Implementasi Model Context, Input, Process, Product dalam Evaluasi Program Distance Learning Latsar CPNS
Penulis
Agustinus Agustinus , Muttaqin Muttaqin , Agustina R.DOI:
10.29303/jipp.v9i2.2195Diterbitkan:
2024-04-22Terbitan:
Vol 9 No 2 (2024): MeiKata Kunci:
Distance Learning, Evaluasi CIPP, Pelatihan Dasar CPNS.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil evaluasi terhadap efektivitas penyelenggaraan Program Pelatihan Dasar CPNS dengan metode distance learning pada Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara yang diselenggarakan pada tahun 2021. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup pedoman wawancara, pedoman observasi, dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman dengan menelaah data dari berbagai sumber yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Komponen context: Landasan kebijakan program sangat jelas dalam penyelenggaraan Latsar CPNS dengan metode distance learning, serta menciptakan adnya kerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, terutama dalam melibatkan tenaga pelatih atau widyaiswara. Komponen Input: Berbagai aspek seperti kurikulum, tenaga pelatihan, kepesertaan, sarana prasarana, dan pembiayaan telah memenuhi ketentuan dan standar LAN RI dalam pelaksanaan Latsar CPNS. Komponen process: Pembelajaran distance learning melalui kurikulum pembentukan karakter dan Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas (PKTBT) berjalan dengan baik. Komponen product: Seluruh peserta berhasil lulus, sesuai dengan proses evaluasi yang telah ditetapkan. Pemenuhan kompetensi terlihat dari pelaksanaan aktualisasi dan habituasi di tempat kerja.
Referensi
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131-146.
Affiani, M. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Dasar (LATSAR) CPNS Golongan III Angkatan III Berbasis e-Learning di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(2), 104-109.
Akhmadi, A. (2020). Evaluasi Pelatihan Jarak Jauh dimasa Pandemi. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 136-144.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Contexttual. Jakarta: KENCANA.
Armstrong, M. (2006). A Handbook Of Human Resource Management Practice (10th ed.). Philadelphia: Cambridge University Press.
Artiyani, R. (2020). Kajian Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika di SMKN 2 Palembang. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Chan, Janis Fisher (2010). Training Fundamentals: Pfeiffer Essential Guides to Training Basics. San Fransisco: Pfeiffer
Darmadi (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Kekepalasekolahan. Yogyakarta: Deepublish
Darsono, H., Fitri, A. N., Rahardjo, B., Imanuela, M. Z., & Lasambouw, C. M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19 (Kajian di Politeknik Negeri Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 11, No. 1, pp. 1235-1240).
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Djaali, & Pudji Mulyono (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Fauzi, Ikka Kartika A. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.
Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61-74.
Gomes, Faustino.C. (2003), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jogjakarta:Andi,
Guba, E. G., & Stufflebeam, D. L. (1970). Evaluation: The Process of Stimulating, Aiding, and Abetting Insightful Action.
Handoko, T. H., (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE
Harun, Rochajat (2011). Metode Penelitian Kualitatif untuk Pelatihan. Bandung: Mandar Maju.
Helmi, A., & Choiruddin, I. (2021). Potret Pembelajaran Daring Latsar CPNS Angkatan 19 pada Masa Pandemi Covid 19 di Lingkungan PPSDMA KESDM. Jurnal Aparatur, 5(1), 31-43.
Kaswan (2011). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM. Bandung: Alfabeta.
Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D. (2005). Evaluating Training Program. San Francisco, USA: Berret-Kochler Publisher, Inc.
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Lussier, R. N., & Hendon, J. R. (2017). Fundamentals Of Human Resource Management. California: Sage.
Mangkunegara, A. A. Anwar P. (2005). Evaluasi Kinerja, Bandung: PT Refika Aditama,
Marlina, L. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Pendidikan. Istinbath, 15(1), 123–139. Retrieved from http://jurnal. adenfatah.ac.id/index.php/istinbath/article/view/781
Masram, & Mu’ah (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2008). Human Resource Management (12th ed., Vol. 15). Mason: Thomson South-Western.
Miles, Matthew B. & Huberman, A.M. (2009). Analisis Data Kualitatif (terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.
Munir (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Muslihin (2019). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Widyaiswara Indonesia: Science and Technology. Vol VI. hh. 251-268.
Muslihin (2019). Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan: Implementasi Model Kirkpatrick dan CIPP pada Diklat Kepemimpinan. Mataram: Pustaka Bangsa.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 94-101.
Priyono (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (2nd ed.). Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Priyono, & Marnis. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (1st ed.). Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo.
Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (Eds.). (2012). Trends and issues in instructional design and technology (p. 408). Boston, MA: Pearson.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32.
Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan daring selama pandemi covid-19 mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).
Sari, D. R., & Amrozi, F. (2020). Analisis efektivitas Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Politeknik Penerbangan Surabaya (Studi kasus saat terjadi wabah covid-19). Jurnal penelitian politeknik penerbangan surabaya, 5(2), 1-10.
Sondang Siagian (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J. Shinkfield. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.
Sugiyono (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukardi (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwatno, H., & Donni, J. P. (2011), Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung: Alfabeta
Topno, H. (2012). Evaluation of training and development: An analysis of various models. Journal of Business and Management, 5(2), 16-22.
Waruwu, M. (2020). Studi evaluatif implementasi pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 288-295.
Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(4), 481-492.
Zulva, T. N. I. (2020). Covid-19 dan Kecenderungan psikosomatis. J. Chem. Inf. Model, 2(1), 1-4.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agustinus Agustinus, Muttaqin Muttaqin, Agustina R.
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.