Peran MGMP PAI dalam Penguatan Kompetensi dan Kinerja Guru di Zona Utara Kabupaten Lombok Timur
Penulis
Hidayati Hidayati , Abdul Quddus , Saparudin Saparudin , Hesti Dina AuliaDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2201Diterbitkan:
2024-05-06Terbitan:
Vol 9 No 2 (2024): MeiKata Kunci:
Kompetensi, Kinerja, MGMP.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Program MGMP bidang studi Pendidikan Agama Islam dalam penguatan kompetensi dan kinerja guru di Zona Utara Kabupaten Lombok Timur, 2) Kompetensi guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Zona Utara Kabupaten Lombok Timur, 3) Kinerja guru bidang studi Pendidikan Agama Islam di Zona Utara Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang bersifat deskriptif. Sumber data adalah pengurus MGMP, Pengawas PAI, Kepala sekolah dan guru bidang studi PAI. Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menemukan:1) Program MGMP terdiri dari program kerja jangka pendek, program kerja jangka menengah dan program jangka panjang, indikator ketercapaian program MGMP, kegiatan inti, kegiatan pengembangan, kegiatan partisipatif, kegiatan insidental seperti: pengisian data EMIS maupun Ujian Pengembangan Kompetensi bagi guru bidang studi. 2) penguatan kompetensi terdiri dari empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional melalui program MGMP sebagai wujud tanggung jawab bersama dengan mengadakan bimtek kurikulum baru, workshop materi, metode dan evaluasi pembelajaran. 3) Kinerja guru bidang studi PAI ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam membuat RPP dan silabus, menguasai materi, membuat media pembelajaran online, metode pembelajaran yang variatif, membuat alat evaluasi dan melakukan evaluasi. Kesimpulan, dengan kerja keras dan rasa ingin maju bersama guru-guru PAI di Zona Utara, maka guru-guru telah maksimal menyusun program MGMP, melaksanakan dengan kesepakatan bersama baik tempat dan biayanya sehingga MGMP berkonstribusi dalam menguatkan kompetensi dan kinerja guru PAI.
Referensi
Adawiyah, R. (2018). Pengaruh persepsi siswa tentang kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Darut Tauhid Bangkalan (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya.
AMIN, N. U. R. M. (2022). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs MUHAMMADIYAH 1 KALIBENING BANJARNEGARA. Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen.
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.
Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Dongoran, F. R., Naddya, A., Nuraini, N., Aisah, N., Susanti, S., & Ridho, A. M. (2023). Monitoring dan Evaluasi terhadap Peningkatan Kinerja Guru di SMP Terpadu Al-Farabi Tanjung Selamat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1891–1898.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.
Fakrurridha, F., & Nurdin, N. (2019). Pelaksanaan MGMP Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Serambi Ilmu, 20(2), 238–255.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Gunawan, A., Riyadi, A. A., & Musthofa, A. H. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTSN 1 Kota Kediri. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(4), 788–798.
Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.
Hermawan, E. (2017). Peran profesionalitas guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: Study Kasus di SMA Ma’arif 4 Lingga Pura.(Tahun Pelajaran 2015/2016). UIN Raden Intan Lampung.
Imaduddin, M., & Hidayah, F. F. (2019). Redesigning laboratories for pre-service chemistry teachers: from cookbook experiments to inquiry-based science, environment, technology, and society approach. Journal of Turkish Science Education, 16(4), 489–507.
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63.
Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(2), 194–220.
Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1).
Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur.
Noor, I. H. M., Sabon, S. S., Joko, B. S., & Wijayanti, K. (2020). Peran musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMA. Pusat Penelitian Kebijakan.
Nurhamidah, I. (2018). Problematika kompetensi pedagogi guru terhadap karakteristik peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38.
Octavia, S. A. (2019). Sikap dan kinerja guru profesional. Deepublish.
Purwanti, E. (2022). Pembelajaran kontekstual media objek langsung dalam menulis puisi. Penerbit P4I.
Rahman, A. (n.d.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group Asep jihad dan Abdul Haris (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Depdiknas (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas Dirjen.
Rambe, M. A. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Di SMK Negeri 1 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rasyidi, R., Hayani, R. A., & Ilmiah, W. (2020). Guru Dalam Pendidikan Islam, Antara Profesi Dan Panggilan Dakwah. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 6(2).
Rosyidah, E. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik di TPQ Al-Azam Pekanbaru. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 180–189.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Siavashi, M., Rasam, H., & Izadi, A. (2019). Similarity solution of air and nanofluid impingement cooling of a cylindrical porous heat sink. Journal of Thermal Analysis and Calorimetry, 135, 1399–1415.
SITI, M. (2023). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI LAMPUNG UTARA. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Sohim, B., Syah, S., & Hanafiah, H. (2021). Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI di SMP Nurul Ihsan Banjaran Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1(2), 1–20.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Zakir, M. (2020). Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Langsa. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 63–73.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hidayati Hidayati, Abdul Quddus, Saparudin Saparudin, Hesti Dina Aulia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.