIF, TERSTRUKTUR) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Mahasiwa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Jaenab, E. S., Azis Ansori, A., & Suryana, E. A. (2024). Meningkatkan Minat Berwirausaha Melalui Seminar Kewirausahaan di Desa Jatiluhur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2). https://doi.org/10.37726/adindamas.v3i2.418
Juhari, Hamdan, Nurwasya, Safitri, M., & Makrus, M. (2024). Penurunan Angka Pengangguran dan Peningkatan Kesempatan Kerja di Kota Pangkalpinang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 1087–1099.
Ketaren, B. A., Kristen, U., Wacana, S., & Wijayanto, P. (2021). PENGARUH KEMANDIRIAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FEB UKSW. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1). https://doi.org/10.26740/jepk.v9n1.p67-78
Kewirausahaan, P., Meningkatkan, G., Berwirausaha, M., Siswa, P., Ibnu, S., Pekanbaru, T., Yulyanti, S., Kurniawati, D., Diana, H., Septian, S. P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Riau, U. I., & Id, S. U. A. (2024). Entrepreneurship Training to Increase Entrepreneurial Interest in Students at Ibnu Taimyah Vocational School Pekanbaru. In ARSY: Aplikasi Riset kepada Masyarakat (Vol. 4, Issue 2). http://journal.al-matani.com/index.php/arsy,Online
Krishnawati, N., Nurihsan, J., Budimansyah, D., & Nurdin, E. S. (2023). The Role of Entrepreneurship Education in Shaping Students’ Emotional and Cognitive Competencies for Entrepreneurship. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(2), 262–280. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.2.15
Kurniawan Yusril Rosyid. (2019). The Effect of using Social Media to Enterpreneurial Interest in Airlangga University Students: Case in Management Students at Faculty of Economic and Business. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(7), 2278–3075.
Lv, Y., Chen, Y., Sha, Y., Wang, J., An, L., Chen, T., Huang, X., Huang, Y., & Huang, L. (2021). How Entrepreneurship Education at Universities Influences Entrepreneurial Intention: Mediating Effect Based on Entrepreneurial Competence. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.655868
Soelaiman, L. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA GENERASI Z DI JAKARTA. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 05(04), 971–978.
Milaningsih, I. P., Sumarti, S., Wijayati, N., Sulistyaningsih, T., Kimia, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2023). Chemistry in Education Pengembangan E-LKPD Bermuatan Chemo-Entrepreneurship untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha Peserta Didik dengan Bantuan Flipbook dan Liveworksheet. In Chemined (Vol. 12, Issue 1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined
Munthe, Y. U., & M. Nawawi, Z. (2023). Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran. ManBiz: Journal of Management and Business, 3(1), 12–17. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.1911
Nainggolan, R., & Harny, D. (2020). PENGARUH PENDIDIKAN ENTREPRENEURSHIP DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI DI UNIVERSITAS CIPUTRA). JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 8(2), 183. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p183-198
Pramuki, N. M. W. A., Pratiwi, K. A., & Purwaningrat, P. A. (2019). Faktor-Faktor Pemicu Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha (Studi Empiris di Universitas Hindu Indonesia). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Qurnain, N., & Gazali, G. (2022). PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PONDOK PESANTREN DI MADURA. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(2), 133–154. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5242
Rezki, I., Hanisah, R., & Sari, Y. (2023). Analisis Potensi Youtube sebagai Upaya Meningkatkan Minat Mahasiswa dalam Belajar Matematika dan Berwirausaha Analysis of YouTube’s Potential as an Effort to Increase Student Interest in Learning Mathematics and Entrepreneurship. 8, 63–71. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/
Roy, N., Schlosser, F., & Pasek, Z. (2020). Stimulating Entrepreneurial Interest in Engineers Through an Experiential and Multidisciplinary Course Collaboration. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 3(1), 14–40. https://doi.org/10.1177/2515127419856602
Sarah, S., Syaifulloh, M., & Setiady, R. (2024). Sosialisasi Belajar Berniaga pada Anak Dasar untuk Membentuk Jiwa Kewirausahaan Socialization of Learning to Do Business for Basic Children to Form an Entrepreneurial Spirit (Vol. 1, Issue 1).
Sary, A. L., Biologi, P., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2023). BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS Edible Mushroom PADA MATERI FUNGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA BIOLOGI KELAS X SMA Development of Edible mushroom Based Booklets Learning Media on Fungi Materials to Increase Enterpreneurship Interest in Biology for 10 th Grade in Senior High School (Vol. 12, Issue 1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. JURNAL ILMIAH EKONOMI GLOBAL MASA KINI, 10(2).
Septiliana, L., Shaleh, S., & Hidayati, F. H. (2024). Landasan Etika Mahasiswa Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 147–158. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i2.7483
Suasana, I. Gst. A. Kt. G., & Warmika, I. G. K. (2023). PENDEKATAN PSIKOLOGIS DALAM MENENTUKAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 7(4), 501–520. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2023.v7.i4.5807
Sukmah, Rhman Nawir, & Saripuddin. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK KEPRAMUKAAN UNTUK MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 BANTAENG. Jurnal Ilmiah Pena, 15(02), 2089–8118. https://doi.org/10.51336
Supandi, A., & Burhanudin. (2024). PERAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN INOVASI BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2655–6022.
Suwandi, Amelia, Situmorang, M. S., & Parlindungan, Sholeh. (2024). Peran Kewirausahaan dalam Membangun dan Memajukan Perekonomian Bangsa. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS EKONOMI, 2(1), 224–236.
Teddy, D. I., & Nuringsih, K. (2022). PENGARUH ENTREPRENEURIAL ATTITUDE ORIENTATION DAN LATAR BELAKANG PRIBADI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 319–327.
Thaha, S., Diputra, I., & Indah, N. (2023). Menumbuhkan Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa dengan Membuat Business Plan (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Tri Dharma Nusantara).
Yuliawati, D., Widhiandono, H., & Hidayah, A. (2023). EFIKASI DIRI MEMEDIASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(1), 28–44. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ana Luthfiyah, Aditiya Chandra Prasetiya, Maf Ulatul Ainiyah, Siti Sri Wulandari, Susanti Susanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.