Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V
Penulis
Eka Kusniatul Wida , Ahmad Harjono , Fitri Puji Astria , Nurwahidah NurwahidahDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2447Diterbitkan:
2024-08-30Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Hasil belajar, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran IPA, pengembangan perangkat pembelajaranArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Proses pembelajaran dilaksanakan tanpa menyediakan perangkat pembelajaran yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan serta kepraktisan perangkat pembelajaran IPA berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain 4D yang terdiri atas tahapan; (1) Define (Pendifinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), dan (4) Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SDN 35 Cakranegara pada Kelas V dengan komponen perangkat pembelajaran yang diuji berupa silabus, RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan perolehan skor rata-rata kevalidan berdasarkan penilaian validator ahli untuk setiap komponen perangkat pembelajaran adalah 90, 88, 84, 83, 83, dan 81. Sementara itu, hasil berdasarkan penilaian validator praktisi adalah 97, 91, 91, 92, 90, dan 88. Sedangkan untuk nilai kepraktisan berdasarkan penilaian peserta didik terhadap bahan ajar dan LKPD, memperoleh skor 87% dan 90%. Berdasarkan perolehan tersebut, maka perangkat pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan.
Referensi
Adisusilo S. J. R. (2012). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Afrijhon, N., Sutrisno, & Maison. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model PjBL-STEM Terintegrasi Karakteristik Entrepreneur Berorientasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1-8. 10.59052/edufisika.v7i1.16401.
Aprilia, M. & Akmal, A. (2023). Analisis Validitas Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4778-4783. 10.31004/jptam.v7i2.6938.
Arsana, I. W. K. O., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134–143. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817
Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education.
Budiman, D., Fatirul, A., & Waluyo, D. (2023). Pengembangan Media Anyflip Berbasis Strategi Pembelajaran PjBL pada Mata Pelajaran IPA di SDN Kenanten Mojokerto. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 7(4), 801. 10.28926/riset_konseptual.v7i4.862.
Clavinova, S., Sukewen, G., & Suharta, I. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Scratch pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Disposisi Matematika Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 527-541. 10.31004/cendekia.v8i1.2955.
Dalyono, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dani, N. R., F, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Life Skill dengan Menggunakan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3431–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1367
Dewi, P., Romadhana, A., Muzaki, M., & MZ, A.F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 61-68. 10.29303/pendas.v4i1.3164.
Fahrezi, I., Taufiq, M., & Akhwani, A. (2020). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project-based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-415.
Fatmawati, F., Wahyudi, W., & Harjono, A. (2022). Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2563–2568. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.983
Hergenhahn, B. R. & Olson Matthew H. (2009). Theories Of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Prenada Media Group.
Hikmiyah, L. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Berbantuan Minitab untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa SMP. MATHEdunesa, 10(3), 514-522.10.26740/mathedunesa.v10n3.p514-522.
Husamah (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta: Prestaasi Pustaka Raya.
Husna, R. & Pritasari, A. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 3(1), 45-59. 10.35905/jmlipare.v3i1.8978.
Ismail, R., Rifma, R., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 958–965. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808
Izzania, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEAM untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146-157. 10.33369/dikdas.v4i2.15914.
Khanifah, L. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Cerita Rakyat melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v4i1.488
Kurnisar, K., Waluyati, S., Sulkipani & Mariyani (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis PjBL Sebagai Pembelajaran Bermakna. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 200-208. 10.36706/jbti.v9i2.18880.
Muaiyana, R., Ridwan, R., & Ali, M. (2023). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9961-9979. Retrieved from https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/4662
Nisrina, S. H., Rokhmawati, R., & Afirianto, T. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Edu Komputika Journal, 8(2), 82 - 90. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i2.48451
Nurcahyati, S., Haji, S., & Agustinsa, R. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Seluma. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 126-141. 10.33654/math.v10i1.2350.
Rati, N. W. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Jaringan Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 dan Hasil Belajar IPA pada Tema Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar. (Skripsi, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja) Diakses dari https://repo.undiksha.ac.id/14088/
Ratnasari, R., Doyan, A., & Makhrus, M. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEAM pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Kreativitas Peserta Didik: Instrumen Validasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6992-6999. 10.29303/jppipa.v9i9.4178.
Ridha, M. R., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL berbasis STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 223–228. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.447
Sanova, A., Afrida, A. & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142-150. 10.36706/jppk.v9i2.19009.
Santoso, P. H. (2019). Kerangka Pembelajaran Ngss dalam Model Project Based Learning. Gravity, 5(2), 22-30. doi:10.30870/gravity.v5i2.5946.
Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434
Setiawan, N., Wibawa, I., & Margunayasa, I. (2021). Perangkat Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik Berpendekatan STEAM-PJBL pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(4), 813-820. 10.23887/mpi.v2i2.37693.
Setyawan, H. (2023). Project Based learning Adalah? Cek Contoh dan 5 Langkahnya. Link: https://lister.co.id/blog/project-based-learning-adalah/ (diakses 11 agustus 2023).
Skinner, B. F. (1988). The Selection of Behavior: The Operant Behaviorism of B. F. Skinner: Comments and Consequences. Cambridge: Cambridge University Press.
Sopa, N., Mardiana, D., & Ahmatika, D. (2023). Pengembangan LKPD Model PjBL Berbasis STEAM untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(3), 320-329. 10.32672/perisai.v2i3.458.
Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.
Syamsu, A., Ganefri, Refdinal, & Aswardi (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Produktif Kreatif dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 399. 10.29210/30031992000.
Tika, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(4), 557–566. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.39869
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. 10.20527/quantum.v11i1.7606.
Ulya, H., Rahayu, R., Sa'dijah, C., & Qohar, A. (2022). Model Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Etnomatematika Berbasis Proyek: Bagaimana Kelayakannya?. Aksioma. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1019. 10.24127/ajpm.v11i2.4763.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Eka Kusniatul Wida, Ahmad Harjono, Fitri Puji Astria, Nurwahidah Nurwahidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.