Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik
Penulis
Sri Wahyuningsih Saputri , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , I Wayan GunadaDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.802Diterbitkan:
2022-09-29Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Guided Inquiry, Penguasaan KonsepArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pembelajaran di sekolah menuntut peserta didik untuk berperan aktif dan guru harus optimal sebagai fasilisator agar pembelajaran lebih baik. Pembelajaran di sekolah belum optimal dalam pembuatan perangkat dan media pembelajaran. Pentingnya pemberian inovasi pada perangkat pembelajaran dengan penggunaan strategi dan metode serta media yang inovatif, sehingga perlunya pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran fisika model guided inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik yang valid. Penelitian ini menggunakan metode research and development, dengan desain yang yang digunakan adalah model 4D terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Adapun produk yang dikembangkan yaitu RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran Power Point dan Instrumen tes penguasaan konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Lembar validasi diisi oleh 6 validator yaitu 3 validator ahli (dosen pendidikan fisika) dan 3 validator praktisi (guru fisika) dengan menggunakan skala likert. Hasil validasi oleh validator ahli menunjukkan nilai rata-rata untuk RPP 3.11, Bahan Ajar 3.18, LKPD 3.22, Media Pembelajaran Power Point 3.11 dan Instrumen Tes Penguasaan Konsep 3.00. Hasil validasi oleh validator praktisi menunjukkan nilai rata-rata RPP 3.80, Bahan Ajar 3.74, LKPD 3.77, Media Pembelajaran Power Point 3.70 dan Instrumen Tes Penguasaan Konsep 3.72. Validasi dari validator ahli dan validator praktisi keduanya pada kategori valid dan sangat valid. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model guided inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Annam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Astuti, M. W., Hartini, S., & Mastuang, M. (2018). Pengembangan Modul IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 205-218, from http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4934
Dina, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Dumaini, N. K. D., Putrayasa, I. B., & Widiana, I. W. (2022). Pengembangan instrument Penguasaan Konsep IPA dan Self Efficacy Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 6(1), 45-56, from https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.565
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (1), 26-40, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5574/10913
Francisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1). 17-22, from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/1091
Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46, from https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233
Hermansyah, H., Gunawan, G., & Harjono. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 249-256, from https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.420
Hermanto, F., Soetjipto, S., Hidayat, M. T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 55-70, from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1149/959
Ismail, S., Yusuf, F.M., & Ahmad, J. (2020). Validitas Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jambura Edu Biosfer Journal, 2(1). 22-29, from https://doi.org/10.34312/jebj.v2i1.2497
Kemendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.22 Tahun 2016 Tentang standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, A.D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2 (1), 8-11, from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2503/2556
Kusuma, K., Buwono, S., & Basri, M. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(4), 1-12, from http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i4.5312
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akadenia Permata.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Najwa, N., Gunawan, G., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 8, 31-37, from https://doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecialIssue.3420
Nurmaya, Y., Susilawati, S., Zuhdi, M., & Hikmawati, H., (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Alat-alat Optik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 147-154, from https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/3835/2783
Oktharia, E., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 74-85, from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPK/article/view/13033/pdf_13
Sahidu, C. (2019). Evaluasi Pembelajaran Fisika. Mataram: FKIP Press.
Saputra, I., Verawati, V., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Alat-alat Optik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 27-32, from https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/3803/2766
Sarwi, S., Sutardi, S., & Prayitno, W.W. (2016). Implementation of Guided Inquiry Physics Instruction to Increase an Understanding Concept and to Develop the Students Character Conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1), 1-7, from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/viewFile/4264/4613
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhartini. E, Supardi. I, & Agustini, R. 2016. Pengembangan Perangkat Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemempuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2), 892-902, from https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p892-902
Verawati, N. N. S. P. (2013). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pengembangan Program Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Inkuiri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensaâ€, 1(2), 125-132, from https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i2.208
Verawati, N. N. S. P., Kosim, K., Gunawan, G., & Arizona, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis LKM Ceria untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikit Kritis dan Kreatif Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensaâ€, 5(1), 18-22, from https://doi.org/10.33394/j-lkf.v5i1.129
Wahyuni, S., Kosim, K., & Gunawan, G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240-246, from https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.891
Wenning, J. (2011). The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 9-16, from https://www.phy.ilstu.edu/pte/publications/LOI-model-of-science-teaching.pdf
Yolanda, S. E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 341-347, from https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1393
Yudiafarani, F., Susilawati, S., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2022). Kelayakan Perangkat Pembelajaran Momentum dan Impuls dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 755-760, from https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.640
Yulia, I., Connie, C., & Risdianto, E. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya di Kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 64-70, from https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.64-70