Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital
Penulis
Sri Listiyoningsih , Dian Hidayati , Yuni WinartiDOI:
10.29303/jipp.v7i2b.389Diterbitkan:
2022-05-26Terbitan:
Vol 7 No 2b (2022): JuniKata Kunci:
Strategy, Teacher, Digital TransformationArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan di era 4.0 sangat menuntut semua sumber daya yang bergerak di dunia pendidikan terutama para guru harus segera sigap beradaptasi terhadap kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menghadapi transformasi digital di era pendidikan 4.0 mengingat pentingnya peran pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Prambanan Sleman dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam menghadapi transformasi digital sudah bagus dan melalui penerapan yang efektif dalam pembelajaran. Strategi yang dilakukan melalui pelatihan teknologi pembelajaran dengan narasumber ahli IT dari Universitas Ahmad Dahlan dan teman sejawat tentang Google Class Room, Zoom, Google Meet, Sway, Canva, edit Video. Semangat diri (self motivation) dan pandangan terhadap diri sendiri (self esteem) menjadikan strategi yang dilakukan dalam menghadapi transformasi digital berjalan dengan baik. Dukungan sekolah tentang sarana prasarana IT sangat membantu dalam pelaksanaan upaya yang dilakukan oleh guru. Strategi yang dilakukan, hasilnya sudah diimplementasikan dalam proses pembelajaran kepada siswa. Hambatan dalam menghadapi dalam strategi ini yaitu masalah koneksi internet yang kurang mendukung. Strategi utama yang harus dilakukan menyangkut kemampuan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki harus disesuaikan dengan perubahan kebutuhan yang terjadi. Teknologi digital sebagai strategi yang harus dipersiapkan dengan baik agar transformasi digital berjalan dengan lancar.
Referensi
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018.
Fitriyah, R. N. (2019). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. 2019: Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Dan Call for Papers, 1, 359–364. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302
Hadiono, K., & Noor Santi, R. C. (2020). Menyongsong Transformasi Digital. Proceeding Sendiri, 978–979. ttps://www.researchgate.net/publication/343135526
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44–52. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165
Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064
Muskania, R., & Zulela MS. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Napitupulu, R. M. (2021). Peningkatan Pemahaman Teknologi Informasi Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 121–132. https://doi.org/10.31334/jks.v3i2.1274
Pamungkas, dyan eka, & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Putra, D. D., Saputra, I. M. G. N., & Wardana, K. A. (2021). Paradigma Pendidikan Abad 21 di Masa Pandemi Covid-19 (tantangan dan solusi). Pusat Penjaminan Mutu, 2(2), 1–20.
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(1), 53–57.
Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL SUNDERMANN, 34–0. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xwp6
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 94–104.
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Simarmata, J. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Transformasi Digital. Yayasan Kita Menulis.
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 94–104.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, & Hidayati, D. (2020). Kesiapan Mental Guru Muhammadiyah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(2), 252–357.
Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.