Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Lintas Minat
Penulis
Bentan Nuijie Tamanolies , Gito Hadiprayitno , Mohammad Liwa IlhamdiDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2643Diterbitkan:
2024-08-21Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Hasil Belajar, Lintas Minat, Media PembelajaranArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Media pembelajaran berbasis android berperan penting dalam kegiatan pembelajaran karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa lintas minat; (2) mengetahui pengaruh peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat; dan (3) mengetahui pengaruh interaksi media pembelajaran berbasis android dengan peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Mataram dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu X IPS 1 dan X IPS 2. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental. Uji hipotesis menggunakan statistik Two Way Anova dengan taraf signifikansi (a)=5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig < 0.05; (2) tidak terdapat pengaruh peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig > 0.05; (3) terdapat pengaruh interaksi antar media pembelajaran berbasis android dengan peminatan biologi terhadap hasil belajar siswa lintas minat dengan nilai sig < 0.05. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Referensi
Ali, M., & Setiani, D.D. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Jamur. Jurnal Bioedusiana. 3(2), 59-63. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bioed/index
Azhar, A. (2017). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah, S., Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2017). Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains. 6(2), 197-213. DOI: http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i2.1957
Fatimah, S., & Mufti Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia. 10(1), 59-64. https://doi.org/10.14421/kaunia.1066
Hadiprayitno, G., Kusmiyati, K., Lestari, A., Lukitasari, M., & Sukri, A. (2021). Blended Learning Station-Rotation Model: Does it Impact on Preservice Teachers’ Scientific Literacy? Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 7(3), 317–324. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.676
Irwansyah, F. S., Lubab, I., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Designing Interactive Electronic Module In Chemistry Lessons. Journal of Physics: Conference Series. 895(1): 1-7. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012009
Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android Oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. Journal Acta. 3(1), 57-63. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/4493
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ningsih, S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Berbasis Android Dengan Media Video Pembelajaran. Journal of Classroom Action Research, 6(2). 462-468. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i2.8251
Nirmalasari, D., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau dari Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap Sma N 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 4(2), 110-117. https://www.neliti.com/id/publications/126531/studi-komparasi-penggunaan-media-mind-map-dan-crossword-puzzle-pada-metode-proye#cite
Nurbavliyev, O. K., Kaymak, S., & Almas, A. (2020). The impact of project-based learning on students’ achievement in mathematics. Bulletin of Toraighyrov University. Pedagogics Series. 5(3.2020),367–377. https://www.researchgate.net/publication/349311333_The_impact_of_projectbased_learning_on_students'achievement_in_mathematics
Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2), 312-323. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/496
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. https://peraturan.go.id/id/permendikbud-no-69-tahun-2013.
Pratama, Y. M. P., Iswari, R. S., & Ngabekti, S. (2018). Korelasi Persepsi dan Minat dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 10 Lintas Minat Biologi SMAN 1 Ambarawa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 8(1), 57-67. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.1.2183
Pratomo, E. N., Rosyidi, A., & Karyanto, P. (2012). Hasil Belajar Biologi Ranah Kognitif Ditinjau dari Model Every One is a Teacher Here dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(3), 67-72. https://jurnal.uns.ac.id/bio/article/view/5590
Putra, R. S., Wijayanti, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(2), 2009-2018. https://doi.org/10.15294/jipk.v11i2.10628
Ramdani, A., Jufri, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. 6(3), 433-440. doi: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Riafadilah, A., & Dewi, L. (2018). Evaluasi Implementasi Lintas Minat Dalam Kelompok Peminatan di SMA/ MA Kecamatan Lembang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 129-133. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19831
Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’id. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. 5(1), 76-96. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2856
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research. 5(SpecialIssue), 292- 298. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4263
Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 43-48. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Syah, M. (2010). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Talakua, C., & Elly, S. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Mobile Learning terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kota Masohi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(1), 46-57. https://doi.org/10.22437/bio.v6i1.8061
Tawil, M., & Liliasari, L. (2014). Keterampilan-keterampilan sains dan implementasinya dalam pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Unm.
Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang. 2(1), 9-16. https://doi.org/10.53889/jpig.v2i1.58
Utami, C. N., Muhlis & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research. 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa. 14(3). 135-140. https://10.29303/jpm.v14i3.1299
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bentan Nuijie Tamanolies, Gito Hadiprayitno, Mohammad Liwa Ilhamdi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.