Pengembangan Booklet Berbasis Keberagaman Bivalvia Pada Ekosistem Lamun
Penulis
Baiq Nunung Hidayati , Abdul Syukur , Mahrus MahrusDOI:
10.29303/jipp.v7i2b.714Diterbitkan:
2022-06-29Terbitan:
Vol 7 No 2b (2022): JuniKata Kunci:
bivalvia, booklet, ekosistem lamun.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan booklet berbasis penelitian untuk identifikasi keanekaragaman Bivalvia. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan hasil penelitian menjadi booklet tentang keanekaragaman bivalvia pada padang lamun. Validasi booklet terdiri dari tiga orang dosen Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Mataram yang merupakan ahli materi dan ahli media pembelajaran. Hasil penelitian ini sangat valid dengan persentase validitas ahli materi 81,7% dan ahli media pembelajaran 83%, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar.
Referensi
Aini, C. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Booklet Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Untuk Siswa Kelas VII Mts/SMP (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Jember).
Ayyam, V., Palanivel, S., & Chandrakasan, S. (2019). Coastal Ecosystems And Services. In Coastal Ecosystems Of The Tropics-Adaptive Management (Pp. 21-47). Springer, Singapore.
Desfandi, M., & Maryani, E. (2017). Implementasi Kebijakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Ekologis Peserta Didik. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2), 30-38.
Fauziyah, Z. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI MIA I Madrasah Aliyah Madani Alauddin Pao-Pao Dan MAN 1 Makassar. Skripsi. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Gagnon, K., Rinde, E., Bengil, E. G., Carugati, L., Christianen, M. J., Danovaro, R., ... & Boström, C. (2020). Facilitating Foundation Species: The Potential For Plant–Bivalve Interactions To Improve Habitat Restoration Success. Journal Of Applied Ecology, 57(6), 1161-1179.
Hervianto, C. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Biologi Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Serta Efektivitasnya Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar (Kelas VII Mts Di Daerah Perkebunan Kopi).
Hitalessy, Reiner B., Amin S. Leksono, & Endang Y. Herawati (2015). Struktur Komunitas Dan Asosiasi Gastropoda Dengan Tumbuhan Lamun Di Perairan Pesisir Lamongan Jawa Timur. Jurnal-PAL. Vol. 6. No. 1.
Imtihana, M., HB, F. P. M., & Priyono, B. (2014). Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkingan Di SMA. Journal Of Biology Education, 3(2).
Karsina, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Sistem Organisasi Kehidupan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral Dissertation, Uin Fatmawati Sukarno).
Klarisya, L., Daningsih, E., & Marlina, R. (2019). Kelayakan Booklet Submateri Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Pengayaan Transpirasi Enam Tanaman Dikotil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 8(2).
Kurniawan, A. D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1).
Nainggolan, P. (2011). Distribusi Spasial Dan Pengelolaan Lamun (Seagrass) Di Teluk Bakau, Kepulauan Riau. Skripsi, IPB. Bogor, 14, 243-253.
Paramita, R., Ganda, R., Panjaitan, P., Ariyati, E., & Paramita, R. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 02(02).
Pralisaputri, Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis SETS Pada Materi Pokok Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal Geoeco, 2(2): 147-154.
Putri, R.E. (2005). Analisa Populasi Dan Habitat Sebaran Ukuran Dan Kematangan Gonad Kerang Lokan (Batisa Violence) Di Muara Sungai Anai Padang, Sumatera Barat. Tesis. Program Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.
Rahmatih, A. N., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi Dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK Pertanian. Journal Of Innovative Science Education. Https://Doi.Org/10.15294/JISE.V6I2.14224.
Retnawati, Heri (2016). Validitas Reabilitas Dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan (2013). Skala Pengukuran Variabe-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rinitasih, I., & Widianingsih, W. (2010). Kelimpahan Dan Pola Sebaran Kerang-Kerangan (Bivalve) Di Ekosistem Padang Lamun, Perairan Jepara. ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal Of Marine Sciences, 12(1), 53-58.
ROSALIA, N. (2018). Tinjauan Validitas, Kepraktisan, Dan Keefektifan Booklet Sains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(01).
Roza, F. (2013). Media Gizi Booklet. Padang: Poltekkes Kemenkes RI.
Rusmana, J., Ramdiah, S., & Prayitno, B. (2019). Pengembangan Booklet Sebagai Sumber Belajar Biologi Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembuatan Bakul Purun. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 4, No. 3, Pp. 603-607).
Septiwiharti, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia Pada Materi Pertempuran Lima Hari Di Semarang Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang.
Sholeh, K. (2013). Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2013.
Sjafrie, N. D. M. (2016). Jasa Ekosistem Pesisir. Oseana, 41(4), 25.
Thiagarajan (1974). Svasailas And Others, Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children's A Sourcebook. Bloomington: Indiana Universitas.
Utari, E., Yonanda, D. A., & Cahyaningsih, U. (2020). Urgensi Pengembangan Bahan Ajar Ecoliteracy Berbasis Kearifan Lokal Indramayu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, Pp. 73-79).
Venkataraman, K., & Raghunathan, C. (2015). Coastal And Marine Biodiversity Of India. In Marine Faunal Diversity In India (Pp. 303-348). Academic Press.
Wahyudin, Y., Kusumastanto, T., Adrianto, L., & Wardiatno, Y. (2017). Jasa Ekosistem Lamun Bagi Kesejahteraan Manusia. Omni-Akuatika, 12(3).
Wahyuningsi, S. (2019). Struktur Komunitas Makrozoobentos Pada Berbagai Tingkat Kerapatan Lamun Jenis Enhalus Acoroides (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
Yulistiana, E., Surbakti, A., & Yolida, B. (2018). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Ekosistem Dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(2).