Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Kearifan Dulang Gawe Suku Sasak Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDN 5 Ampenan
Penulis
Lalu Rizki Alparizi , Husniati , Iva NurmawantiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3340Diterbitkan:
2025-05-11Terbitan:
Vol 10 No 2 (2025): MeiKata Kunci:
Kearifan Lokal, Kemampuan Numerasi, Problem Based Learning.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kemampuan numerasi merupakan kompetensi esensial yang harus dimiliki siswa agar mampu merumuskan dan menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan nyata yang berkaitan dengan aspek perhitungan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal dulang gawe sasak terhadap kemampuan numerasi siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV di SDN 5 Ampenan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen group design dengan pendekatan non equivalent control group design yang melibatkan 54 siswa yang terdiri atas siswa kelas IV-A dan IV-B. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,56, sedangkan untuk kelas kontrol adalah 50,37. Selain itu, pada hasil posttest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 75,74, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,81. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,018, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05, serta nilai t hitung sebesar 2,449, yang melebihi t tabel sebesar 2,006. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi model pembelajaran PBL berbasis kearifan lokal dulang gawe suku sasak terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV SDN 5 Ampenan.
Referensi
Abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis livewire pada mata pelajaran teknik listrik kelas X jurusan audio video di SMK Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1).
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar flobamorata, 1(1), 1-5.
Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan efektifitas proses pembelajaran menggunakan metode e-learning dan konvensional. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 35-40.
Astutik, S. (2022). Peningkatan kemampuan numerasi melalui problem based learning (PBL) pada siswa kelas VI SDN Oro-Oro Ombo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 561-582.
Fakhriyana, D., & Riayah, S. (2021). Optimalisasi pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan media pembelajaran video interaktif terhadap pemahaman matematis siswa.
Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Suciani, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil: Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa?. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1805-1814.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492-2500.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan literasi numerasi dan literasi digital peserta didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1).
Hamidah, K. F. N., Hartini, & Ivayuni Listiani. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Literasi Matematika pada Siswa Kelas Tinggi SDN Tamanarum 1. Konferensi Ilmiah Dasar, 3(1), 1207–1215.
Herawati, H., Lamada, M., & Rahman, E. S. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Harahap, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Himpunan Di Kelas VII C SMP Negeri 2 Bandar Laksamana. Journal on Education, 3(4), 383-389. Juliangkary, E. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3).
Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Integrasi Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 5, No. 1, pp. 841-845).
Jannah, R., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis experiential learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119-127.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88.
Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5461-5465
Mustika, A. T., Saputro, B. A., & Hidayah, S. N. (2024). Pengaruh Model PBL (PBL) dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 17741-17750.
Nasukha, I., Istianah, F., & Al Isa, R. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas Iv Sdn Panggreh 2 Jabon Sidoarjo. Journal On Education, 6(1), 976–984.
OECD., K. (2018). OECD science, technology and innovation outlook 2018. Paris: OECD publishing.
Perni, N. N. (2018). Penerapan teori belajar humanistik dalam pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 105-113.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91-94.
Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Penerbit & percetakan : Syiah Kuala University Press.
Ramadhan, F. A., & Sumarni, W. (2025, April). Development of Interactive E-Worksheet Based on STEM-Integrated Problem-Based Learning to Improve Student’s Problem-Solving Abilities. In The 8th International Conference On Education Innovation (Icei 2024) (pp. 745-759). Atlantis Press.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62
Rohim, D. C., & Nugraha, Y. A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi Siswa di SD Jatiroto 01. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 183-189.
Samad, I., & Nur, M. A. (2024). Kemampuan literasi numerasi matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 100-107.
Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3), 91695.
Suci, D. R., Anita, Y., Waldi, A., & Akmal, A. U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5334-5349.
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. BIOSEL (Biology Science and Education): Jurnal Penelitian Science dan Pendidikan, 2(2), 120-128.
Supriatna, E. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.
Sitohang, J. (2017). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. Suara Guru, 3(4), 681-688.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.
Wulandari, D. (2022). Metode pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan belajar. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 10(1). Metode pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan belajar. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 10(1).
Yuningsih, Y., Zaenuri, Z., Walid, W., & Mariani, S. (2023). PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 655-666.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lalu Rizki Alparizi, Husniati, Iva Nurmawanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.