Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA
Penulis
Shintya Putri Anggriani , A Wahab Jufri , Abdul Syukur , Dadi SetiadiDOI:
10.29303/jipp.v7i1.430Diterbitkan:
2022-03-02Terbitan:
Vol 7 No 1 (2022): MaretKata Kunci:
Materi Ajar, Sistem Ekskresi, Pengembangan, Media Video.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Bahan ajar adalah sumber materi guru dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan bahan ajar yang inovatif, agar siswa dapat mencapai ketuntasan belajar. Salah satu bahan ajar yang inovatif dan kreatif adalah Bahan Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi (MABVK Biologi). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk materi ajar berbasis video kreatif biologi pada materi sistem ekskresi. Selanjutnya, kualitas produk dinilai berdasarkan hasil penilaian ahli materi dan ahli media dan uji kepraktisan skala kecil di SMAN 2 Mataram. Variabel penelitian hasil validasi ahli materi, ahli video dan uji skala kecil. Hasil penelitian dari penilaian ahli materi menunjukan tingkat kesesuaian yang signifikan antara materi sistem ekskresi dengan tujuan pembelajaran. Selanjutunya Ahli media kualitas audiovisual materi pembelajaran sistem ekskresi memiliki kelayakan yang cukup baik. Selanjutnya hasil analisis statistik tentang validasi ahli materi MABVK Biologi mencapai 0,91, dan ahli media 0,93. Sementara itu, hasil uji kepraktisan skala kecil terhadap siswa di SMAN 2 Mataram mencapai 99,25%. Oleh karena itu kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar biologi seperti materi sistem ekskresi dapat dikembangkan melalui Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi (MABVK Biologi).
Referensi
Aiken, L.R. (1985). Three Coeffisient for Analyzing The Realibility and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement. 45(1) : 131-142.
Ali, M., Adawiah, R., & Juniati, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional.
Sofan, A,. & Khoiru, A.L. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2003). Undang -undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djaali & Muljono, P. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ellington, H.P., & Phill, R. (1996). Producing Teachin Materials : A Hand Book For Teacher and Trainers. Second Edition. London : Kogan Page.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (1) : 24-29.
Fauzan, M.A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. 2 (2) : 82-88.
Gazali, Z., & Nahdatain, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Biologi Sel Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Mandala. 4 (5) : 236-238.
Handziko, R.C & Suyanto, S. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Suksesi Ekosistem Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1 (2) : 212-224.
Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur A., & Merta, I.W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa. 15 (5) : 521-527.
Heinich, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1996). Instructional Media and New Technolohies of Instructuon. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice-Hall.
Hidayat, W.A., & Harjono, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Mitra Pendidikan. 3 (1) : 1452-1464.
Hidayatullah, Syarif. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam. 8 (2) : 79-96
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta : Diva Press
Irawan, Sihkabuden, A., & Sulthoni. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe Dan Yoghurt. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan. 3 (2) :105-109
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Jamaluddin, Jufri, A.W., Muhlis, & Bahtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa. 15 (1) : 13-19.
Khairunisa. (2021). Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Min 8 Aceh Besar (Skripsi). Aceh : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh
Khoiriyah Mashuri, Delila dan Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Volume Bangun Ruang Untuk SD Kelas V. JPGSD. 8 (5) : 893-903.
Kustiawan, Usep. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Permata.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Maryanti, S. & Kurniawan, D.T. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal Program Studi Pendidikan BIologi . 8 (1).
Mudhofir, A. (2011). Aplikasi Pengembanhan Kurikulum Tingkat Satuam Pendidikan dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Munir. (2012). Multimedia Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Niswa, A. (2013). Pengembangan Bahan ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VII D SMP Negeri 1 Kedampean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. 1 (1).
Opara, J., & Oguzor, N.S. (2011). Inquiry Instructional Method And The School Science Curriculum. Jurnal Of Social Science. 3 (3) : 66
Pannen, P. (1996). Mengajar di Perguruan Tinggi, Buku Empat, Bagian “Pengembangan Bahan Ajarâ€. Jakarta : PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Purmadi, A., & Lukitasari, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Pendidikan. 4 (2) : 9-19.
Putra, Kukuh Pambuka, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, dan Theresita Febriane Manggena. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Terhadap Tingkat Kognitif (Kecerdasan Logika-Matematika) Usia 8-9 Tahun. Jurnal Satya Widya. 33 (2) : 146-153.
Putri, G.E. (2014). Pengembangan Media Video Mata Pelajaran Keterampilan Menyulam Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XII Di SMA Luar Biasa Negeri 1 Yogyakarta (skripsi). Yogayakarta : Jurusan Pendidikan Teknik Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Kota Solo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. 1 (2) : 318-328.
Restuwati, D.D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Inquiri Pada Sub Pokok Bahasan Bioteknelogi Kelas IX SMP. Pancaran. 3 (2) : 63-72.
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta : P3AI UPI.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1 (1) : 60-65
Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang (Skripsi). Malang : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan, Universistas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rosita, F.Y. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Untuk Siswa SD/MI Kelas IV Berbasis Cooperative Learning (Skripsi). Malang : Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Rowntree, D. (1994). Preparing Materials for Open, Distance, and Flexible Learning. London : Kogan Page.
Sanjaya, W. (2009). Perencanaan dan Design Pembelajaran. Jakarta : PT Kencana Predana Media Group.
Sekaran, U. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Silaban, E., Napitupulu, E., & Situmorang, J. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientific Pada Pelajaran Biologi SMA. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 5 (1) : 1-13.
Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta : PT Indeks.
Sudjana & Rifa’I, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V.W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : FIP. UNY.
Suparman, A. (2012). Design Instruksional Modern : Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta : Erlangga.
Syuaib, Suryana, A., & Ali, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Biologi Sebagai Sumber Belajar Biologi Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya.
Thiagarajan, S., Dorothy S.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota
Wati, S.S., Artayasa, I.P., & Kusmiyati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains Dalam Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Untuk Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa. 15 (5) : 548-553.
Widodo, C.S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : PT Media Abadi.
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX Smp Mamba’unnur Bululawang. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 3 (1) :469-482