Perpaduan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dengan Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Penulis
Nur Fitri Aziza , Sukardi Sukardi , Ananda WahidahDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2635Diterbitkan:
2024-08-14Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray (TSTS), Video, Hasil belajarArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Dengan pendekatan kuantitatif, metode penelitian quasi eksperiment serta desain penelitian non equivalent only pretest posttest control group design. Populasinya semua siswa kelas XI IPS SMAN 1 Aikmel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling setelah dilakukan penyepadanan. Dua kelas terpilih menjadi sampel sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan datanya melalui tes pilihan ganda yang telah mencukupi kriteria instrumen. Perolehan data dianalisis dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TSTS berbantuan video terhadap hasil belajar siswa. Adapun criteria dalam penelitian ini apabila nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterimayang berarti ada pengaruh, apabila nilai Sig. (2-tailed) lebih besar dibandingkan taraf signifikansi 5% maka Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti tidak ada pengaruh. Dalam penelitian ini ditemukan nilai Sig. 0.000 < 5% (0.05) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga membuktikan ada pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan video terhadap hasil belajar siswa. Adapun nilai untuk pretest kelas kontrol adalah 39.87 dan kelas eksperimen 37.59. Setelah diberikan perlakuan rata-rata nilai posttest kelas kontrol 54.59 sedangkan kelas eksperimen 72.40 ini membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran TSTS berbantuan video setelah di terapkan di kelas eksperimen. Peningkatan hasil belajar siswa dikarenakan adanya inovasi model TSTS berbantuan video yang masih jarang dilakukan. Implikasi secara teoritis bahwa model pembelajaran TSTS berorientasi konstruktivistik dan dapat menjadi landasan kuat dalam pembelajaran bidang sosial.
Referensi
Agatha, Sulistyorini (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Skripsi. FKIP, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Yogyakarta.
Ansori, M., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2022). Pengaruh Konsentrasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Video Youtube. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 2.
Bafadal R., Sukardi, & Nursaptini (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Resitasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(3), 425-460
Denensi, F., Gunur, B., & Jehadus, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatiftipe Two Stay-Two Stray Dengan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. JIPMat, 5(1), 432911.
Dewi, K. P. K., & Parmiti, D. P. (2022). Dampak Model Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 33-38.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ismail, M., Sukardi, S., & Su'ud (2009). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sasak: ke Arah Sikap dan Prilaku Berdemokrasi Siswa SMP/MTS. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2 Jul).
Ismawati, N., & Hindarto, N. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Strayuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1).
Jannah, M., & Julianto, J. U. L. I. A. N. T. O. (2018). Pengembangan media video animasi digestive system untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798.
Jayawardana, H. B. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Guided Inquiry terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 2 Banguntapan.jurnal bioedukatika, 3(2), 1.
Juniantari, I. G. A. S., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 3(3), 370-377.
Kirti, I. G. A. S., Sukardi, S., & Ismail, I. (2018). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Slide Program Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5 (2).
Kurnia, N., Degeng, I. N. S., & Soetjipto, B. E. (2017). The implementation of find someone who and two stay two stray models to improve students’ self-efficacy and social studies learning outcomes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 7(03), 66-70.
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149-157.
Lisdiana, A. (2019). Memantik Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 162-183.
Lusiana, I. A., Setyosari, P., & Soetjipto, B. E. (2017). The Application of TwoStay Two Stray (TSTS) and Fan-N-Pick Learning Models to Improve Students’ Motivation and Learning Outcomes on Social studies Subject. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(3), 97-108.
Manik, K., & Gafur, A. (2016). Penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan multimedia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 39-49.
Mufida, M., Al Ayubi, S., & Irawati, T. N. (2020). The Application of TSTS Learning Model to Improve Student Activity and Learning Outcomes. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 108-114.
Ni'mah, F. (2017). Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing disertai media video untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas VII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), 43-59.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 128-135.
Purwanto, A., Kasdi, A., & Sukartiningsih, W. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran IPS berrorientasi model problem based learning berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 5(1), 1–10
Putri, P. K., Hidayatullah, A., & Shoffa, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24-36.
Rachmawati, Y., & Ernawati, T. (2018). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 45-50.
Rahayu, M., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Enhancement of Science Learning Outcomes through Two Stay Two Stray Learning Model Assisted with Mind Mapping Media. Journal of Education Technology, 4(3), 218-227.
Rosyida, S., Ismail, M., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran circuit learning (cl) berbantuan media kartu soal terhadap hasil belajar pkn. Jurnal pendidikan sosial keberagaman, 5(2), 60–72.
Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164-171.
Silaban, B., & Gari, H. (2021). The Effect of Cooperative Learning Model with Two Stay Two Stray Type in Students' Learning Outcomes of 7th Grade Students State Junior High School 1 Onolalu.
Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17-23.
Sulistyo, A. N., & Kusmanto, B. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Two Stay Two Stray.
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. International Journal Of Elementary Education, 3(3), 316–326.
Susanto, Ahmad (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray DenganPendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. JURNAL “MEDIAN,” 9(3), 36–42.
Umbara, U. (2017). Implikasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31-38.
Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas iv sd bukit aksara semarang. Jurnal kualitas pendidikan, 1(3), 37–43.
Wadi, H., Suryanti, N. M. N., Sukardi, & Sutisna, D. (2021). Inovasi Bahan Ajar Berbasis Scientific Approachbagi Guru-guru IPS di SMA 1 Lingsar Lombok Barat. Prosiding PEPADU 2021, 3, 385–394.
Wasti, S. (2013). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 2(1).
Wulan, D. C. (2022). Penerapan model pembelajaran PBL berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1337–1343.
Yolanda, S. E., & Gunawan, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 274–282.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nur Fitri Aziza, Sukardi Sukardi, Ananda Wahidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.