Identifikasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa dan Korelasinya dengan Hasil Belajar di Masa Covid 19
Penulis
I Nyoman Loka , Baiq Fara Dwirani Sofia , Husnawati Husnawati , Yunita Arian Sani AnwarDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2455Diterbitkan:
2024-08-20Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Covid-19, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Penelitian Korelasional.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Diberlakukannya proses pembelajaran secara daring akibat adanya pandemi covid-19 menyebabkan siswa harus beradaptasi dengan kebiasaan belajar yang baru. Kemampuan beradaptasi ini sangatlah bergantung pada tingkat kemandirian belajar siswa. Kemandirian sangat diperlukan pada pembelajaran kimia karena memerlukan cara pembelajaran terpadu sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar, hasil belajar kimia dan korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia di masa Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 126 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 56 siswa yang ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Data berupa tingkat kemandirian belajar dikumpulkan dengan teknik angket yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari nilai hasil belajar ulangan kimia. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan statistik non-parametrik dengan menggunakan uji koefisien korelasi kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemandirian belajar dan hasil belajar kimia berada pada kategori cukup. Hasil penelitian juga menunjukkan koefisien korelasi kontingensi (C) yaitu sebesar 0,612 dan dibandingkan dengan rtabel sebesar 0,266 yang menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara kemandirian belajar dengan hasil belajar kimia di masa Covid-19 pada siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Mataram Tahun 2020/2021.
Referensi
Adawiah, R., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., Sofia, B. F. D. & Wahyudiati, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Masa Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Chemistry Education Practice. 5(1), 93-98. Https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/3117/2458.
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora. 8(2): 126-143. Https://ojs.unida.ac.id/JSH/article/view/886/pdf
Andriyani, K., Wildan, & Sofia, B. F. D. (2021). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia di SMAN 3 Mataram Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6(1), 145-150. Https://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/176/152
Basri, H. (2004). Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES). 2(2): 81-89. Https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659/369
Fitriawati, I., Andayani, Y., & Sofia, B. F. D. (2021). Analisis E-Learning Readiness Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Labuhan Haji. Jurnal Pijar Mipa. 16(3), 317-325. Https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/2367/pdf
Hidayat, M. A. & Sutirna (2019, 2 Desember). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Artikel dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Singaperbangsa Karawang. Diunduh dari Https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2486/1928
Imron, R., Jhoviansyah, F, P., & Qolbi, M, A. (2020). Makalah Statistika Pendidikan. Makalah. Universitas Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Kemendibud. (2014). Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran nomor 36962/MPK A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka penyebaran Covid-19.
Listyani. (2010). Improving Instruments Of Students’ Self-Regulated Learning. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kana%20Hidayati,%20M.Pd./Pengembangan%20Instrumen.pdf. Diakses 19 September 2020.
Mujiman, H. (2005). Menenejmen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta. Pustaka Mandiri.
Mutia, S, A. (2018). Pengaruh Kompetenai Keperibadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Rumbia Tahun Pelajaran 2017/108. Skripsi SI. Institut Agama Islam Negeri Metro.
Rahmawati, D. (2016). Hubungan Anatara Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, Haris, M., Sofia, B. F. D. & Al Idrus, S. W. (2022). Hubungan Kebiasaan Belajar Selama Pambelajaran Daring dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Lembar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2b), 732-740. Https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/629/419
Safitri, E., Sofia, B. F. D., Ningsih, B. N. S., & Savalas, L. R. T. (2023). The Effect of Pre-Class Quizzes Assisted Flipped Classroom Learning on Student Learning Outcomes in The Biochemistry Course of Fatty Acid Metabolism. Jurnal Pijar Mipa. 18(6), 898-903. Https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/5745/3470
Saifullah., Saihaan, P., & Sani, I. M. (2013). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 1(1): 26-36. Https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/4891/pdf
Santosa, P. (2007). Statistika Deskriptif Dalam Bidang Ekonomi dan Niaga. Jakarta: Erlangga.
Sarani, N. A., Mutiah, Rahmawati, & Sofia, B. F. D. (2023). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Kelas XI dan Kelas XII MIPA SMAN 7 Mataram Pada Masa Pandemi. Chemistry Education Practice. 6(1), 86-93. Https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/CEP/article/view/3184/3097
Siswanto & Suyanto (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: BOSSSCRIPT.
Sugiyono (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sukarno, A. (1989). Ciri-ciri Kemandirian Belajar. Jakarta: Kenacana Prenada Media.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Uki, F. & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Balajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidkan Non formal. 6(1): 89-95. Https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/196/185
Yuliawan, H. & Nusantoro, E. (2020). Hubungan Antara Keyakinan Diri dan Perilaku Disiplin Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMK Se-Kabupaten Boja. Jurnal Edukasi:Jurnal Bimbingan Konseling. 6(2): 124-138.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Nyoman Loka, Baiq Fara Dwirani Sofia, Husnawati Husnawati, Yunita Arian Sani Anwar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.