Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pelatihan Pembuatan Brownies Kukus Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler di MAN 2 Mojokerto
Penulis
Mardhiyatu Rohmah , Nugrahani Astuti , Niken Purwidiani , Asrul BaharDOI:
10.29303/jipp.v10i1.3172Diterbitkan:
2025-02-17Terbitan:
Vol 10 No 1 (2025): FebruariKata Kunci:
Metode Demonstrasi, Pelatihan, Brownies Kukus, Kegiatan Ekstrakurikuler.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Adapun riset ini memiliki tujuan untuk menganalisis: (1) aktivitas instruktur, (2) aktivitas peserta pelatihan, (3) hasil belajar kognitif, (4) hasil belajar psikomotor, dan (5) respon peserta pelatihan terhadap penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa MAN 2 Mojokerto kelas 10, 11, dan 12 yang mengikuti ekstrakurikuler tata boga. Populasi penelitian terdiri dari 60 siswa dengan sampel sebanyak 30 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas instruktur berada dalam kategori sangat baik, dengan presentase 93% pada pendahuluan, 98% pada kegiatan inti, dan 90% pada penutup. Aktivitas peserta pelatihan juga dinilai sangat baik, dengan persentase 93% pada pendahuluan, 93% pada kegiatan inti, dan 95% pada penutup. Hasil belajar kognitif menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05, sedangkan hasil belajar psikomotor berada dalam kategori sangat baik, dengan nilai tertinggi 98 dan terendah 94. Respon peserta terhadap instruktur, metode demonstrasi, dan kegiatan pelatihan masing-masing memperoleh nilai 97%, 95%, dan 95% dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, metode demonstrasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Arsyad, Azhar (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Artama, dkk. (2023). Evaluasi Hasil Belajar. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Asyari, S., Darwis, M., Qadry, I. K., Halim, S. N. H., & Nursakiah. (2024). Praktik Mengecek Pemahaman Siswa dan Memberikan Umpan Balik kepada Mereka Saat Menentukan Volume Kubus dan Balok. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 59–66.
Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Longman.
Djamaluddin, A., & Wardana (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaaffah Learning Center.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dudung, Agus (2018). Penilaian Psikomotor. Depok: Karima.
Endayani, T., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Fibriansyah, R. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Psikomotor pada Pelatihan Pembuatan Donat Isi di Pondok Pesantren Nurul Amin Jember. Student Research Journal, 2(1), 526–545. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i1.1052
Heartami, D., & Tresno Ingtyas, F. (2020). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Praktik Bakery Pastry Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga, 4(2). https://doi.org/10.24114/gni.v4i2
Forsyth, D. R. (2018). Group dynamics. Cengage Learning.
Hamzah, I., Bharanti, B. E., & Pandiangan, P. (2020). Buku Model Pelatihan Berbasis Initiation (I), Case (C), Assignment (A), Strengthening (S) untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jember, Jawa Timur: Perpustakaan Nasional dan CV. RFM Pramedia Jember.
Harefa, E., dkk. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. Kota Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Harahap, F. A., Rifa’i, M., & Hadijaya, Y. (2023). Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 02 Medan. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45-58. https://doi.org/10.xxxx/yyyy
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2020). Experiential learning and its impact on skill development. Journal of Adult Education, 49(2), 127-140.
Joko, A. (2013). Model Pembelajaran Langsung: Pendekatan Praktis dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit Cendekia.
Karimulloh, S. (2022). Pelatihan Membuat Nugget Pisang dengan Metode Demonstrasi di MA Nizamiyah. Jurnal Tata Boga, 11(3), 58-68.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Lubis, K. N., Sari, N., & Gusmaneli, G. (2024). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(2), 60–70. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.638
Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132
Maulana, Asep (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT. Bumi Aksara. https://books.google.com/books/about/Strategi_Pembelajaran_Bahasa_Arab.html?id=UUnfEAAAQBAJ
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111–121.
Putra, R. P., Yaqin, M. A., & Saputra, A. (2024). Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18-30. https://doi.org/10.1234/eduglobal.v5i1.1590
Rahman, R., & Utami, D. (2020). Kolaborasi Pendidikan dan Industri dalam Pelatihan Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(3), 98-110. https://doi.org/10.1234/jmp.2020.12.3.98
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran: Pendekatan Standar Proses. Makassar: Alauddin University Press.
Rosalia, D., Dwiharto, J., & Oktafiah, Y. (2018). Pengaruh pelatihan dan pengalaman kerja terhadap produktivitas karyawan Jaya Sakti Sentosa. Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi, 2(2), 64–70. https://doi.org/10.30868/ema.v2i2.27
Rusnawati, M. A. (2020). Komponen-Komponen dalam Operasional Pendidikan. Jurnal Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.30868/azkia.v15i2.18
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78.
Santoso, B., & Wijaya, R. (2023). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Keterampilan Karyawan Era Digital. Jurnal Teknologi dan Manajemen, 12(3), 45-56. https://doi.org/10.1234/jtm.2023.12.3.45
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Smith, T., Brown, P., & White, K. (2019). The role of communication in effective teaching and learning. Journal of Educational Communication, 14(3), 233-245.
Sawitri, D., & Rahayu, E. M. (2018). Modul PKT. 08 - Penilaian Hasil Belajar. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. PALAPA, 8(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705
Siti, N. (2016). Dasar-dasar Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14-25.
Soedjarwo, A. R. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi peserta didik Balai Latihan Kerja. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(1), 54.
Sugiyanto, B. (2019). Efektivitas Pelatihan Soft Skill dan Hard Skill untuk Siswa SMA. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 9(4), 230-240. https://doi.org/10.1234/jpp.2019.9.4.230
Sutikno, M. S. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran: Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT).
Utami, A. R., Suhendri, & Dian, P. (2019). Hubungan antara kreativitas guru dengan hasil belajar siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 4(2), 57-62.
Ulumudin, I., Wijayanti, K., Fujianita, S., Lismayanti, S., & Waspodo, R. M. (2019). Pemanfaatan penilaian hasil belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.
Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 56-65. https://doi.org/10.30868/
Wahyuni, S. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Keterampilan. Yogyakarta: Penerbit Pendidikan.
Wang, Y., Chen, J., & Yu, S. (2021). The effectiveness of skill-based training for entrepreneurial motivation. International Journal of Training and Development, 25(1), 54-71.
Wina, Sanjaya. (2008). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana prenada Media.
Yusmita, A. R., Anra, H., & Novriando, H. (2020). Sistem informasi pelatihan pada Kantor Unit Pelaksana Teknis Latihan Kerja Industri (UPT LKI) Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 8(2), 160–169. https://doi.org/10.26418/justin.v8i2.36797
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mardhiyatu Rohmah, Nugrahani Astuti, Niken Purwidiani, Asrul Bahar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.