Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi di MAN 2 Mataram
Penulis
Adinda Putriningtyas , Muhlis Muhlis , Imam BachtiarDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.746Diterbitkan:
2022-09-04Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Kecenderungan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Biologi, MAN 2 Mataram.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang sangat dibutuhkan di abad ke 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kecenderungan berpikir kritis siswa pada materi biologi, mengetahui perbedaan kecenderungan berpikir kritis siswa pada materi biologi antar tingkatan kelas, mengetahui perbedaan nilai kecenderungan berpikir kritis siswa perempuan dengan laki-laki pada materi biologi, dan hubungan korelasi antara kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa MAN 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di MAN 2 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling yang dimana setiap tingkatan kelas dipilih 2 kelas secara random untuk mewakili tiap tingkatan kelasnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan berpikir kritis siswa MAN 2 Mataram pada materi biologi tergolong positif. Penelitian ini juga menemukan bahwa kecenderungan berpikir kritis siswa kelas XII berbeda secara signifikan dengan siswa kelas X dan kelas XI. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa di kelas yang tinggi mempunyai nilai kecenderungan berpikir kritis yang berbeda dan lebih tinggi daripada siswa dari kelas di bawahnya. Dilihat dari perbedaan jenis kelamin, kecenderungan berpikir kritis siswa perempuan dan laki-laki tidak memiliki perbedaan yang signifikan, dan tidak terdapat pula interaksi antara kelas dengan jenis kelamin dalam menentukan kecenderungan berpikir kritis materi biologi pada siswa. Terdapat hubungan korelasi yang positif dan signifikan antara kecenderungan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa MAN 2 Mataram.
Referensi
Agustanti, T. H. (2012). Implementasi Metode Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1), 16-20.
Alfiana, F., Bachtiar, I., & Handayani, B. S. (2022). Pembelajaran Biologi Cacing Nyale Melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2b), 605-610.
Azizzah, H., Arafa, M., Prima, N. L., Alifah, N., & Sugiharto, B. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Laki-Laki dan Perempuan Pada Program IPA. Jurnal Phenomenon, 11 (2), 157-168.
Bachtiar, I., Handayani, B.S., Japa, L., & Bahri, S. (2022). Learning Module Development on the Nyale Worm Biology for Highschool Students and Teachers. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 1000–1004.
Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Jurnal Aksioma, 8 (1), 50-64.
Facione, P. A. (2011). Critical Thinking What It Is and Why It Counts. California: Measured Reasons and The California Academic Press.
Handayani, B. S., Bachtiar, I., Bahri, S., & Japa, L. (2022). Learning the Biology of Nyale Worms by A Video Assisted Scientific Approach to Improve Critical Thinking Skills for Senior High School Students in Mataram. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 1018-1022.
Hante, I., Sulfikar, & Jusniar. (2020). Analis Kemampuan Berpikir Kritis Berdasarkan Gender Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Maiwa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri (Studi Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia, 1 (1), 73-81.
Harasym, P. H., Tsai, T. C., & Hemmati, P. (2008). Current Trends in Developing Medical Students Critical Thinking Abilities. The Kaohsiung Journal of Medical Sciences, 24 (7), 341-355.
Masita, P. N., Mahanal, S., & Suwono, H. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, 1-2.
Miswari, M., Silitonga, M., & Fajriah. (2020). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA Ditinjau dari Indikator Kemampuan Berpikir Kritis dan Gender. Jurnal Pelita Pendidikan, 8 (1), 110-117.
Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja di Era 4.0. Journal of Education and Counseling, 1 (1), 38-52.
Rofi'uddin, A. (2000). Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Majalah Bahasa dan Seni, 1 (28), 72-94.
Safitri, R. M., Andayani, Y., & Jamaluddin. (2020). Korelasi Kecenderungan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP Negeri Se-Lombok Barat. Jurnal Pijar MIPA, 15 (3), 210-222.
Saputra, R. D., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2019). Profil Literasi Sains Dasar dan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3 (2), 46-52.
Septiani, D. A., Junaidi, E., & Purwoko, A. A. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Literasi Sains Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 15-19.
Sugihartono, Nurhayati, S. R., & Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Syahfitri, J., Firman, H., Redjeki, S., & Sriyanti, S. (2019). Profil Disposisi Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9 (1), 23-29.
Tafazzoli, M., Fakari, F. R., Ramazanzadeh, M., & Sarli, A. (2015). The Relationship Between Critical Thinking Dispositions and Academic Achievement In Iranian Midwifery Students. Nurs Practice Today, 2 (3), 88-93.
Wardani, W., Astina, I. K., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Program IPS Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3 (12), 1530-1534.
Winarni, E. W. (2009). Mengajar IPA Secara Bermakna. Bengkulu: Unib Press.
Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I. N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3 (1), 5-11.