Pengaruh Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa
Penulis
Dwi Sari Usop , Amelia Dwi AstutiDOI:
10.29303/jipp.v7i3c.839Diterbitkan:
2022-10-04Terbitan:
Vol 7 No 3c (2022): SeptemberKata Kunci:
Self-regulated Learning, Intensitas Penggunaan Media Sosial, Motivasi Belajar, Prokrastinasi AkademikArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda pekerjaan di bidang akademik. Terdapat berbagai macam faktor yang melatarbelakangi perilaku prokrastinasi akademik diantaranya dibagi menjadi dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya yakni self-regulated learning dan motivasi belajar, sedangkan faktor eksternalnya adalah intensitas penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning, intensitas penggunaan media sosial, dan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Â Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yang berjumlah 2714. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah 349 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket kepada mahasiswa. Pengujian statistik menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya; (2) terdapat pengaruh yang signifikan intensitas penggunaan media sosial terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya; (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya; dan (4) terdapat pengaruh yang simultan self-regulated learning, intensitas penggunaan media sosial, dan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Dari ketiga variabel yakni self-regulated learning, intensitas penggunaan media sosial, dan motivasi belajar, maka motivasi belajar adalah variabel yang paling mempengaruhi prokrastinasi akademik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Referensi
Anggunani, A. R., & Purwanto, B. (2019). Hubungan antara Problematic Internet Use dengan Prokrastinasi Akademik. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(1), 1.
Astuti, A. D., & Wangid, M. N. (2018). Self-Regulated Learning Ability of Elementary School Students in Learning Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1).
Avico, R. S., & Mujidin. (2014). Hubungan Antara Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bengkulu yang Bersekolah di Yogyakarta. EMPATHY, Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 62–65.
Basri, A. S. H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Religiusitas. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2).
Bauer, I., & Baumeister, R. (2011). Handbook of self regulation, research, theory, and application (second edi). The Guilford Press.
Caesari, Y. K., Listiara, A., & Ariati, J. (2013). “Kuliah Versus Organisasi†Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar pada Mahasiswa yang Aktif dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 164-175–175.
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self-regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 55.
Dias, P., & Castillo, J. A. G. del. (2014). Self-regulation and Tobacco Use: Contributes of the Confirmatory Factor Analysis of the Portuguese Version of the Short Self-Regulation Questionnaire. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 159, 370–374.
Fathoni, A. R., Indrawati, E. (2022). Pengaruh Self-regulated Learning dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(7).
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. (1995). Procrastination and Task Avoidance; Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Edisi Ketujuh). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghufron, M.N., & Risnawati, R. S. (2014). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2014). Pearson new international edition. In Multivariate data analysis, Seventh Edition. Pearson Education Limited Harlow, Essex.
Hidayat, K. (2014). Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas XI AP SMK N 2 Magelang. Economic Education Analysis Journal, 3(3), 537–543.
Jantz, C. (2011). Self-regulation and online developmental student succes. Journal of Online Learning and Teaching, 6(4), 852–857.
Jerry, A., Rahman, S., & Surat, S. (2021). Prokrastinasi Akademik dan Pembelajaran Regulasi Kendiri dalam Kalangan Murid Sekolah Rendah ( Academic Procrastination and Self-Regulated Learning among Primary School Students ). 3(1), 592–601.
Margareta, R. S., & Wahyudin, Agus. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perfeksionisme Dan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Dengan Regulasi Diri Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.
Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone Dan Interaksi Sosial Pada Remaja Di Sma Negeri I Kalasan Sleman Yogyakarta . Idea Nursing Journal, 1(1).
Naderi, K., NeshatDoost, H. T., & Talebi, H. (2021). Evaluating the Effectiveness of Self-regulation Strategy Training on Procrastination, Happiness and Academic Achievement. Journal of Clinical Research in Paramedical Sciences, 10(1).
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Konselor, 4(1), 1.
Qomari, M. N. (2015). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Jurnal Psikosains, 10(Agustus 2015), 127–138.
Ramaita, R., Armaita, A., & Vandelis, P. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone dengan Kecemasan (Nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10(2).
Rizanti, F. dan M. (2013). Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menghadal Al-Quran pada Mahasantri Ma’HAD ’ALY Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi., 02(01), 1–7.
Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 202.
Sierens, E., Vansteenkiste, M., Goossens, L., Soenens, B., & Dochy, F. (2009). The synergistic relationship of perceived autonomy support and structure in the prediction of self-regulated learning. British Journal of Educational Psychology, 79(1), 57–68.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R & D. CV. Alfabeta.
Suhadianto, Arifiana, I. Y., Rahmawati, H., Hanurawan, F., & Eva, N. (2021). Stop Academic Procrastination During Covid 19: Academic Procrastination Reduces Subjective Well-Being. KnE Social Sciences, 2020, 312–325.
Sundaroh, E., Sobari, T., & Irmayanti, R. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dan Prokrastinasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kadungora Kabupaten Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(5), 171.
Susanti, E., & Wahyudin, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Melalui Fasilitas Belajar Di Rumah dan Motivasi Belajar Sebagai Intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 475–488.
Syifa, A. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan perilaku phubbing Mahasiswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 83.
Wahyuningtyas, S. A. ., & Setyawati, S. P. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa MTs Sunan Kalijaga Kabupaten Tulungagung. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 708–716.
Warisyah, Y. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pentingnya “Pendampingan Dialogis†Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Pendidikan, 2016(November 2015), 130–138.
Wolters, C. A., Pintrich, P. R., & Karabenick, S. A. (2006). Assessing Academic Self-Regulated Learning. What Do Children Need to Flourish?, 2003(March), 251–270.
Woolfolk, A. (2008). Educational psychology: active learning edition tenth edition. Allyn & Bacon.
Ying, Y., & Lv, W. (2012). A Study on Higher Vocational College Students’ Academic Procrastination Behavior and Related Factors. International Journal of Education and Management Engineering, 2(7), 29–35.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17.
Zimmerman, B. J. (2002). Zimmerman - 2002 - Becoming a Self-Regulated Learner An Overview. 41(2), 64–70.